Online Marketing Properti

Jual Properti Jadi Mudah Dengan Digital Marketing

Strategi digital marketing dan teknik pemasaran online pada bisnis jual properti menjadi penyelamat ketika ada bencana non alam seperti pandemi virus corona. Tak dapat dipungkiri akibat hal ini, persaingan strategi bisnis semakin ketat, para marketers semakin giat mencari cara menjual produknya ke klien, walau target tak seluruhnya berhasil dengan baik.

 

Di tengah perkembangan digital yang terjadi besar-besaran, para marketer bisnis terutama pada produk-produk properti juga tidak mau kalah. Kemampuan menjual dengan ilmu online marketing terus dipelajari dan dikembangkan agar tingkat keberhasilannya semakin maksimal. Adanya keinginan ini semakin berdasar, mengingat penggunaan internet marketing dan media digital sudah masuk ke berbagai bidang dan sendi-sendi kehidupan sosial masyarakat.

 

Selain itu, panduan atas penggunaan online marketing semakin mudah dan banyak yang tersedia secara gratis, dan kalaupun berbayar biaya yang dikeluarkan sangat lah terjangkau. Namun tentu saja, online marketing ini harus tetap dilakukan dengan berbagai strategi sehingga segala perencanaan yang sudah disusun bisa berjalan dengan hasil terbaik.

 

Online Marketing Properti

 

Dalam catatan silaenseo.com, ada beberapa cara online marketing yang paling mudah untuk menjual produk properti yang seturut dengan penguasaan teknik revolusi digital di era industri 4.0.

 

1. Strategi Digital Marketing Dengan Website Properti atau Blog Profesional

Saat ini, website perusahaan sudah dijadikan sebagai wajah utama dari bisnis yang dijalankan. Dalam website bisnis, pemilik dapat secara bebas memajang segala informasi tentang nama usaha ‘brand’ dan produk yang dijual. Dengan website atau blog profesional ini, kamu pun bisa tidak menggunakan lagi iklan berbayar, misalnya di Google Ads, Twitter Ads dan Facebook Ads. Caranya dengan memaksimalkan content marketing di website dan selanjutnya dimaksimalkan dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization).

 

SEO tak bisa lepas dari dunia pembuatan konten dan penggunaan kata kunci yang tepat. Konten harus dibuat menarik dan mengikuti standar SEO. Dengan begitu, peluang untuk dibaca banyak orang akan terbuka lebar dan prospek untuk bisa menduduki posisi terhormat di halaman google sangat memungkinkan.

 

Bila proses pengerjaan SEO telah sangat baik dikerjakan, maka kamu tinggal menunggu pengunjung (baca calon pembeli properti) menghubungi kamu lewat informasi-informasi yang tercantum di dalam konten tersebut. Semakin berkualitas SEO, maka semakin sering kamu dihubungi.

 

Baca juga: Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Properti

 

Nah, adanya website profesional juga memungkinkan kamu membuat alamat surat elektronik (surel) seturut dengan nama domain. Jadi, alamat layanan pesan singkat (email) menjadi profesional juga. Ingat, bahwa bisnis di jaman modern mengharuskan digital marketing sangat tergantung pada kecepatan respon, baik via email maupun sarana pesan singkat lainnya. Dimana, saat ini sangat memungkinkan bagi kamu dan konsumen untuk berkomunikasi lewat fitur chatting yang dimiliki, seperti Whatsapp (WA), Line Official, atau Layanan chat customer service lain yang kamu sediakan di website bisnis.

 

Selain itu, pencantuman alamat media sosial profesional sangat dimungkinkan terpasang apik di web atau blog. Adanya media sosial sangat penting, mengingat negara Indonesia merupakan salah satu pengguna yang paling besar di dunia. Artinya, bahwa penduduk Indonesia sangat aktif di dunia maya dan jejaring sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Youtube.

 

Tak heran bila akhirnya pasar penjualan properti mulai menyasar ketiga media sosial tersebut. Serta medsos wajib digunakan sebagai salah satu teknik marketing property yang sangat efisien menggaet pembeli dan meningkatkan branding atas nama perusahaan. Dengan kata lain bahwa media sosial menjadi satu marketing gallery online untuk para pencari properti dari seluruh penjuru dunia.

 

Baca juga: Teknik SEO Marketing Terhadap Nama dan Produk

 

Tapi, agar saluran digital marketing yang dijelaskan diatas dapat berjalan maksimal haruslah dibarengi dengan tim yang profesional. Mengapa? Karena banyak pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus, mulai dari branding, fotografer (foto, gambar atau video) profesional dan copywriter profesional. Ingat bahwa gambar adalah elemen terpenting yang membuka gerbang masuknya pembeli dalam memilih properti yang dilihatnya. Maksudnya gambar merupakan indikator utama yang dilihat calon pembeli sebelum harga dan aspek lain (misalnya surat, keamanan dan fasos/fasum).

 

Selain Facebook, Instagram juga dianggap sebagai sarana memasarkan properti yang sangat efektif. Dengan begitu potensi instagram menjadi sangat strategis dalam menggaet pembeli potensial. Memang bila dicermati, ada beberapa agen (broker atau makelar) properti dengan pengikut ribuan hingga ratusan ribu follower. Instagram yang bagus adalah yang memiliki tema tertentu dan spesifik atas produk properti. Ada juga insta property yang fokus pada desain interior dan furniture nya.

 

Selain itu, instagram yang profesional selalu memilih foto dengan seksama (detil). Hanya gambar dengan kualitas tinggi dan konten yang berkualitas terbaik yang dapat memengaruhi dan akan dipilih. Oleh karena itu, jangan lupakan aspek copywriting di judul foto instagram kamu agar memudahkan follower dan search engine melihatnya.

 

2) Aktif di Situs-Situs Pencarian Properti

Salah satu strategi internet marketing yang efektif menarik calon pembeli adalah dengan aktif member di situs atau portal properti, baik lokal maupun internasional. Ada kalanya kamu harus memikirkan perspektif ‘partnership’ dibanding berdiri sendiri (single fighter) dalam menjual properti. Hal ini dikarenakan ada banyak portal dan situs-situs pencarian rumah yang tersebar di dunia maya dan dapat kamu masuki.

 

Menarik dibaca: Manfaat Digital Marketing Untuk Pengembangan Usaha

 

Portal-portal ini merupakan platform besar yang tentunya butuh banyak usaha dan biaya besar untuk menyaingi mereka. Apalagi website atau blog profesional yang kamu miliki masih baru diorbitkan. Oleh karena, keputusan yang sangat bijak untuk menjadi salah satu anggota mereka dan atau menjadi pemasang iklan di platform tersebut.

 

Perlu diketahui, biasanya platform property di internet, sebagian besar juga merupakan portal real estate yang terkenal. Dan kecenderungan para agen real estate akan mendaur ulang konten properti-nya untuk bisa menghasilkan lebih banyak tampilan yang mampu menarik pengunjung. Hasil akhirnya, akan ada lebih banyak penawaran yang masuk ke dalam agen real estate dari berbagai kampanye produk properti yang dilakukan.

 

Telisik juga: Digital Marketing SEO Untuk Kampanye Produk

 

Untuk metode menjalankan penjualan online ini, penting bagi agen atau pemilik untuk menyebarkan informasi produk yang mereka jual kepada publik. Bisa juga dengan memanfaatkan fitur coming soon properti yang nantinya akan memberitahu publik atas beberapa properti jenis apa yang akan ditawarkan ke depan. Di dalam portal properti itu juga, calon pelanggan harus mendaftarkan diri kepada kontak yang telah diumumkan untuk berhubungan dengan kamu dan atau agen lainnya.

 

3) Open House secara Online

Memang, mendatangi langsung lokasi marketing gallery masih menjadi tren yang populer bagi para pencari properti untuk mengetahui secara pasti kondisi properti yang dijual. Hal ini wajar dan telah dimaknai sebagai salah satu cara yang kuat dalam mempengaruhi calon pembeli dalam menentukan pilihan properti yang pas. Biasanya para konsumen akan mengunjungi langsung dan menyesuaikan dengan selera pribadi maupun budget yang dimiliki.

 

Selain melihat secara langsung ukuran sebuah ruangan, akan diketahui pula bagaimana kondisi furniture-nya dan lain sebagainya. Dengan open house, maka hubungan dengan pembeli semakin baik dan menjadi sarana untuk menambah kepercayaan konsumen pada agen properti pilihannya.

 

Telisik juga: 9 Strategi Pemasaran Properti Saat Pandemi dan PSBB

 

Namun yang menjadi kendala bila produk properti kamu belum memiliki bangunan atau di masa bencana non alam akibat virus corona. Oleh karena itu, disinilah manfaat teknologi virtual reality. VR ini merupakan perkembangan dari informasi berbasis multimedia, sehingga penggunanya dapat berhubungan dengan lingkungan yang tidak ada di dunia nyata yang divisualisasikan ke dalam program komputer. Dengan adanya VR, maka aktivitas mencari dan membeli properti menjadi terbantu dan sangat mudah dilakukan. Dimana, para pencari properti tidak perlu bersusah payah harus datang ke lokasi dibangunnya proyek properti.

 

VR memiliki keunggulan dibanding teknologi lain, yaitu kesan seolah berada di lingkungan dunia nyata. VR memiliki tiga dimensi visual yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan calon pembeli atas informasi yang detail mengenai sebuah properti dari tampilan desktop pc dan aplikasi mobile.

 

Selain itu, membuat open house secara online saat ini bukan lah perkara sulit karena teknologi pendukung telah tersedia. Dengan strategi VR ini, maka calon pembeli dapat mengakses produk kamu kapan saja, dimana saja dan mendapatkan fasilitas seperti open house yang sesungguhnya di dunia nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *