Shared Hosting SEO Pemasaran

Keunggulan Shared Hosting Untuk SEO Pemasaran

Pergeseran pola pemasaran perusahaan bisnis, produk dan jasa dari model konvensional ke digital marketing tak terelak lagi. Semakin menjamurnya jumlah website perusahaan dan personal blog yang dibuat profesional dan proporsional ditujukan untuk mendongkrak laju pemasaran di internet.

 

Tak heran, pelaku bisnis berbondong-bondong membuat sendiri atau mencari jasa pembuatan website untuk membuat satu web log bisnis sebagai salah satu unsur menjalankan pemasaran digital. Tentu web log ini harus ditopang shared hosting atau self-hosted yang andal dan penerapan teknik optimasi menggunakan SEO atau search engine optimization, agar promosi yang diluncurkan ke media internet dapat berjalan maksimal dan hasilnya bagus menambah penjualan.

 

Memang membuat satu web log site membutuhkan modal, tidak hanya uang melainkan juga tenaga, pikiran dan waktu. Saat ini, biaya sewa shared hosting yang ditawarkan oleh perusahaan di Indonesia sudah semakin murah dan pembuatannya juga mudah. Jadi, tak ada alasan karena mahal hingga memilih layanan gratis, seperti menggunakan sub domain blogspot maupun subdomain wordpress yang masih marak saat ini.

 

Tapi, namanya gratisan pasti memiliki banyak kekurangan dan atau kelemahan, misalnya tentang fitur yang terbatas. Hal ini akan mendatangkan kesulitan untuk mengexplore web log sebagai alat promosi online yang bertujuan untuk mencari keuntungan. Nah agar eksploitasi fitur lebih bebas, saya (silaenseo.com) mengharuskan kamu untuk memakai ‘Self-Hosted’ dengan CMS WordPress.

 

Shared Hosting SEO Pemasaran

 

Dengan penggunaan shared hosting atau self hosting, pembuatan website perusahaan bisnis, produk dan jasa lebih sangat mudah karena ada banyak keunggulan dan adanya bantuan ‘pengaya’ yang siap membantu dan diberikan secara gratis.

 

Sebagai awal, kamu dapat menyewa hosting dengan server yang tidak terlalu besar, harga relatif murah dan berkualitas. Mengapa? Karena, web log masih baru dan traffic belum banyak. Tak logis rasanya, harga sewa server mahal namun pengunjung tak sebanyak yang diperkirakan, maka sia-sia uang yang kamu keluarkan untuk sewa hosting. Setelah web log semakin berkembang, disitulah kamu menambah kapasitas storage dan bandwidth.

 

Baca juga: Teknik SEO Marketing Terhadap Nama dan Jenis Produk

 

Memaksimalkan Kinerja CMS WordPress Pada Hosting

Dari berbagai fitur yang tersedia di CMS WordPress, kamu bisa langsung merasakan kehebatan sisi pengaya atau plugin. Terutama dalam hal untuk membantu kinerja situs web log lebih baik dari sebelumnya. Sehingga banyak ulasan dan tutorial tentang pengaya ini yang dibahas oleh pengiat dunia blogger.

 

Ada beberapa catatan penting dari saya (silaenseo.com) tentang plugin yang sering digunakan oleh para blogger ataupun jasa pembuat website, diantaranya:

 

1) Menggunakan Plugin Cache

Kecenderungan menggunakan plugin ini, bertujuan untuk membuat pengamanan CPU agar penggunaan kapasitasnya tetap berada di bawah rata-rata. Salah satu yang favorit digunakan adalah plugin W3 Total Cache.

 

Mengapa harus memakai plugin cache ini? Karena, plugin ini akan membuat server tetap dingin sehingga kinerja CPU shared hosting tetap maksimal. Akan tetapi, biasanya plugin cache berisi fitur pre-loading yang bekerja membuat berkas cache otomatis dari semua halaman meski telah disetting sesuai waktu yang diinginkan pengguna. Jadi, tak perlu diaktifkan karena bisa membebani kinerja CPU.

 

Memang, penggunaan metode cache ada kekurangannya, namun akan ada lebih banyak kelebihannya, khususnya atas adanya pengaruh kestabilan server jangka panjang. Bila kurang berkenan dengan plugin ini, silahkan menggunakan yang lain karena di CMS WordPress ada banyak pengaya yang sama dengan fitur-fitur yang lebih bagus dan banyak keunggulannya.

 

2) Plugin Statistik

Plugin ini berfungsi untuk menghitung jumlah pengunjung. Menurut saya (silaenseo.com), sebenarnya plugin ini tak perlu dipakai karena ada ‘Google Analytics’ yang memiliki keakuratan lebih tinggi. Disamping itu, penggunaan plugin statistik bisa menyebabkan terjadinya server overload atau kelebihan beban pemakaian.

 

Telisik juga: Digital Marketing SEO Untuk Kampanye Produk

 

3) Kompres Gambar

Pada prinsipnya, setiap gambar memiliki ukuran yang tak menentu, sehingga gambar harus dikompresi agar lebih memaksimalkan kinerja website log. Mengapa? Karena gambar dengan ukuran besar akan membuat penggunaan bandwidth meningkat. Selain itu, mengompres gambar juga dapat membantu mempercepat situs di buka oleh para pengunjung. Jadi lakukan optimasi gambar dengan baik agar kinerja SEO semakin baik.

 

4) Menggunakan Plugin Combine Dan Minify

Salah satu kelebihan plugin minify adalah dapat membuat site log semakin cepat di akses, tapi jangan lupa juga untuk sekaligus menambahkan fitur menyatukan atau ‘combine’. Cara ini akan menurunkan ‘CPU Usage’ akibat banyaknya file yang dibuka secara bersama dalam satu waktu.

 

Contoh, sebelumnya ada pengunjung yang membuka situs web, maka pengunjung tersebut diharuskan memuat banyak berkas tipe ‘javascript’ dan ‘CSS’ untuk menampilkan di laman secara sempurna. Akan tetapi, jika sudah disatukan maka pengunjung hanya akan memuat sedikit berkas statis pada situs kamu.

 

5) Menggunakan Cloudflare CDN

Tujuan penggunaan fitur cloudflare adalah untuk membuat website bisnis, produk dan jasa tetap aman, terhindar dari BOT dan dapat mempercepat situs.

 

Fitur ini biasanya disediakan oleh penyedia hosting yang kamu sewa, tapi jika tidak ada maka pengguna harus menerapkan secara manual. Penggunaan fitur cloudflare ini akan menjamin website kamu akan tetap awet dan tak akan mengalami penangguhan akibat kelebihan beban server atau yang lain.

 

Tips Memaksimalkan Website Sebagai Media Internet Marketing

Dalam menjalankan aktivitas bisnis dengan konsep pemasaran digital, konsistensi untuk merawat dengan cara ‘update’ adalah wajib dilakukan. Mengapa? Agar tetap dijadikan sumber informasi yang ideal untuk dikunjungi oleh para pengguna sesaat membutuhkan jawaban atas apa yang menjadi kebutuhannya. Disamping itu, platform web log yang ada saat ini semakin memudahkan unggah konten dapat dilakukan hanya dengan beberapa klik saja.

 

Sementara keharusan adanya konten generik, mengakibatkan web blog menjadi alternatif mendapatkan informasi, sehingga harus terus disajikan dengan hal yang baru. Tidak hanya memuat konten tulisan saja, situs blog juga dapat memuat foto, grafik, seni, audio, musik, video bahkan animasi. Semuanya dapat dijadikan sebagai media pemasaran online yang efektif untuk menarik perhatian dan melibatkan target audience atau pelanggan potensial.

 

Menarik dibaca: Strategi Ahli Digital Marketing untuk Menguasai SEO

 

Lalu, hal apa saja yang penting diketahui dan dijalankan untuk memenuhi kriteria internet marketing? Berikut penjelasannya.

 

1) Membuat Blog Post

Blog post mengacu pada sebuah konten yang diposting dan kemudian di share. Pada dinding blog, postingan terbaru akan selalu ditampilkan pada posisi teratas, sementara postingan yang sebelumnya akan berada dibawahnya. Namun, jangan kuatir karena kamu memiliki pilihan untuk menyesuaikan urutan pos yang akan ditampilkan berdasarkan prioritas atau keinginan kamu. Jadi, silahkan setting konten-konten tersebut sesuai dengan selera.

 

2) Ada Kolom Komentar

Fitur komentar menjadi salah satu kelebihan utama dari web log. Mengapa? Karena dengan adanya fitur ini, dapat menjadikan blog sebagai satu forum interaktif. Artinya, setiap pengunjung bisa meninggalkan komentar pada satu postingan dan melakukan percakapan atau diskusi dengan admin atau dengan pembaca yang lain.

 

Dengan kata lain, bisnis bisa mendapatkan umpan balik secara tentang produk atau layanan yang disampaikan melalui komentar. Nah, dengan menanggapi pertanyaan dan atau adanya masukan yang dibuat pelanggan melalui kolom komentar pemirsa, maka kamu dapat membuat strategi baru untuk menjangkau target calon pelanggan sesuai masukan yang sudah mereka sampaikan.

 

3) Adanya Dashboard

Dashboard merupakan kontrol panel bagi admin yang bisa diakses oleh penulis atau admin pengelola web log. Admin bisa mengubah tampilan dan nuansa blog, mengatur tulisan, mengulas komentar, dan membuat atau mengedit postingan langsung dari dasbor.

 

4) Adanya Category dan Tag

Dalam hal ini, anda dapat mengatur setiap entri blog dengan mengkategorikannya. Tagged keywords juga dapat disisipkan untuk setiap postingan yang akan memudahkan pengguna internet untuk menemukan topik atau produk yang sedang mereka cari melalui kolom pencarian. Artinya, tag merupakan kata kunci yang ikut membantu mesin pencari untuk menampilkan sebuah postingan yang dicari oleh pengguna internet.

 

5) Archive

Jika kamu adalah seorang content creator atau copywriting yang membuat konten secara konsisten, maka lama kelamaan blog kamu akan ‘overload’ dengan banyak postingan. Namun, pengguna bisa mengatur ulang posting lama dengan cara mengarsipkan.

 

Fitur archive ini bertujuan agar para pengguna dapat menelusuri arsip yang dibuat sesuai dengan tahun, bulan atau tanggal pembuatan. Tapi penting diingat, bahwa pencadangan dan penyimpanan yang benar dengan ‘metode pengarsipan’ harus dijadikan sebagai bagian dari prioritas kamu dalam mengelola blog sebagai media online marketing.

 

Baca juga: Belajar Pemasaran Online Bersama SilaenSeo

 

Agar kinerja pemasaran online lebih optimal, maka web log harus dioptimasi agar dapat menjangkau target pelanggan yang tepat. Salah satu aplikasinya adalah dengan membuat beberapa postingan konten secara konsisten dan berkualitas. Mengapa? Karena internet marketing digunakan untuk menarik traffic dan meningkatkan konversi melalui transaksi yang dilakukan di web blog.

 

Perihal mendapatkan traffic tinggi, bukan lah pekerjaan yang mudah apalagi bagi seorang digital marketing pemula. Tapi, kamu tidak perlu kuatir, berikut akan saya (silaenseo.com) ulas cara mengoptimalkan kinerja web log untuk online marketing:

 

1) Menggunakan Domain yang Tepat

Domain yang pas sangat penting untuk ditemukan, dengan domain yang bagus akan semakin mudah untuk membentuk ‘brand’ atau nama dan judul produk. Terkait dengan hal ini, kamu harus cermat mempertimbangkan penggunaan nama domain yang ideal dan ‘bonafide’. Kriterianya sangat cocok dengan jenis industri yang dijalankan, apakah untuk online marketing makanan (kuliner), jual beli handphone, kesehatan, travelling, mobil, jasa, arsitek, asuransi, property, hiburan, pendidikan, atau berita jalan-jalan (traveling). Domain juga harus singkat, sederhana dan mudah diingat.

 

2) Memilih Platform Hosting yang Berkualitas

Saat ini, terdapat ratusan pilihan penyedia hosting yang bisa kamu pilih dan gunakan. Jadi jangan salah memilih perusahaan hosting yang tepat, tidak terlalu mahal, bonafide dan server yang handal.

 

Ada beberapa kasus, dimana usaha penyediaan hosting mungkin mencoba untuk memikat kamu dengan banyak tawaran yang menggiurkan. Jadi, harus tetap berhati-hatilah khususnya tentang biaya tersembunyi dan atau biaya perpanjangan yang mahal untuk berikutnya.

 

3) Tema Blog Harus User-Friendly dan Sederhana

Setelah selesai melakukan proses pembelian domain dan hosting, serta telah memutuskan menggunakan platform web log cms wordpress, maka selanjutnya kamu perlu memikirkan desain menarik. Mengapa? Karena ada ratusan tema dan template yang disediakan gratis dan atau berbayar. Jadi, kamu harus seletif memilih thames berdasarkan niche jenis bisnis.

 

Pemilihan template harus SEO responsif, agar memudahkan search engine menemukan dan menampilkan konten marketing kamu di halaman pertama.

 

4) Menggunakan Gambar Original

Bila konten kamu menyertakan gambar, jangan asal ambil gambar dari internet apalagi yang dilindungi oleh hak cipta. Untuk itu mending membuat sendiri ketika mengharuskan ada gambar di dalam sebuah konten yang akan di posting.

 

Penting diingat, upayakan untuk menciptakan identitas unik pada gambar yang kamu buat, terutama harus berkualitas bagus. Caranya bisa membuat grafik dengan menggunakan tool, seperti: photoshop, coreldraw, indesign, illustrator dan lain sebagainya.

 

5) Memposting Konten Original

Memposting konten bajakan (copy paste atau plagiat) adalah dilarang keras. Perbuatan ini akan mempengaruhi keaslian dan visibilitas web log internet marketing kamu. Selain itu, mesin pencari google akan menandai dan bahkan dimasukkan ke daftar hitam karena berisi konten hasil plagiarisme.

 

Jadi, penting untuk menyiapkan konten original dan memastikan untuk menggunakan kata kunci yang efektif dalam judul, tag header, tag deskripsi, dan di dalam setiap konten yang dibuat. Tujuannya agar lebih maksimal menggerakkan daya ungkit SEO ke posisi paling atas.

 

6) Pilih Plugin yang Pas

Saat ini ada banyak plug-in, tapi tidak semua plugin tersebut berguna untuk memaksimalkan kinerja website perusahaan bisnis, produk dan jasa. Untuk itu, kamu harus pintar dan cekatan memilih plugin yang tepat dalam menjalankan tujuan utama sebagai media internet marketing.

 

Plugin ini akan membantu kamu untuk mendapatkan traffic, menghasilkan kecepatan pemuatan halaman, SEO friendly, dan lain sebagainya. Namun bila menggunakan plug-in terlalu banyak dapat memperlambat kinerja web log dan membuatnya lebih rumit. Beberapa plugin yang bisa menambah traffic adalah: email subscribers, newsletters dan lain sebagainya.

 

Semoga apa yang sudah dibahas dapat bermanfaat dan keunggulan shared hosting untuk SEO pemasaran internet ini dapat diaplikasikan, sehingga bisa memaksimalkan kinerja pemasaran online atau digital marketing agar produk bisnis bisa terjual dan laris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *