Kampanye SEO Produk

Digital Marketing SEO Untuk Kampanye Produk

Medan daya tarik posisi halaman satu di search engine jadi tren digital marketing untuk kampanye produk. Penggunaan SEO marketing sangat diandalkan untuk bisa meningkatkan konversi penjualan pasca berhasil menggaet pengunjung ke website atau blog.

 

Penting dipahami, bahwa konversi (conversion rate) merupakan satu istilah yang lazim dipakai dalam digital marketing. Secara umum sering diartikan sebagai pencapaian sebuah tujuan dari aktivitas kampanye pemasaran yang telah dilakukan. Bila dicontohkan pada sebuah website bisnis, maka istilah konversi yang dimaksud mengacu pada pengunjung yang tidak sekedar berkunjung saja, melainkan juga melakukan tindakan yang menjadi goal bisnis, yaitu pembelian di dalam website tersebut.

 

Bila dicermati dari perilaku, maka bentuk tindakan yang dilakukan setiap pengunjung adalah berbeda-beda dan sangat bervariasi di setiap website. Mulai dari aksi melakukan transaksi atau membeli suatu produk, melakukan pendaftaran keanggotaan, berlangganan newsletter melalui surat elektronik (surel), kegiatan mendownload software, berkomentar atau buat pernyataan testimoni, dan lain sebagainya. Inilah yang harus diarahkan, sehingga internet marketing menjadi kebutuhan esensial pada bisnis di era milenial.

 

Kampanye SEO Produk

 

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya atau kiat apa yang digunakan untuk meningkatkan konversi penjualan menggunakan strategi digital marketing SEO?

 

Sebelum menerangkan hal itu, ada baiknya bagi kamu untuk terlebih dahulu mengenal istilah SEO sebagai alat yang membantu kampanye pemasaran agar suatu produk di beli pelanggan langsung dari website.

 

SEO atau Search Engine Optimization merupakan suatu strategi atau rangkaian teknik yang digunakan terstruktur, sistematis dan massif untuk menempatkan website atau blog personal berada di halaman utama SERP (Search Engine Result Page) dan progresif menarik para pengguna internet sesuai dengan kata kunci (keyword) yang ditentukan sebelumnya.

 

Karena potensial menggaet pelanggan, formula terus dikembangkan untuk melakukan kerja-kerja SEO dan hal itu memerlukan keterampilan dan ketekunan, serta membutuhkan nalar dan imajinasi, analisis berkelanjutan, kompetitif, dan strategis. Selain itu, SEO membutuhkan kesabaran tingkat tinggi karena waktu untuk hasil kerja hanya bisa dirasakan dan diketahui saat sudah ada peningkatan jumlah visitor.

 

Telaah juga: Pengertian SEO dan Manfaatnya Buat Pemasaran

 

Ingat, tujuan utama melakukan SEO adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan keyword yang sudah tertarget, baik di artikel, gambar dan video. Salah satu indikator utama adanya keberhasilan melakukan SEO marketing adalah semakin tingginya posisi website atau blog dengan keyword tertentu di dalam search engine. Semakin tinggi posisi sebuah website atau blog dengan keyword tertentu di search engine, maka akan semakin tinggi pula peluang pengunjung atau visitor yang akan berkunjung ke website atau blog tersebut.

 

Jenis Keyword SEO

Ihwal meningkatkan konversi penjualan, penerapan SEO harus didukung kata kunci yang tepat di ‘medan perang’ search engine dan punya kekuatan psikologi massa untuk memengaruhi orang-orang agar berniat melakukan transaksi. Nah kata kunci ini harus dikemas apik dan tersebar di dalam konten yang dibuat. Konten yang dimaksud haruslah berkualitas sebagai ‘content marketing’ dan bukan konten hasil copy paste (plagiat) atau konten sampah (spam) di SERP.

 

Dalam perkembangan terakhir, SEO mempunyai banyak jenis atau kategori kata kunci (keyword) yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan konversi penjualan atas suatu produk. Jenis keyword tersebut, di antaranya:

 

a) Branded Terms, ini merupakan sebuah keyword yang di dalamnya terdapat nama merk tertentu. Hal ini muncul karena para pengguna biasanya melakukan pencarian di internet dengan langsung menggunakan ‘ketik’ nama merk tertentu di dalam kata kunci. Misalnya Honda.

 

Menarik dibaca: Strategi Ahli Digital Marketing Untuk Menguasai SEO

 

b) Product Terms, jenis ini merupakan sebuah keyword yang di dalamnya menyebutkan nama produk. Biasanya penggunaan kata kunci semacam ini disertai dengan nama brand tertentu. Misal Honda Vario.

 

c) Competitor Terms, merupakan sebuah keyword yang bertujuan untuk membandingkan satu merek dengan merek lainnya. Pada umumnya, jenis keyword ini digunakan oleh para pengguna internet yang ingin membeli produk tertentu, namun ingin membandingkan kelebihan dan kekurangan produk tersebut dengan merek lainnya. Misal Honda Vario vs Yamaha Lexi.

 

d) Subtitute Product Terms, ini merupakan salah satu jenis keyword yang sering digunakan untuk mencari informasi produk lain sebagai pengganti. Penggunaan keyword semacam ini biasanya untuk mencari alternatif produk lainnya yang kualitasnya tidak berbeda jauh. Silaenseo.com menyebutkannya sebagai keyword turunan.

 

e) Complementary Product Terms, merupakan keyword yang menyebutkan produk tetapi secara tidak langsung berkaitan dengan produk yang kamu jual. Misalnya kamu menjual produk sepeda motor honda yang salah satunya adalah honda vario 150. Ketika seorang pengguna internet mencari informasi tentang honda beat, maka kemungkinan besar konversi penjualan honda beat kamu cukup bagus.

 

Telisik juga: Strategi Konten Visual Marketing Untuk Bisnis 2021

 

f) Audience Terms, merupakan sebuah keyword yang mencakup banyak sekali istilah yang mungkin dicari orang di internet. Itulah sebabnya jenis keyword ini cukup sulit dan butuh upaya lebih untuk mendapatkan keuntungan. Namun, hal ini bisa diantisipasi dengan mengembangkan banyak keyword yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Dengan begitu, para pengunjung dari jenis kategori keyword seperti ini bisa dikonversi menjadi pembeli. Misal kamu menjual komputer, maka keyword yang bisa dikembangkan laptop dan atau berbagai perlengkapan (software dan hardware).

 

Teknik SEO Untuk Menjalankan Marketing

Silaenseo.com melihat, setidaknya ada 3 (tiga) teknik SEO untuk menggebrak marketing bertarung di medan laga SERP. Teknik ini tergolong canggih dan dapat kamu terapkan secara langsung ke website atau blog untuk meningkatkan jumlah pengunjung, traffic, serta tingkat konversi dari website itu sendiri.

 

1) Audit Kerangka Website

Secara umum, audit merupakan suatu pemeriksaan sistematis yang meliputi konsep, hasil, atau melalui segi finansial yang digunakan sebagai acuan untuk pengambilan keputusan yang tepat.

 

Di dalam dunia SEO marketing, audit merupakan serangkaian teknik untuk melacak pertumbuhan bisnis kamu yang mampu menarik dan mempertahankan konsumen atau pelanggan yang datang dari internet. Sehingga, teknik ini dilakukan berfokus pada mendapatkan traffic dan konversi yang tinggi.

 

Baca juga: Cara Mengembangkan Strategi Pemasaran Buat Bisnis

 

Jadi, kamu memang dituntut untuk mampu meneliti kinerja website secara keseluruhan. Kemudian, menetapkan tujuan serta menerapkan strategi yang baru berdasarkan dari analisis data yang sudah dilakukan. Dengan begitu, keuntungan bisnis akan meningkat.

 

2) Data Research via End User Value

Tujuan kamu adalah melipatgandakan traffic website di antara sekian banyak website kompetitor. Untuk itu harus diputuskan untuk menentukan konten apa yang cocok untuk target meski pada konteks tertentu dilakukan dengan perubahan total. Intinya adalah, kamu harus mengetahui dan terlebih dahulu punya data yang relevan dengan minat dari calon konsumen pada pasar yang akan dimasuki.

 

Terkait membuat sebuah konten, hal yang sangat penting dan perlu dilakukan sebelumnya adalah melakukan survei keyword. Untuk tujuan ini maka kamu bisa memakai sebuah tools yang dapat membantu dalam melakukan survei keyword, misalnya adalah Google Adwords.

 

3) Membuat dan Mengoptimalkan Landing Page

Teknik yang satu ini harus dirancang dengan baik, karena eksistensi landing page akan mampu meningkatkan lead serta konversi penjualan kamu secara signifikan. Artinya, jika membuat landing page untuk kebutuhan bisnis, maka harus dimaknai sebagai peluang ’emas’ untuk mendapatkan traffic yang besar juga membuka kesempatan mendapatkan keuntungan.

 

Namun sangat disayangkan, tidak banyak pelaku bisnis dan entrepreneur yang sepenuhnya memahami betapa pentingnya landing page. Padahal melalui landing page, maka kamu akan memulai sebuah hubungan yang lebih dekat dengan calon konsumen. Untuk itu, sangat lah penting bagi pebisnis untuk membuat landing page dengan desain yang berkualitas dan berisi topik populer. Jika telah mempunyai landing page, maka cobalah untuk memperhatikan apakah landing page tersebut telah mempunyai SEO marketing yang cukup baik dan mampu bersaing dengan kompetitor sejenis.

 

Baca juga: Ahli Digital Marketing SEO Untuk Bisnis Lokal Medan

 

Dengan mengoptimalkan SEO marketing, maka kamu akan mudah mendapatkan peringkat teratas (bahkan ranking #1 di page one) di mesin pencarian Google. Sehingga, efektif akan mendongkrak profit bisnis dengan lebih mudah. Agar pengelolaan SEO bisnis lebih baik, sebaiknya kamu menggunakan bantuan para professionals yang bergerak di sektor jasa SEO spesialis marketing penjualan produk. Mengapa? Karena mahir dan punya keterampilan Search Engine Marketing atau SEM. Selain itu, kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan hal-hal terkait optimalisasi website atau blog yang terkenal sangat rumit.

 

Adanya pembagian peran kepada ahli marketing SEO ini akan membuat kamu bisa jad lebih fokus untuk memikirkan bisnis, urusan promosi dan pemasaran ‘kampanye’ produk serahkan saja kepada ahli SEO atau pakar SEM. Hal ini merupakan solusi praktis untuk branding dan mendapatkan profit tanpa batas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *