Promosi Coffee Shop

Ide Mempromosikan Coffee Shop Agar Ramai Pengunjung

Mempromosikan dan memasarkan bisnis coffee shop atau cafe coffee (warkop) agar ramai pelanggannya tidak lah mudah. Kamu harus punya tips dan cara yang tepat, apalagi ditengah pandemi virus corona.

 

Secara umum, dengan ramainya pengunjung membuat usaha coffee shop maju dan memperoleh keuntungan maksimal. Mengingat saat ini banyak orang yang membuka usaha ini, khususnya usaha kecil menengah (UKM dan UMKM) seperti warung kopi ataupun cafe, maka tingkat persaingan semakin tinggi. Dimana promosi dan strategi pemasaran yang digunakan hampir sama.

 

Sebagai pemilik coffee shop yang nota bene adalah bisnis kuliner, maka kamu pun wajib tahu hal apa saja yang digunakan agar warkop laris dan banyak dikunjungi pembeli atau penikmat kopi. Apalagi bila coffee shop milik mu baru buka, tentu mengalami kendala berupa kurangnya pengunjung yang datang. Sementara, post pengeluaran untuk biaya perawatan dan gaji karyawan atau pekerja tetap berjalan.

 

Dalam catatan kami (silaenseo.com), ada beberapa tips menarik dan cara ampuh untuk menarik perhatian calon pelanggan biar mau singgah ke coffee shop untuk membeli atau minum secangkir kopi. Terutama dengan menggunakan strategi berbiaya murah.

 

Telisik juga: Teknik Pemasaran Warung Kopi di Medan

 

1) Buatlah Konsep Coffee Shop Yang Unik

Coba perhatikan, disekitar kamu pasti banyak usaha kafe atau warkop baru tapi bisa dengan cepat laris dan langsung didatangi banyak pelanggan. Salah satu penyebabnya adalah karena memiliki desain atau konsep yang unik dan kreatif. Ada yang memakai konsep otomotif dengan membuat ruangan dengan dekorasi sepeda motor atau mobil, konsep lesehan dengan meniadakan kursi, konsep game online atau elektronik dengan penataan kursi layaknya di warnet, konsep olah raga dengan tatanan tempat turnamen e-sport, konsep tempat duduk pelanggan seperti di dalam cangkir, hingga konsep seperti di dalam sel penjara.

 

Nah konsep yang unik ini akan membuat banyak orang jadi penasaran dan ingin tahu suasananya gimana gitu. Terlebih lagi bila cafe coffee atau kamu dipasarkan melalui instagram, tentu bisa mulai terkenal atau bahkan jadi postingan viral, pasti akan membuat usaha coffee shop akan semakin ramai didatangi pelanggan dan dapat cepat sukses.

 

Promosi Coffee Shop

 

Kesuksesan bisa didapat dari ide-ide kegilaan, jadi jangan takut melakukan eksekusi atas ide tersebut. Silahkan untuk memikirkan konsep ruangan coffee shop yang unik dan tampilan nya berbeda dengan yang lainnya.

 

2) Spot Instagramable

Media sosial saat ini merupakan komunitas baru bagi masyarakat milenial. Bicara medsos instagram, maka spot instagramable sudah jadi satu media marketing paling ampuh untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis kuliner. Caranya bisa dengan membuat satu spot foto yang benar-benar instagramable di tempat coffee shop kamu. Tujuan nya agar para pengunjung bisa berfoto bersama atau pun selfie untuk diposting ‘pamer’ ke akun instagram. Terkadang juga di upload ke Twitter, Facebook bahkan memperbarui status di WhatsApp (WA).

 

Otomatis, promosi usaha kamu telah dibantu oleh para pelanggan yang berfoto maupun merekam video berdurasi pendek di sana. Cara ini juga banyak dilakukan oleh para pemilik tempat-tempat wisata dan hotel yang terbukti ampuh dalam menarik perhatian pelanggan baru.

 

3) Free Wifi

Orang sekarang sudah ketagihan berselancar dengan menggukan teknologi digital dan sudah jadi satu kebiasaan masyarakat Indonesia, khususnya anak muda (generasi Y) adalah menjadikan coffee cafe sebagai tempat hangout bersama teman maupun sendirian. Kebanyakan dari anak muda ini hanya memesan satu atau dua makanan, kemudian memainkan gadgetnya sambil berseluncur di internet.

 

Baca juga: Manfaat Digital Marketing Untuk Pengembangan Usaha

 

Oleh karena itu, internet gratis atau free wifi berikut colokan charger hp menjadi salah satu daya tarik utama dari coffee shop atau warung kopi di mata pelanggan. Jadi, segera pasang wifi untuk menarik perhatian dan memperlaris bisnis kuliner ini. Tapi, tetap mempertimbangkan untuk menggunakan WiFi yang memiliki koneksi cepat dan stabil, agar pengunjung bisa menjadi pelanggan tetap.

 

4) Pelayanan Ramah

Bisnis yang berkembang di jaman modern, telah menjadikan layanan yang berkualitas sebagai satu trik menggaet pelanggan baru, khususnya menggaet pelanggan yang sudah pernah datang agar datang kembali. Dengan pelayanan yang terbaik, ramah, murah senyum, tulus dan bersahabat maka pengunjung pasti senang dan akhirnya akan jadi pelanggan setia.

 

Sebaliknya, jika layanan dari pekerja atau karyawannya jutek, cemberut, apalagi ngomel-ngomel melulu, maka dijamin pelanggan kamu akan kabur dan tidak sudi lagi beli atau ngopi di warung kopi mu.

 

5) Ada Televisi Layar Lebar atau Proyektor

Keberadaan proyektor yang digunakan untuk siaran live (liga champions, eropa, liga Inggris, Spanyol, Italia, Piala Dunia atau film-film box office) tak kalah penting agar warkop dan kafe kamu ramai pengunjungnya. Minimal ada menyediakan TV layar lebar. Mengapa? Karena, jaman sekarang orang-orang pergi ke coffee shop atau cafe bukan sekedar untuk ngopi dan ngobrol-ngobrol saja.

 

Baca juga: Blogger Medan Siap Memasarkan UMKM di Sumut

 

Ada banyak alasan orang nongkrong di warung kopi, dan salah satu tujuannya adalah untuk nonton bareng (nobar) siaran langsung olahraga terutama sepakbola. Karena rasanya lebih seru jika menonton ramai-ramai dibandingkan menyaksikan sendirian siaran bola tersebut di rumah. Tiap akhir pekan bisa dipastikan ada live sepakbola liga-liga ternama di Eropa, dan acara bola tersebut akan membuat ramai pengunjungnya. Warkop yang tidak menyediakan televisi berlayar lebar, dijamin akan kalah bersaing dan sepi pengunjung di akhir pekan.

 

6) Daftarkan Coffee Shop ke Google Map

Tips promosi dan teknik pemasaran ini harus dijalankan untuk melariskan atau membuat warung kopi kamu mudah ditemukan, karena terlisting di Google Map. Selain memudahkan pencarian bagi costumer yang mencari cafe terdekat ‘near me’, terdaftarnya coffee cafe di Google Map akan membuat pengunjung bisa memberikan ulasan dan rating untuk kafe kamu.

 

Telaah juga: Cara Mengembangkan Strategi Pemasaran Buat Bisnis

 

Jika pelayanannya bagus, WiFi kencang, makanan dan minumannya enak dan harganya terjangkau, ada tontonan televisi atau proyektor berlayar lebar maka pengunjung tidak akan ragu memberikan review bagus dan bintang lima.

 

Saat sebuah cafe coffee atau usaha kuliner apapun itu banyak mendapat review dan rating bagus di Google Map, pasti akan membuat calon-calon pelanggan yakin memilih jajan dan nongkrong di cafe kamu. Pasalnya, karena sebelum memutuskan mengunjungi kafe, banyak orang terlebih dahulu membaca ulasan-ulasan dan melihat kafe rating di Google Map terlebih dahulu.

 

7) Membuat Promo dan Diskon

Salah satu trik untuk menarik kedatangan pembeli adalah dengan rutin membuat promo-promo menarik. Meski trik ini hampir semua usaha melakukannya, tapi mengingat semua orang suka promo. Bahkan, meskipun potongannya tidak terlalu besar, keberadaan promo selalu menarik di mata pelanggan.

 

Baca juga: Pelaku UKM Medan Masih Kesulitan Memasarkan Produknya

 

Selaku pemilik coffee shop, kamu dapat membuat promo setiap bulan atau setiap minggu pada menu yang berbeda-beda. Dengan cara itu, pengunjung tidak pernah bosan dengan pola diskon yang diberikan. Memasang poster menu kuliner yang sedang diskon di depan cafe juga bisa menjadi salah satu cara yang sangat efektif menarik perhatian pelanggan dalam jumlah besar.

 

Itulah beberapa tips ampuh mempromosikan dan memasarkan coffee shop (warkop, cafe dan kedai kopi) agar dapat laku keras dan didatangi banyak pelanggan. Selain itu, jangan lupa untuk rutin melakukan promosi di media sosial, seperti Facebook, Instagram Youtube atau Twitter agar bisnis coffee shop-mu bisa menjangkau lebih banyak orang, utamanya yang sering melintas di lokasi warkop.

 

Semoga bermanfaat dan salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *