Digital Marketing

Manfaat Digital Marketing Untuk Pengembangan Usaha

Teknologi digital dan internet telah banyak memberikan manfaat dan mengubah perilaku masyarakat, sehingga kepingin lebih praktis dan ekonomis menjalani hidupnya. Mulai dari aktivitas belajar secara online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) di rumah, rapat-rapat kantor dan perusahaan dengan online meeting (zoom meeting), bekerja secara virtual menggunakan berbagai aplikasi, hingga berbelanja secara online.

 

Kondisi ini merupakan tantangan besar bagi pebisnis dan entrepreneur untuk mulai mengubah ragam bisnis maupun pola pengembangan usaha, misalnya cara pemasaran. Jika, saat ini usahamu masih menggunakan cara-cara berjualan tradisional, maka sudah saatnya mulai belajar dan beralih teknologi pemasaran secara online yang mengedepankan digital marketing. Atau jika sebelumnya, usaha kamu masih menggunakan dua cara yaitu online dan offline, maka saat inilah waktu yang tepat mengalihkan seluruh strategi dan budget promosi.

 

Selain itu, ada fakta bahwa saat ini banyak konsumen yang melakukan berbagai riset online untuk menjawab pertanyaan maupun mendapatkan data tertentu. Kecenderungan lain, orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan sebagian besar sudah pernah berbelanja dan atau bertransaksi online.

 

Dari fakta tersebut, bisnis hari ini harus menjangkau konsumen hingga ke pelosok melalui saluran pemasaran digital. Sehingga langkah-langkah progresif dan inovatif harus terangkum sebagai satu alasan memakai digital marketing untuk memenangkan persaingan di SERP. Dalam catatan silaenseo.com, ada beberapa manfaat mengapa pebisnis banyak beralih menggunakan saluran online sebagai media pemasarannya, yakni:

 

1) Menjangkau Konsumen Lebih Banyak

Mungkin selama ini penjualan offline yang kamu dilakukan kurang efektif menjangkau konsumen yang selama, sehingga peningkatan penjualan kurang signifikan. Dengan digital marketing, maka memperluas target konsumen menjadi sangat mudah, dan spesifik. Kamu bisa menjangkau para pembeli potensial baru dari berbagai kalangan dan wilayah sesuai dengan target yang dipilih.

 

Digital Marketing

 

Selain itu, banyak platform yang bisa digunakan dalam melakukan penjualan online, mulai dari media sosial (medsos), marketplace, website atau blog, dan google my bisnis. Dari semua platform yang ada dan dapat digunakan, banyak fitur yang bisa membantu pebisnis dalam menetapkan kampanye iklan atas produk-produk secara tepat.

 

2) Mendongkrak Penjualan Secara Cepat

Pemanfaatan strategi digital marketing yang tepat, terkonfirmasi ada banyak perusahaan yang mampu meningkatkan penjualannya hingga berlipat ganda. Kamu bisa juga menambah daftar calon prospek atau calon konsumen (lead) dari kampanye yang sudah dilakukan melalui media digital. Lihat saja, keberhasilan marketplace hingga berkali-kali lipat, dengan tingkat konversi rata-rata mencapai 25%.

 

3) Lebih Terukur

Dalam iklan tradisional melalui surat kabar atau majalah, produsen sulit mengukur keberhasilan sebuah kampanye produk. Inilah kelebihan digital, semuanya serba terukur dan hasilnya kelihatan. Artinya, setiap strategi yang digunakan bisa diukur dan dipantau secara langsung efektivitasnya.

 

Analytics pemasaran digital dapat dipakai untuk membuat perkiraan dalam rangka menentukan target pemasaran yang sudah dijalankan apakah benar-benar berfungsi. Dengan mengukur kampanye pemasaran digital produk secara waktu nyata, kamu dapat melihat strategi mana yang berfungsi dan mana yang tidak (nihil). Kemudian, dari data yang ada dapat disesuaikan kampanye lanjutan untuk kesuksesan yang lebih besar. Selain itu, dari analytics digital marketing dapat diambil wawasan yang baru dari seluruh proses untuk meningkatkan kampanye produk di masa mendatang.

 

4) Menentukan Pembeli Ideal

Misalnya kamu adalah pengusaha cafe coffee di Jakarta, dan berencana memperluas jangkauan ke Medan dan Binjai. Untuk hal itu, kamu bisa menentukan kampanye dan sasaran berdasarkan karakteristik, seperti: rentang usia 15-35 tahun, berdasarkan hobi, berdasarkan pekerjaan, dan berdasarkan lokasi yang banyak ditempati generasi muda ‘milenial’.

 

Dengan pemasaran digital, kamu dapat memastikan bahwa konsumen yang tepat untuk melihat seluruh konten pemasaran (artikel, foto atau video) yang dimiliki. Penggunaan SEO atau Search Engine Optimization akan lebih memungkinkan kamu untuk menjangkau konsumen yang mencari website atau blog untuk konten dan topik yang relevan dengan bisnis yang sedang kamu pasarkan.

 

Sementara penggunaan SEM atau Search Engine Marketing dengan metode bayar iklan per klik, tampilan, dan iklan media sosial memungkinkan kamu menargetkan customer potensial yang paling mungkin tertarik membeli produk atau layanan berdasarkan pada informasi demografis dan karakteristik umum.

 

Baca juga: Strategi Ahli Digital Marketing untuk Menguasai SEO

 

5) Hemat

Fakta di era digital ini, bahwa platform digital marketing yang digunakan mampu menunjukkan bagaimana para pengusaha kecil (sebut UKM atau UMKM) kini sudah mendapatkan banyak keuntungan dari pemasaran digital yang dijalankan. Selain itu, terjadi efisiensi biaya yang ada pada promosi-promosi yang dikembangkan untuk usaha mereka.

 

UMK dan UMKM yang dimaksudkan disini adalah usaha atau perusahaan yang memiliki sumber daya terbatas, terutama dalam hal keuangan dan tenaga kerja. Pemasaran digital kemudian bisa membantu pemilik usaha, tidak hanya menghasilkan generasi dan konsumen baru, namun juga membantu menghemat pengeluaran pengusaha pada channel-channel marketing.

 

6) Menjangkau Pengguna Mobile (Smartphone)

Pemasaran digital membawa telah membawa pengusaha dan entrepreneur memasuki area pasar raksasa, dimana kegiatan pemasaran melalui perangkat mobile telah menghasilkan hingga di atas 50% dari keseluruhan traffic organic. Ratusan juta pengguna internet di Indonesia, 80-90% mengakses informasi di internet adalah melalui handphone atau telepon genggamnya. Fakta ini menjadi pasar yang sangat potensial untuk mengembangkan usaha tanpa batas lokasi.

 

7) Membantu Bersaing dengan Perusahaan Besar

Banyak merek terkenal dan usaha yang sudah maju saat ini saling bersaing dengan campaign digital marketing mereka. Para pengusaha maupun entrepreneur menggunakan bermacam-macam saluran termasuk display, iklan video, pengguna media sosial, website perusahaan dan personal blogs hingga pencairan di halaman google.

 

Salah satu manfaat digital marketing yang arahnya tepat juga memungkinkan perusahaan ‘kelas’ skala kecil dan menengah untuk bisa bersaing dengan perusahaan besar sekelas unicorn dan decacorn. Kuncinya adalah strategi dan taktik kampanye produk yang tepat, bahkan dengan menggunakan berbagai kata kunci di pencarian termasuk yang digunakan pesaing itu sendiri.

 

Mesin pencari google atau search engine optimization (SEO) dan SEO lokal siap bekerja untuk membantu usaha kamu menjangkau pembeli yang lebih berkualitas secara online. SEO adalah taktik pemasaran digital kekinian yang sangat kuat dalam menawarkan berbagai manfaat untuk meningkatkan penjualan dan profit usaha.

 

Telisik juga: Ahli Digital Marketing Dengan SEO Lokal Medan

 

Dengan mengoptimalkan konten situs bisnis untuk mesin pencari, promosi kamu dapat bekerja untuk menjangkau lebih banyak pembeli online. Menggunakan kata kunci yang relevan sebagai tenaga marketing yang bekerja 24 jam dalam membantu menjelaskan penawaran produk atau layanan, baik dengan cara menerbitkan tulisan, gambar maupun konten visual marketing. Selain itu dapat juga membantu kamu membawa lebih banyak lalu lintas bertarget ke situs landing page yang dapat menarik pelanggan dan meningkatkan konversi seiring waktu.

 

Baca juga: Strategi Konten Visual Marketing Untuk Bisnis 2021

 

Kinerja SEO marketing tidak hanya bekerja untuk target bisnis nasional. Namun, ada banyak konsumen mencari perusahaan lokal secara online, dan pencarian ini pada akhirnya mengarah pada pembelian. Bahkan, dari pencarian untuk sesuatu produk di dekatnya ‘near me’ selalu berhasil menghasilkan pembelian. SEO lokal, atau mengoptimalkan situs web bisnis kamu untuk hasil pencarian lokal, juga bisa menjadi taktik pemasaran digital yang sangat berharga untuk bisnis yang beroperasi di lokasi geografis tertentu, seperti warung kopi, ahli mortir, restoran, jasa SEO, dan bisnis berbasis layanan lainnya yang berkembang di jaman internet ini.

 

Salam sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *