Online Marketing Properti

Jenis Online Marketing Properti yang Terbaik

Semarak online marketing property yang dijalankan para pengusaha, broker, entrepreneur dan marketer mengakibatkan persaingan semakin sengit dan masif. Belum lagi, kiprah dari para blogger yang mencari penghasilan dari program iklan google adsense yakni dengan membangun blog tema (niche) properti turut menambah daftar masifnya strategi pemasaran properti di Indonesia melalui internet.

 

Kondisi itulah, akhirnya membuat banyak developer dan agen properti kini mulai berlomba-lomba melirik metode digital marketing atau setidaknya menjalin kerjasama dengan banyak blog personal untuk mempromosikan, memasarkan dan membranding produk properti mereka ke kancah dunia maya.

 

Dalam analisa dan catatan saya (silaenseo.com), secara prinsip dalam menjalankan online marketing setiap developer dapat menggunakan banyak channel digital, mulai dari portal properti, tiktok, instagram, facebook, youtube, twitter, personal blog atau website perusahaan, whatsapp, telegram, dan lain sebagainya.

 

Memang dari sisi budgeting di era digital, memasarkan properti melalui online marketing saat ini dinilai lebih menguntungkan. Dimana, biaya digital marketing yang dikeluarkan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan metode pemasaran konvensional, seperti membuat acara open house.

 

Online Marketing Properti

 

Selain adanya keuntungan terkait biaya pengeluaran, setiap developer ataupun agen properti dapat menjangkau audiens lebih luas sesuai dengan target pangsa pasar yang dimasuki, mulai dari jenis kelamin, kota, umur, pendidikan, pekerjaan, dan lain-lain.

 

Nah, bagi kamu yang saat ini berencana untuk menjalankan strategi online marketing dan digital marketing, berikut ini adalah tipsnya memasarkan dan mempromosikan bisnis properti agar cepat laku dan menguntungkan dengan menggunakan berbagai jenis perangkat digital marketing berbasis aplikasi canggih.

 

Menelisik: Jual Properti Jadi Mudah Dengan Strategi Digital Marketing

 

1) Menggunakan portal properti

Point ke-1 (kesatu) merupakan salah satu strategi online marketing yang dapat dilakukan, misalnya memasang iklan di portal properti. Perihal pasang iklan dengan menggunakan portal properti dianggap lebih menguntungkan, karena portal ini biasanya memiliki traffic yang cukup tinggi. Apalagi pengunjung yang membuka situs properti memang merupakan orang-orang yang berniat untuk membeli properti, tidak hanya sekedar mencari informasi dari internet.

 

2) Membuat website atau blog

Kalau hanya mengandalkan portal properti saja tentu tidak lah maksimal, maka ada baiknya jika kamu juga membuat website khusus atau blog proporsional yang menampilkan tentang proyek properti atau berbagai jenis hunian yang ingin dijual. Namun, penting dipahami bahwa kelemahannya membuat website atau blog yang berkualitas membutuhkan waktu, biaya dan efeknya tidak instan.

 

Selain itu, agar website/blog properti dapat mendatangkan traffic yang sangat memuaskan, dibutuhkan adanya tambahkan konten artikel, konten foto atau gambar dan konten video menarik yang di posting pada web/blog tersebut. Jangan lupa untuk menerapkan teknik terbaik di bidang Search Engine Optimization (SEO), agar konten secara progresif mampu menempati posisi teratas (page one) dalam pencarian search engine pada kata kunci (keyword) yang berhubungan dengan properti.

 

Baca juga: Belajar Digital Marketing Usaha Property Bersama Blogger Silaen

 

3) Manfaatkan sosial media (medsos)

Fakta, bahwa ternyata mayoritas pengguna internet di dunia, terutama di Indonesia banyak yang aktif di sosial media. Karena itu, ada baiknya bila kamu memanfaatkan media sosial untuk memasarkan seluruh produk properti, contohnya seperti penggunaan Facebook Ads, Tiktok Ads, dan Twitter Ads.

 

Menariknya lagi, ketika memasang iklan di media sosial (medsos), kamu bisa menentukan sendiri siapa yang menjadi target penerima iklan, mulai dari area penyebaran iklan, umur, ketertarikan minat, jenis kelamin, pekerjaan, dan lain-lain.

 

4) Content placement

Salah satu media untuk mengenalkan dan mempromosikan brand adalah strategi menggunakan content placement untuk masyarakat properti Indonesia. Pasalnya, penggunaan strategi pemasaran online ini sangat tepat sasaran dan mampu meningkatkan kinerja web/blog bisnis properti yang kamu rintis.

 

Selain itu, strategi content placement sangat jitu dan dipercaya oleh banyak orang sebagai langkah progresif untuk menjangkau lebih banyak audience dan meningkatkan trafik organik. Tekniknya dengan cara menempatkan konten atau media yang diajak kerjasama agar dapat memberikan hasil yang optimal sesuai yang kamu harapkan, seperti: a) sisi onpage; b) anchor text dengan menggunakan branded anchor atau naked url; c) konten easy ‘keyword’ ranking; dan d) konten berkualitas.

 

Baca juga: Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Properti

 

Poin a s/d d diatas akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap SEO yang akan membuka peluang halaman lebih mudah untuk berada di halaman 1 Google.

 

5) SMS / WA blast

Di Indonesia ada ratusan juta orang yang telah menggunakan alat komunikasi berupa gadget atau handphone canggih lain. Nah, produk properti kamu dapat diiklankan dengan cara mengirimkan SMS ataupun WA blast yang akan diterima langsung oleh target customer yang dituju.

 

Baca juga: 10 Cara Menjual Rumah Dengan Trik Internet Marketing

 

Tapi, agar iklan properti dapat bekerja lebih maksimal dan tepat sasaran menggaet calon pelanggan, maka pengiklan harus memilih profil calon pembeli sesuai dengan produk properti di iklankan.

 

6) Follow up leads secepat mungkin

Jika kamu sudah menyebar iklan di portal properti, website, sms / wa blast dan media sosial (medsos), jangan lupa untuk secepatnya memfollow up calon pembeli potensial (leads) yang memiliki rencana mau datang ke lokasi proyek properti. Respon cepat ini sangat penting, karena jangan sampai data calon pembeli yang sudah didapatkan dengan susah payah dan telah mengeluarkan sejumlah uang justru didiamkan hingga berhari-hari. Hal ini akan membuat pelanggan jadi kecewa dan beralih ke perusahaan atau agensi properti lain.

 

Baca juga: Ragam Digital Marketing yang Populer di Indonesia

 

Agar reputasi dan brand bagus, maka adanya tindakan follow up leads secepat mungkin ini merupakan salah satu strategi online marketing yang harus dilakukan dengan penuh keramahan dan etika bisnis yang terbaik, sehingga branding melalui testimoni pelanggan selalu bersifat positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *