Personal Blog Internet Marketing

Manfaat Blog Pribadi Untuk Internet Marketing

Alih fungsi blog pribadi (personal) menjadi blog internet marketing adalah wajar di era menjamurnya bisnis online. Mengingat salah satu tujuan aktif di dunia blogging adalah untuk mendapatkan penghasilan. Apalagi bila traffic tinggi, maka berbagai iklan produk dan juga banner perusahaan terpasang apik.

 

Artinya, blog pribadi sudah menjadi sarana pemasaran yang ditargetkan pelaku bisnis. Dan pelaku bisnis juga menyadari bahwa mereka membutuhkan tempat strategis untuk memasarkan nama (brand) perusahaan atau produk dan jasanya secara online.

 

Apalagi, kemajuan teknologi digital telah mendukung blog semakin bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk pebisnis online saja, melainkan juga bermanfaat bagi pebisnis offline. Beralihnya strategi pemasaran produk menggunakan media online, membutuhkan channel-channel digital marketing yang populer, mudah digunakan dan berbiaya murah, salah satu blog.

 

Memang sekarang ini membuat blog tidaklah sulit karena ada banyak alat bantuan (tools) yang bisa digunakan, misalnya autoinstal, plugin, dan sebagainya. Selain itu, biaya untuk domain dan sewa hosting relatif murah. Dengan budget Rp 300-500 ribu, kamu sudah bisa punya blog untuk setahun kedepan. Kamu pun siap menjalankan misi blog internet marketing.

 

Baca juga: Manfaat Digital Marketing Untuk Pengembangan Usaha

 

Lalu apa saja manfaat sebuah blog jika ingin membangun bisnis di internet? Sebagaimana diketahui, memiliki blog merupakan satu cara untuk menjalankan teknik digital marketing sebagai media pemasaran yang bekerja 24 jam dalam menjangkau pelanggan potensial. Sebenarnya, ada banyak adalah manfaat blog pribadi buat pemasaran online, diantaranya:

 

1) Mampu Mengedukasi Pasar

Blog sangat bisa kamu gunakan sebagai salah satu wadah untuk melakukan edukasi pasar yang sedang disasar. Contoh, saat ini kamu sedang memasarkan properti khusus bangunan gudang. Kau dapat melakukan edukasi tentang pentingnya gudang untuk keamanan stok barang dipasar. Nah, di blog pribadi ini kamu dapat membuat konten berupa artikel, foto atau video tentang manfaat gudang buat menjalankan bisnis, prosedur jual beli gudang, cara memilih gudang yang baik, atau desain gudang yang sesuai dengan konsep state of the art atau konsep kekinian.

 

Personal Blog Internet Marketing

 

Dalam kegiatan edukasi, kamu dapat menyelipkan promosi produk properti atas beberapa bangunan gudang yang sedang dijual atau disewakan.

 

2) Membangun Brand Awareness

Di dalam setiap konten yang kamu publikasikan di blog, bisa disiasati untuk mengenalkan brand. Tak hanya brand perusahaan, brand personal pun dapat dikenalkan dengan apik lewat blog.

 

Telisik juga: Pengertian SEO dan Manfaatnya Buat Pemasaran

 

Manfaat dan tujuannya agar para pengunjung mengetahui tentang profile perusahaan yang sedang dipromosikan dan juga siapa sosok penulis artikel yang terdapat di dalam blog tersebut. Artinya brand perusahaan dan atau pribadi dapat dibuat terkenal dan sangat kredibel.

 

3) Melakukan Misi Penjualan

Dengan adanya blog akan mempermudah langkah kamu dalam memasarkan produk, caranya dengan membuat sebuah halaman penawaran produk. Sehingga jika ada yang secara khusus ingin membeli produk, maka tiap calon pembeli dapat mengakses pada halaman penawaran.

 

4) Biaya Sangat Terjangkau

Dengan memiliki blog maka telah menghemat waktu, sehingga tidak perlu lagi muter mencari pelanggan. Artinya blog tersebut sudah menjadi sales marketing.

 

Selain hemat waktu, kamu juga akan hemat biaya sewa toko dan menghemat pengeluaran untuk gaji karyawan. Pasalnya dengan sebuah blog, kamu tidak membutuhkan karyawan banyak di bidang marketing. Sebab, dengan sebuah blog dapat menjangkau publik dari seluruh dunia. Walaupun kamu tinggal di Kalimantan Timur (Kaltim), tetap dapat memberikan pelayanan sampai ke DKI Jakarta, Sumatera Utara, Papua, Bali, Aceh, Pekanbaru, bahkan ke luar negeri.

 

Hal ini sudah saya (silaenseo) rasakan, dengan memiliki blog saya dapat memasarkan produk jasa digital marketing hingga ke luar negeri dan sudah pernah ada klien jasa SEO dari Malaysia dan Kamboja.

 

Semoga artikel ini, bisa bermanfaat bagi pemilik blog pribadi untuk dimanfaatkan sebagai blog pemasaran di internet, apakah sebagai sarana menjual produk atau menjalankan usaha jasa digital marketing. Salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *