Marketing UKM dan UMKM

Manfaat Digital Marketing untuk UKM dan UMKM

Manfaat internet marketing dan beragam aplikasi digital turut andil menjadi penyebab perkembangan UKM dan UMKM tumbuh pesat. Pelaku bisnis di sektor ini dapat lebih leluasa untuk pengembangan bisnis menjangkau konsumen potensial, baik lokal, nasional maupun luar negeri.

 

Tak ayal, penggunaan teknologi digital untuk mendukung internet marketing sudah menjadi kebutuhan utama dalam hal menjual produk-produk UKM dan UMKM. Apalagi, kondisi pandemi virus covid-19 yang menyerang banyak daerah di Indonesia menyebabkan mobilitas siapa saja semakin terbatas, sehingga lebih banyak beraktivitas WFH dan menghabiskan waktu di rumah. Jadi, wajar bila saat ini banyak kegiatan pemasaran dilakukan dengan menggunakan sosial media, situs marketplace, website usaha atau blog pribadi, google ads, facebook ads, twitter ads, content placement, dan lain-lain.

 

Artinya, di era hiruk pikuk industri 4.0 sangat memungkinkan digital marketing menjadi andalan bagi para pelaku bisnis bagi UKM dan UMKM dalam mengembangkan usahanya dengan kondisi seperti saat ini. Selain ada banyak keuntungan digital marketing hingga tidak sedikit perusahaan yang menggeser periklanan konvensional ke digital.

 

Dalam catatan saya (silaenseo.com) sedikitnya ada 6 manfaat nyata dari penggunaan digital marketing yang dapat membantu bisnis kamu berkembang dengan cepat, yaitu:

 

1) Mampu menjangkau pasar secara online

Kehadiran jaringan internet yang dapat di akses pada penjuru negeri, tengah menjadi andalan bagi para konsumen untuk menemukan berbagai produk yang dicari. Sebagaimana diketahui, setiap tahun pengguna internet terus bertambah hingga terbuka peluang dan memberi kesempatan besar bagi para pelaku bisnis untuk memperkenalkan dan memperdagangkan produk nya kepada publik. Internet telah memungkinkan bisnis siapa pun dapat terhubung dengan konsumen secara cepat dan luas, serta 24 jam.

 

Menelisik: Pelaku UKM Medan Masih Kesulitan Memasarkan Produknya

 

Dinamika yang terjadi, dimana sebagian besar konsumen kini lebih memilih internet sebagai sarana untuk menemukan produk yang dicari. Nah, ketika konsumen mengenal produk UKM dan UMKM atau layanan jasa yang lain, maka besar kemungkinan mereka bisa membeli atau berkonsultasi secara langsung melalui gadgetnya ketimbang harus datang ke tempat yang berpotensi membuatnya menjadi ragu dan terkena macet.

 

2) Mudah menemukan konsumen sesuai dengan target yang direncanakan

Melalui digital marketing, bisnis yang kamu tawarkan dengan mudah menjangkau konsumen yang tengah mencari produk sesuai dengan keinginan. Dengan begitu, pebisnis akan lebih mudah untuk meningkatkan konversi penjualan produk atau memberikan pelayanan jasa kepada publik melalui internet.

 

Marketing UKM dan UMKM

 

Dengan teknik internet marketing pula, UKM dan UMKM dapat melayani semua pelanggan tanpa langsung bertemu, sehingga jauh lebih efisien dan meminimalisir terkena virus corona. Apalagi dengan kondisi jalanan yang rawan macet seperti saat ini, tentu akan membuang waktu lebih banyak di jalan. Nah, ranah pemasaran di internet membuat pelaku bisnis UKM dan UMKM bisa memberikan pelayanan kapanpun dan di manapun secara real-time dan jauh lebih efisien dan ekonomis.

 

Baca juga: Blogger Medan Siap Memasarkan UMKM di Sumut

 

3) Peluang mendapatkan posisi strategis dalam persaingan bisnis

Baik perusahaan besar maupun pelaku bisnis UKM dan UMKM atau usaha lainnya, memiliki kesempatan yang sama dalam ranah digital untuk bersaing di pemasaran via internet. Kanal yang menawarkan jasa periklanan sama-sama memberikan layanan terbaik mereka bagi siapapun yang menjadi client nya.

 

Promosi dan pemasaran dapat lebih dimaksimalkan untuk menggaet konsumen sebanyak-banyaknya dari search engine, misal google, bing dan yahoo. Seperti menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization) agar memudahkan langkah mendapat posisi paling atas di halaman pertama google.

 

Dengan begitu, bisnis UKM atau UMKM yang kamu miliki mempunyai peluang yang sama pula untuk mendapatkan posisi yang setara dengan perusahaan ternama (brand besar).

 

4) Dapat meningkatkan profit bisnis

Salah satu faktor berkembang pesatnya bisnis di internet saat ini adalah karena fitur transaksi berbasis digital dan online. Pasalnya, karena kemudahannya mampu meyakinkan dan menarik perhatian banyak konsumen terhadap produk tertentu. Bahkan, ketika bisnis yang kamu jalankan masih dalam tahap perkembangan dan atau baru memulainya, sangat memungkinkan digital marketing membuat produk kamu banyak dicari dan dibeli oleh konsumen dari seluruh penjuru dunia. Tentu saja, itu akan membuat bisnis UKM/UMKM mu mendapatkan lebih banyak profit jika dibandingkan menjalankan pemasaran secara offline.

 

5) Memudahkan dalam melakukan evaluasi produk dan tindak lanjut strategi pemasaran

Internet merupakan akses terbuka, dimana bisnis UKM dan UMKM dapat terhubung oleh berbagai portal secara online. Ketika bisnis ditampilkan bersamaan dengan bisnis lainnya, tentu secara komprehensif dapat melihat kelebihan dan kekurangan pada bisnis yang dijalankan.

 

Baca juga: Pemasaran Online Untuk Bisnis Fashion

 

Dengan begitu, para pengusaha, entrepreneur dan marketer bisa melihat kekuatan dan kelemahan untuk selanjutnya dapat menjadi bahan evaluasi untuk menjalankan strategi ke depannya. Apakah ada fitur atau layanan yang harus di perbaiki, perlukah menambah produk baru, strategi pemasaran yang seperti apa lebih efektif, dan lain sebagainya.

 

6) Bisnis terlihat jauh lebih profesional

Di era internet seperti sekarang ini, bisnis yang tidak terlihat di portal-portal online tentu akan dicap sebagai bisnis yang tertinggal. Hal ini tak hanya menyulitkan produk untuk dijangkau konsumen, melainkan bisnis UKM atau UMKM kamu seolah-olah tidak memiliki kredibilitas yang cukup baik di mata konsumen maupun pelanggan.

 

Perpaduan menggunakan teknologi canggih untuk menghasilkan produk unggulan yang berkolaborasi dengan internet marketing sangat penting untuk menjadikan bisnis yang dimiliki terlihat lebih profesional dan kekinian.

 

Baca juga: Manfaat Digital Marketing Untuk Pengembangan Usaha

 

Semua manfaat diatas akan kamu dapatkan ketika bisnis yang dijalankan sudah menggunakan digital marketing sebagai media pemasaran yang akan membuat bisnis mu berkembang jauh lebih professional. Apalagi era teknologi canggih ini, selalu menuntut banyak hal yang berorientasi pada channel serba digital. Dengan begitu, UKM dan UMKM siap bersaing dan memenangkan persaingan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *