Marketing Showroom Motor

Kiat Marketing Usaha Showroom Motor saat Pandemi

Pandemi Covid19 telah menimbulkan banyak permasalahan pada bisnis global. Mungkin, bisnis kamu salah satunya. Menyangkut bagaimana trik memasarkan penjualan sepeda motor (R2), baik secara cash maupun kredit di tengah ketatnya persaingan bisnis showroom motor yang menjamur di Indonesia. Lalu, langkah dan strategi apa yang bisa dilakukan agar usaha showroom motor tidak sampai tutup? Sebelum memberikan kiat atau tipsnya, ada beberapa informasi penting yang sebenarnya kamu perlukan. Dan untuk mengetahui kondisinya, kamu harus melakukan introspeksi dan atau research.

 

Ingat, usaha di bidang yang berhubungan dengan otomotif ini, sampai kapan pun sebenarnya memiliki prospek yang cukup baik dan cuan. Salah satunya tentu saja bisnis jual beli sepeda motor. Mengapa? Pasalnya usaha ini dipengaruhi penjualan motor pada bulan lalu atau bahkan tahun lalu, apakah sudah membukukan angka yang sangat besar dibanding periode sebelumnya. Kemudian melihat kecenderungan mobilitas manusia yang semakin tinggi dengan kendaraan roda dua sebagai alat transportasinya.

 

Sebagaimana diketahui, saat ini terjadi pertambahan jumlah pebisnis aplikasi transportasi online di berbagai kota-kota utama di Indonesia, baik untuk mobil maupun motor. Geliat bisnis taksi online dan ojek online ini merupakan pasar yang menjadikan usaha seperti jual beli motor semakin meningkat peminatnya. Lalu bagaimana strategi yang perlu dilakukan di tengah persaingan bisnis showroom motor yang menjamur akibat munculnya pebisnis transportasi online?

 

Marketing Showroom Motor

 

Pertama, kenali terlebih dahulu siapa target pasar kamu? Kalangan pribadi, lembaga atau perusahaan, kalangan menengah atau kalangan atas. Kalau kalangan menengah atau pun para driver transportasi online, maka pilih lokasi showroom motor yang sesuai dengan target pasar kamu, yaitu daerah-daerah yang sering dilintasi oleh orang-orang dari kalangan menengah. Seperti banyak orang yang lalu lalang, dan sebagai jalur antara pemukiman dan perkantoran.

 

Atau kalau kalangan driver, maka pilih lokasi showroom yang sudah terlayani oleh perusahaan aplikator. Sementara bila kalangan atas, maka pilih lokasi yang dekat dengan daerah pemukiman elit, pusat perbelanjaan mewah, di pusat kota. Jadi penempatan lokasi itu sangat penting untuk kesuksesan usaha jual beli motor kamu.

 

Kedua, menjalin kerja sama dengan leasing, seperti Adira, Oto, WOM, FIF, dan sebagainya. Sehingga kamu dapat menjual motor secara kredit, karena konsumen banyak juga yang ingin melakukan pembelian secara kredit.

 

Baca juga: Cara Mengembangkan Strategi Pemasaran Buat Bisnis

 

Ketiga, menjalin kerja sama dengan instansi-instansi (lembaga swasta dan pemerintah) atau perusahaan. Jadi bagi karyawan atau pegawai yang belum memiliki sepeda motor atau ingin membeli motor dapat mengambil di showroom kamu secara cash atau kredit.

 

Keempat, display showroom harus menarik dan terbuka, sehingga motor dapat terlihat dari luar, dan usahakan motor selalu dalam kondisi mengkilap dan bersih.

 

Kelima, adakan diskon atau promo di showroom kamu. Kegiatan ini tentu akan menarik konsumen untuk datang dan membeli motor di showroom Anda.

 

Keenam, beri layanan tambahan bagi pembeli. Misalnya, bila beli motor di showroom kamu, maka akan mendapatkan servis rutin juga di tempat kamu 5x berturut-turut.

 

Ketujuh, pastikan bahwa kamu dan atau karyawan selalu memberikan layanan yang ramah dan meyakinkan terhadap setiap pelanggan yang datang ke showroom.

 

Kedelapan, tawarkan kemudahan bagi pembeli yang akan tukar tambah motor lamanya dengan motor di tempat Anda.

 

Kesembilan, berupaya keras mempertahankan kepercayaan showroom kamu bagi para pembeli.

 

Kesepuluh, gencar melakukan promosi di media offline dan online. Berhubung saat ini sedang merebaknya virus corona, maka agar tidak bertentangan dengan program social distancing atau physical distancing dapat memaksimalkan pemanfaatan media sosial (facebook, instagram atau youtube) sebagai alat pemasaran digital. Bisa juga dengan bekerjasama dengan para blogger untuk membuat beberapa konten pemasaran standar SEO friendly untuk dimuat pada website showroom ataupun di blog milik para blogger tersebut.

 

Silakan dipraktekkan dengan pertimbangan yang matang. Semoga usaha showroom motor kamu semakin maju dan omzet pun meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *