Cara Upgrade Kamera Hp Android Agar Jernih

Cara Upgrade Kamera Hp Smartphone Android

Ketika menggunakan kamera handphone android saat mengambil momen terindah terkadang bisa jadi masalah, mengingat kebanyakan kamera hp android yang banyak beredar di pasaran memiliki kualitas hasil gambar yang buram atau cenderung hasil jepret foto sangat kabur atau hasilnya mudah pecah. Tentu kamera-nya harus di upgrade

 

Tak ayal bila menghadapi kejadian diatas, membuat kita menjadi kesal dan menggerutu dalam hati, sehingga momen tersebut tak jadi di share ke media sosial (instagram, facebook, telegram, twitter, line ataupun ke whatsapp dan youtube). Padahal ketika membeli android tersebut, kualitas kamera nya bermega fixel. Tapi hasil jepret fotonya mengapa hasilnya sangat mengecewakan? Bohong kah yang menjual hp smartphone android tersebut? Jangan lupa untuk membaca artikel: tips jualan smartphone

 

Sebenarnya si penjual hp tak salah, karena memang segitulah kapasitas yang bisa dihasilkan oleh kamera yang tertanam di smartphone tersebut. Nah, untuk itu tak ada salahnya bagi anda untuk mencari tahu sendiri apa penyebabnya atau bagaimana cara membuat kamera hp android agar lebih jernih seperti megapixel nya terupdate.

 

Memang dari beberapa informasi dan tutorial yang dipublikasikan oleh para teknisi hp dan kamera, bahwa tidak bisa menjamin 100% meskipun setelah kamera hp android di upgrade akan bisa menghasilkan jepretan foto yang dilakukan akan sekualitas hasil jepretan camera DSLR. Mengapa? Karena secara umum, kamera yang ditanamkan pada merk smartphone apapun itu, pasti akan sulit atau memiliki akselerasi lama untuk mendapat fokus, tampak kabur dan bahkan pecah-pecah.

 

Cara Upgrade Kamera Hp Smartphone Android

 

Beberapa hal yang menjadi alasan penyebab mengapa foto kamera hp smartphone jelek, sehingga batal untuk di upload ke facebook atau akun medsos anda yang lain. Alasannya adalah:

 

1) Memang Kualitas Kamera Hp Android Milik Anda Sangat Buruk

Hal sering kita dapatkan pada beberapa Android yang berharga murah, dimana hp ini dipasarkan lebih mementingkan penggunaan fitur dasar sebuah handphone, yaitu sebagai alat berkomunikasi dan mengakses internet.

 

Jadi sangat wajar bila fitur kamera yang ditanamkan adalah berkualitas rendah dan bahwa minim megafixel-nya, ditambah dengan penanaman alat sensor kecil dan buruk yang pasti saja akan membuat kamu kecewa ketika akan menggunakan kameranya.

 

Bila menemukan kasus seperti diatas, maka hampir tak ada yang bisa anda lakukan dan hanya bisa berharap dengan terus mengupayakan obyek yang akan di foto mendapat cahaya yang baik. Ya…., langkah terbaiknya adalah mendatangi toko hp android kesayangan anda untuk segera mengganti dengan yang baru, sehingga mendapatkan kualitas kamera yang lebih baik lagi.

 

2) Aplikasi Kamera Android Bawaan Memang Kurang Bagus

Tak dapat dipungkiri bahwa dalam kiprah bisnis hp android agar tidak rugi, pada merk-merk tertentu banyak kurang memperhatikan spesifikasi, software atau aplikasi kamera yang tertanam didalamnya. Artinya, hampir tidak ada pengaturan yang disediakan pabrikan untuk selanjutnya yang bisa diatur di dalam aplikasi kameranya itu, terutama tentang kualitas hasil jepretan foto pada saat kurang pencahayaan.

 

Kasus seperti diatas biasanya akan dialami oleh hp android kelas bawah yang sebenarnya punya hardware kamera lumayan, tapi pihak pembuatnya lebih memilih untuk segera merilis kepasaran daripada menghabiskan tenaga untuk membangun dan mengembangkan aplikasi kamera yang lebih mumpuni. Ya…, wong harganya murah kan? Heheheheh….…

 

Terkadang sering juga ditemukan pada custom ROM pada ponsel yang kamu pakai juga membawa aplikasi kamera android yang kurang bagus dibandingkan aplikasi kamera bawaan stock ROM. Nah, kalau sudah terjadi begini, mau tidak mau harus mencari aplikasi kamera yang lebih mumpuni, misalnya Open Camera atau kalau bisa Google Camera.

 

3) Saat Memotret Dalam Keadaan Tidak Optimal

Secara umum bahasan point 3 ini lebih kepada penggunaan teknik fotografi sederhana. Kalau dicermati dari berbagai teknik yang digunakan oleh para fotographer profesional, bahwasanya tips untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih optimal adalah dengan cara: a) menghindari cahaya kuat di belakang objek yang bakal di foto; b) mengusahakan kamera hp android yang membelakangi cahaya, bukan objeknya; c) saat keadaan terpaksa membelakangi cahaya, maka gunakan fitur HDR (kalau ada); d) tidak usah menggunakan alat bantu zoom, tetapi mendekatlah pada objek yang sedang dibidik; e) tidak perlu takut mengambil banyak foto, karena nanti tinggal dipilih mana yang bagus dan membuang yang buruk; e) saat akan mengambil foto dengan kamera android upayakan se-tenang mungkin dan mengusahakan tangan atau objek anda bisa diam ketika mengambil foto; f) kalau ada fitur manual maka segera gunakan; g) selalu mengupayakan agar lensa atau kaca penutup lensa kotor / baret jadi harus segera dibersihkan.

 

Terkadang kita lalai hingga menyebabkan kaca penutup lensa kotor, buram atau bahkan baret dan ada luka goresan. Belum lagi kalau hp android kamu pernah terjatuh atau kemasukan sesuatu yang bisa menyebabkan terjadinya jamur di daerah sekitar lensa kameranya. Intinya, bahwa lensa dan atau kaca penutup lensa tersebut kotor. Jadi jangan bingung atau terheran-heran bila nanti jepretan foto dari kamera Android anda akan jelek, kabur, pecah, dan berkabut. Padahal dulu, ketika Android tersebut baru dibeli, fotonya sangat bagus dan jernih.

 

Untuk mengatasi permasalahan diatas, coba gunakan autosol untuk membersihkan keburaman lensa kamera hp android anda dan hasilnya pasti lumayan bersih, tapi penggunaannya harus extra hati-hati dan gunakan kain pembersih yang lembut (kain berbahan wol) agar lensa tidak sampai tergores.

 

Cara Membuat Lensa Kamera HP Android Lebih Jernih

Setelah melihat beberapa kemungkinan penyebab hasil foto buram (bokeh) pada penjelasan diatas, tentu diperoleh kesimpulan awal bahwasanya tidak banyak yang bisa dilakukan untuk membuat foto android jadi lebih bagus dan jernih. Tapi, semua permasalahan yang ada terletak pada kualitas kameranya dan menggunakan cara yang kurang tepat ketika mengambil obyek di foto.

 

Meskipun begitu jangan dulu berputus asa, karena kita masih bisa mengupayakan adanya solusi terbaik, ketika masalahnya terletak pada penutup lensa atau lensa kameranya yang kotor. Lalu bagaimana cara membersihkannya?

 

Saat anda menemukan lensa dan kaca penutup kamera pada keadaan memang kotor, buram, baret, atau ada bintik-bintik menyertainya. Setelah dibersihkan tapi ternyata bersih dan jernih, berarti akar masalahnya bukan pada bagian penutup lensa.

 

Sebagai langkah awal, coba bersihkan dulu kaca penutup lensa dengan kain bersih nan lembut. Bila ingin menggunakan tisu kertas, maka upayakan agar tisu kertas tersebut jenis yang lembut. Anda juga bisa membersihkannya memakai jari jempol, asal jari jempol anda memang bersih dan tidak berminyak. Langkah ini lazim digunakan oleh para penjual kamera di medan dan menjadikannya sebagai salah satu tips jual beli kamera agar lensa tetap terlihat bening dan bersih.

 

Setelah terlihat bersih dan bening, silahkan untuk mencoba mengambil foto. Kalau masih jelek dan tidak jernih hasil jepretan fotonya, maka silahkan ke langkah selanjutnya.

 

Pada langkah kedua ini, anda harus membersihkan kaca penutup lensa dengan pasta gigi, tak persoalan merk apapun itu. Gunakan sedikit saja pada kain halus, lalu usapkan secara perlahan tapi agak kuat pada permukaan kaca penutup lensa. Usahakan ketika mengusap kamera hp tidak pada posisi bolak-balik, tapi searah. Kalau susah, bisa juga dengan gerakan memutar. Tapi anda tetap berhati-hati untuk melakukan tindakan ini agar lensa kameranya tidak tergores. Kalau sudah selesai, silahkan coba ambil beberapa foto lagi.

 

Kami berharap semoga pada langkah kedua ini, sudah cukup sebagai cara untuk membuat upgrade kamera Android anda semakin lebih jernih dan terang. Tapi kalau hasilnya masih mengecewakan karena belum bagus juga, maka gunakan bahan yang ada pada tahap selanjutnya.

 

Nah, pada tahap ketiga ini, coba bersihkan kaca penutup lensa menggunakan autosol. Memang banyak pakar teknologi kamera dan juga ahli dibidang fotografi yang bersilang pendapat untuk rekomendasi penggunaan autosol untuk membersihkan kamera. Mengapa? Karena autosol ini bersifat sangat korosif dan biasanya lazim digunakan untuk membersihkan karat yang membandel.

 

Cara sedikit aman menggunakan autosol untuk membersihkan kaca penutup lensa hampir tak ada beda dengan menggunakan pasta gigi sebagaimana pada penjelasan di atas. Bedanya, anda harus lebih super hati-hati. Volume autosol yang digunakan juga harus sedikit. Bisa hasilnya memuaskan dan menggembirakan, maka sebaiknya jangan terlalu sering mengulanginya. Karena nantinya autosol tersebut akan membuat kaca penutup lensa android anda menjadi tipis.

 

Langkah keempat dan yang terakhir, silahkan untuk melepaskan kaca penutup lensa kamera handpone Android anda. Memang, hal ini tidak direkomendasikan dan bersifat alternatif yang terakhir. Karena bisa saja penutup lensa kamera inilah yang menjadi biang kerok, sehingga kebijakan melepasnya adalah sebagai jalan terakhir untuk membuat kamera hp Android kamu jadi lebih jernih dan seakan-akan hasil jepretan fotonya telah diupgrade.

 

Jalan terakhir ini bisa anda pilih ketika hasil pencermatan, memang akar masalahnya terdapat pada penutup lensa yang sudah rusak parah dan anda yakin kalau kamera smartphone milik anda memang bagus, bukan kamera abal-abal. Ya….., pilihan untuk melepas kaca penutup lensa ini benar-benar sangat beresiko. Mengapa? Karena lensa smartphone android menjadi tidak terlindung dari debu atau kotoran lainnya.

 

Tapi bila dari langkah 1 sampai 4 diatas tetap tidak membuahkan hasil walaupun langkah mengupgrade kamera smartphone android milik anda, ada satu lagi langkah bijak bagi anda yang tidak mau repot, yakni dengan menjual hp Android baik dengan cara online ataupun offline. Artinya, anda harus mulai berpikir untuk membeli hp android yang kameranya bagus, membeli kamera compact, atau bisa sekalian membeli kamera DSLR.

 

Ya….., walaupun pada produk hp android 2019 yang dijual kepasaran konsumen gadget dan smartphone sudah ditanamkan lensa camera hp Android yang sudah sangat lumayan. Dimana kalau kita pantau di pasaran jual beli hp android, untuk harga satu jutaan, sudah tertanam minimal resolusi kameranya sudah 5 MP dengan fitur autofocus dan dilengkapi HDR. Karena ini salah satu strategi jitu yang dijalankan oleh pihak produsen pabrikan agar bisnis handphone tidak rugi kedepannya.

 

Demikian artikel yang membahas tentang “Cara Upgrade Kamera Hp Android Agar Jernih”, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi sobat pembaca silaenseo.com. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *