Digital Marketing Medan - Sumut

Digital Marketing Medan

Di Sumut, teknologi digital marketing sudah menjadi satu cabang bisnis baru yang terbaik dan semakin trend di kalangan marketer muda, khususnya di area Medan. Mengapa? Karena, kecenderungan pengusaha di Kota Medan semakin suka menggunakan pemasaran digital atau pun online daripada pemasaran konvensional. Disamping itu, sistem pemasaran via digital services dirasa lebih maksimal menjangkau konsumen potensial, relevan, tepat waktu dan dapat langsung mendarat ke pribadi orang yang membutuhkan produk dari hasil usaha yang diperdagangkan.

 

Selain cakupannya yang sangat luas dan terasa tanpa batas teritorial. Pemasaran digital di internet, cenderung minim biaya daripada menggunakan cara pemasaran konvensional. Tentu hal ini, membantu para pelaku usaha yang minim modal tapi membutuhkan cakupan medan services terpadu untuk ekspansi di pasar global, mempermudah terjadinya transaksi e-bisnis, dan menginformasikan secara massal dan tepat sasaran tentang portofolio profesional atas profil perusahaan.

 

Menyongsong prospek pasar digital diatas, telah menciptakan keinginan kuat di kalangan anak muda untuk menjadi seorang master digital marketing terkenal di Kota Medan. Tujuan untuk membantu memajukan berbagai usaha yang berbasis jaringan internet (online) yang berorientasi di industri 4.0.

 

Memang, pertumbuhan pengguna internet dan peminat industri 4.0 di Medan sangat luar biasa, hingga memberikan peluang cukup besar bagi seseorang yang hendak berprofesi sebagai master internet marketing dalam mengeksplorasi beragam bisnis melalui saluran digital marketing medan.

 

Digital Marketing Medan - Sumut

 

Nah, agar bisa tampil dan sukses menjadi seorang master dan atau menjadi pekerja digital marketing services di wilayah Kota Medan, maka harus memahami terlebih dahulu tentang lingkup dan tips profesi ini yang tidak sekedar bekerja mempromosikan produk atau layanan/jasa semata. Namun, lebih jauh seorang digital marketer Medan juga harus menguasai 7 macam keahlian dan ilmu ‘advanced selling strategy‘ lain yang berbasis jaringan internet global, diantaranya:

 

1) Search Engine Optimization (SEO)

Seorang master digital marketing Medan harus memahami teknik, kata kunci dan trik SEO secara excellent guna mendongkrak traffic dan keuntungan yang bakal diperoleh bisnis online (yang biasanya berbasis website, marketplace dan blog). Untuk itu, inovasi dan intensif belajar SEO dari mentor merupakan jawaban agar proyek optimasi selalu muncul di halaman pertama pada berbagai situs pencarian utama, seperti Google, Yahoo, maupun Bing.

 

Telisik juga: Belajar Digital Marketing Usaha Property Bersama Blogger Silaen

 

SEO (baik onpage atau offpage) ditentukan oleh banyak faktor yang terdapat pada konten web page sebuah bisnis. Misalnya: penggunaan keyword, theme/template, penyisipan gambar, penggunaan meta title dan meta description, jumlah kata, hadirnya keyword pada header dan title, backlink, pagespeed, dan masih banyak hal lainnya. Jadi, seorang master pemasaran internet harus senantiasa update ilmu dan rutin melakukan riset atas berbagai trend teknik SEO yang cocok diterapkan pada proyek-proyek digital marketing.

 

Setelah booming beberapa tahun belakangan ini, banyak para ahli atau pakar yang kerap membahas website responsive, SEO friendly, mobile friendly, tampilan desain, cara mendapatkan backlink berkualitas, dan sebagainya. Kini hadir trend digital marketing di era millennial, yakni adalah teknik untuk membuat website dan channel digital yang sesuai dengan prinsip funneling. Artinya, saat ini para master digital marketing medan sudah beralih taktik dan strateginya ke model website funnel yang mulai trend saat ini.

 

Telaah juga: Manfaat Digital Marketing Untuk Pengembangan Usaha

 

Penampilan website funnel memiliki kelebihan, berupa kemampuan untuk membawa mulai dari traffic, interest hingga konversi sales. Semakin tinggi konversi sebuah bisnis online terutama melalui pembuatan toko online, maka semakin bagus funnel sebuah blog atau website. Gelar master digital marketer menjadi percuma jika hanya memiliki kemampuan mendatangkan banyak traffic, namun tidak mampu membuat website funneling yang menghasilkan sales konversi khas digital medan yang terbaik.

 

2) Membuat Konten Berkualitas

Ingat bahwa ‘content marketing is king’. Mengapa? Karena konten ini berisi beragam informasi mengenai jati diri suatu bisnis dan/atau produk yang dipasarkan. Konten pada dunia internet hadir dalam banyak bentuk dan rupa, bisa berupa artikel pada blog post, social media post, video, audio, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, kamu selaku master digital marketing terkenal di Medan harus juga ahli sebagai ‘content writer’ yang memiliki spesialisasi pada bidang konten berbentuk teks dengan motif periklanan online, serta kerap bersandarkan pada penggunaan tips SEO onpage dan trik SEO offpage.

 

Lebih dalam lagi, bahwa jati diri sebagai content writer yang baik harus memiliki pegangan kuat terhadap gaya serta penggunaan tata bahasa, kemampuan riset terpadu, kemampuan menulis cepat dengan tetap menjunjung tinggi kepatutan atas taat deadline, pengetahuan yang luas mengenai subjek tulisan (review), serta memiliki kreativitas yang tinggi untuk menghasilkan konten yang terbaru dan menyegarkan untuk dibaca audiens, terutama dalam mempengaruhi calon konsumen membeli barang/jasa. Untuk itu sangat penting bagi kamu calon master digital marketing Medan untuk giat belajar tentang berbagai cara menulis konten bernuansa iklan yang memiliki standar SEO terbaik.

 

3) Analytics

Salah satu keuntungan menjalankan pekerjaan di bidang digital marketing adalah kemunculan berbagai ‘analytic tools’ yang memiliki andil besar dalam membantu memantau dan menganalisis pencapaian campaign pemasaran. Monitoring ini sangat dibutuhkan seorang master digital marketing agar tidak salah mengaplikasikan teknik yang cocok bagi produk kliennya.

 

Baca juga: Strategi Ahli Digital Marketing untuk Menguasai SEO

 

Artinya, tools ini sangat efektif membantu digital marketer dalam mendapatkan data-data komprehensif terkait jumlah pengunjung sebuah situs, demografi pembeli, performa produk, umur, jenis kelamin, produk yang bagaimana yang diinginkan konsumen, dan lain sebagainya.

 

Mengapa data-data semacam itu penting buat digital marketer? Karena, hasil analisisnya bisa digunakan untuk kebijakan dalam mengambil keputusan terbaik menyangkut performa bisnis online, baik hari ini maupun esok hari.

 

4) Menguasai Teknik Podcast

Trend penggunaan podcast semakin naik, terutama saat ini. Podcast yaitu content audio dari akses aplikasi dan internet, dimana bisa dipilih dan didengarkan kapan saja, dengan cara cukup mendengarkan tanpa harus melihat ataupun membaca.

 

Meningkatnya jumlah pemakai podcast ini diakibatkan kondisi masyarakat yang suka membawa earphone untuk mendengarkan musik saat di kantor, dalam perjalanan saat menyetir atau lagi di atas kendaraan mereka. Nah, podcast merupakan satu content yang bisa di dengarkan saat menjalankan aktivitas dimaksud.

 

5) Media Sosial

Media sosial atau yang terkenal disebut medsos, kini hadir lewat berbagai macam platform dengan layanan menarik, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, hingga aplikasi instant messenger seperti Line, Telegram, Whatsapp, BBM, dan sebagainya.

 

Lingkup tugas seorang master digital marketer sebenarnya bekerja di antara kerumunan orang-orang yang lazim berinteraksi di media sosial (sosmed). Oleh karenanya, teknik pemasaran dan cara kerja yang dipakai seorang yang berprofesi di bidang digital marketer berbeda jauh dengan teknik marketing tradisional.

 

Telaah juga: Cara Menjadi Ahli SEO Sekaligus Pakar Internet Marketing

 

Misalnya, seorang digital marketing bisa secara teknis bekerjasama dengan para selebgram dalam program ‘endorse’ untuk mempromosikan brand tertentu melalui platform instagram sang seleb. Atau dalam kasus lain, seorang master digital marketing Medan bisa menjajal kemampuan teknik video marketing yang dimilikinya untuk mempromosikan sebuah campaign yang dijalankan lewat platform media sosial seperti instagram, youtube maupun vlogger.

 

6) Customer Relationship Management (CRM)

Penguasaan CRM semakin penting bagi seorang master digital marketing Medan. Kehadiran AI (artificial intelligence) terutama untuk berkomunikasi dengan customer terasa masih kurang tepat seluruhnya digunakan untuk saat ini. Mahalnya pembiayaan pada kegiatan digital marketing dengan tujuan mendapatkan leads/prospek, sangat disayangkan jika customer yang masuk menjadi kurang maksimal disebabkan kinerja CRM yang kurang, apalagi menggunakan bot.

 

Artinya, meskipun zaman semakin canggih tapi teknik komunikasi marketing masih sangat membutuhkan teknik yang menggunakan ‘psikologi’ dan perasaan yang seperti tidak mungkin bisa digantikan dan dilakukan oleh bot atau AI.

 

7) Penguasaan Desain Grafis

Kesan pertama yang lazim dialami seorang konsumen/pelanggan atas suatu barang atau jasa diawali dengan melihat tampilannya. Oleh karena itu, desain grafis penting mengingat tidak semua informasi pemasaran dapat disampaikan secara efektif ke konsumen hanya dengan menggunakan kata-kata saja. Lagipula, eksistensi menggunakan visual bisa lebih efektif untuk berbicara dan meninggalkan kesan mendalam daripada rentetan kata-kata yang ada.

 

Nah, seandainya tidak menguasai keahlian desain grafis ini, maka seorang master digital marketing minimal harus bisa memahami berbagai tipe desain macam apa yang mampu menggoda konsumen untuk membeli produk yang diperkenalkannya dengan hanya melihat.

 

Baca juga: Strategi Konten Visual Marketing Untuk Bisnis 2021

 

Itulah ke-7 (ketujuh) cara mudah untuk menjadi master digital marketing terkenal di Medan. Ingat, zaman digital mengharuskan kamu untuk memaksimalkan internet sebagai medium mempromosikan. Dunia internet telah menjadi sebuah ruang tanpa batas untuk meraup ‘capital’ yang relatif besar, rasanya penting secara komprehensif untuk memperbaiki teknik dalam menguasai cara dan tips kerja internet marketing agar bisnis millennial bisa berkembang pesat mengungguli kompetitor pada produk sejenis.

 

Apakah anda seorang profesional muda di Medan yang hendak menjadi seorang master digital marketer? Sudahkah menguasai teknik di atas? Bila belum, maka saya rasa masih belum terlambat untuk belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *