Manfaat Internet Marketing di Bisnis Hotel

Manfaat Internet Marketing Agar Bisnis Hotel Berkembang

Pertumbuhan jumlah pengguna internet yang semakin besar, membuat industri perhotelan di Indonesia harus mengakomodir penggunaan hotel internet marketing agar bisnis cepat berkembang dan okupansi terus meningkat. Sudah jadi fakta, generasi yang hidup di zaman ini sangat ketergantungan dengan internet dan dunia digital. Karena itu, manfaat internet harus bisa dirasakan dalam hal membuat bisnis hotel berkembang pesat.

 

Kondisi diatas, telah memicu pemilik usaha hotel dan pelaku pemasaran digital hospitality melakukan terobosan pemasaran yang efektif mendatangkan customer sebanyak-banyaknya dari internet. Pemasaran semacam ini sering disebut dengan hotel internet marketing, digital marketing hotel, online marketing hotels.

 

Pada dasarnya pemasaran menggunakan internet marketing dengan pemasaran konvensional, seperti pasang iklan adalah hampir sama. Hal yang membedakan hanya terletak pada media yang digunakan untuk pemasaran.

 

Baca juga: Strategi Online Marketing Untuk Hotel dan Penginapan

 

Dalam hotel internet marketing ini, tentu sangat banyak sekali keuntungan yang didapat. Misalnya, kamu bisa mempromosikan produk hanya dengan beberapa puluh ribu rupiah saja sudah langsung dapat menjangkau ribuan dan bahkan bisa jutaan orang di seluruh wilayah Indonesia bahkan dunia. Kemudian, jenis pemasaran internet ini tidak ada batasan tempat dan waktu, sehingga kamu bisa memasarkan produk (barang dan jasa) kepada siapa saja sepanjang terhubung dan atau menggunakan jaringan internet.

 

Dalam catatan saya (silaenseo.com), ada beberapa contoh internet marketing untuk bisnis hotel dan penginapan (villa, homestay, motel, guest house, dan lain sebagainya) yang dapat sangat efektif kamu gunakan untuk melakukan strategi pemasaran produk, yaitu:

 

*) Sosial Media (Facebook, Youtube, Twitter, Instagram, Linkedin, dll);
*) Mesin Pencari (Ask, Baidu, Bing, DuckDuckGo, Google, Yahoo, Yandex, dll);
*) Marketplace (Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Olx, dll);
*) Email Marketing, Video Marketing (Youtube, Vidio, dll);
*) Forum Jual Beli;
*) Guest Posting, Content Placement (Blog, Forum Komunitas Online, dll);

 

Nah, kamu tinggal pilih saja dari keenam contoh diatas, media mana kira-kira yang cocok digunakan dalam pemasaran hotel dan juga memasarkan produk-produk terkait dunia tour and travel maupun aktivitas traveling melalui media internet.

 

Tahapan Memaksimalkan Kinerja Hotel Internet Marketing

Setelah kamu mengetahui pemasaran mana yang cocok dan efektif dijalankan sebagai satu strategi internet marketing di bisnis hotel dan penginapan, maka selanjutnya adalah tahapan memaksimalkan nya agar bisnis cepat berkembang dan manfaatnya dapat diperoleh. Adapun caranya dengan:

 

1) Membuat Konten Menarik dan Kualitas Terbaik

Untuk memuluskan hal ini, kamu bisa membuat konten (artikel, foto dan video) di media sosial (medsos) atau juga di website perusahaan atau blog pribadi (person) yang kamu miliki. Tapi, buat lah konten yang berkualitas dan menarik yang membahas tentang produk-produk di bisnis perhotelan (misal room, menu makan dan minuman di restoran, destinasi wisata, fasilitas hotel, pelayanan karyawan, dll). Sehingga akan banyak orang yang tertarik dengan konten dan atau produk setelah melihat dan membacanya.

 

Menelisik: 20 Travel Blogger Indonesia Terbaik di Google

 

Ingat, dengan semakin banyak orang melihat konten yang di buat dari yang sudah di posting, maka akan semakin mudah pula untuk mendapatkan pelanggan atau penikmat jasa dari produk bisnis perhotelan kamu. Konten yang di buat bisa berupa video, gambar dan tulisan menarik mengenai produk terkait bisnis hotel di website.

 

Tapi, penting dipahami bahwa konten berkualitas dan menarik ini harus memiliki kata kunci (keyword) tertentu. Fungsi kata kunci ini adalah untuk mempermudah pengguna internet menemukan konten dari hotel kamu saat melakukan penjelajahan menggunakan mesin pencari. Dengan penempatan kata kunci yang pas dan yang dibutuhkan pengguna internet, maka peluang untuk ditampilkan oleh mesin pencari di halaman teratas menjadi sangat besar.

 

Manfaat Internet Marketing di Bisnis Hotel

 

Tapi, target kata kunci ini penting diawali dengan melakukan riset dan didukung pada penggunaan teknik dan tips SEO (search engine optimization) yang pas. Hal itu akan meningkatkan trafik yang masuk ke website/blog bisnis perhotelan milik mu. Peluang mendapatkan customer yang akan menikmati kamar dan fasilitas hotel pun akan semakin besar pula.

 

2) Menggunakan Media Online

Promosi dengan menggunakan media online bisa dilakukan dengan email marketing, twitter ads, facebook ads, linkedin ads, instagram ads, msn ads, dan google ads. Namun, untuk mendapatkan fasilitas ini kamu harus mengeluarkan sedikit biaya untuk beriklan.

 

Baca juga: Menelisik SEO Spesialis Buat Travel Blog

 

Meski berbayar, jangan khawatir karena dengan promosi ads atau beriklan melalui media online diatas, kamu tetap mendapatkan keuntungan. Mengapa? Karena akan mendapatkan database secara lengkap dari orang yang sudah melihat iklan. Misalnya, konten apa yang paling banyak dilihat atau dibaca, dari area mana mereka datang, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat membangun database pelanggan melalui iklan ini.

 

3) Membangun Database dari Iklan

Setelah kamu mulai menerapkan iklan di media sosial, maka otomatis akan mendapatkan banyak sekali data orang-orang yang mengklik iklan yang kamu pasang. Sehingga, data-data ini akan tersimpan ke database. Nantinya, database ini bisa kamu olah dengan melakukan follow up atau juga bisa melakukan iklan lanjutan setelah dilakukan evaluasi.

 

Saat kamu sudah memiliki database yang real visitor, maka beriklan dengan cara yang lebih spesifik akan lebih efektif kedepannya. Sehingga biaya yang dikeluarkan pun sedikit dan tepat sasaran. Dengan begitu, pelanggan dan penikmat produk-produk pada bisnis hospitality akan semakin meningkat. Ketika kamu sudah mempunyai database, maka dapat dikolaborasikan dengan menggunakan email marketing untuk strategi mempromosikan dan memasarkan bisnis ke banyak user.

 

4) Menciptakan Brand Awareness dan Okupansi pada Hotel

Dengan menggunakan tahapan-tahapan diatas, hal yang menggembirakan dimana kamu dapat membangun brand awareness dari bisnis perhotelan atau perusahaan terkait travel maupun pariwisata. Tentunya untuk membangun branding yang kuat kamu perlu membuat konsumen percaya dan ingin terus berlangganan dengan produk-produk yang disediakan oleh hotel.

 

Tahapan membangun brand awareness ini dapat dilakukan dengan penyebaran iklan online atau juga dengan database yang sudah dimiliki sebelumnya. Ketika kamu sudah memiliki brand awareness yang kuat dan kokoh, maka sudah dekat dengan konsumen. Adanya kepercayaan dari customer ini merupakan hal yang sangat menguntungkan dan sesuai dengan tujuan bisnis perhotelan yang kamu bangun dan rintis.

 

Menelisik: Cara Promosi Blog Internet Marketing Agar Trafik Meningkat

 

Tak hanya itu, dengan adanya awareness ini maka ketika kamu menjual produk dan memasarkan kamar hotel dalam jenis paket apapun akan mudah bahkan tanpa melakukan strategi pemasang iklan. Hal ini sangat menguntungkan dan okupansi hotel akan meningkat atau setidaknya stabil meski saat tidak musim liburan.

 

Pasca kamu mengetahui cara yang dapat dilakukan dalam strategi (online, digital, internet) marketing, tentu melakukan pemaksimalan pemasaran dan menjalankan promosi ke media internet menjadi sangat mudah dilakukan oleh siapa saja dan hasilnya juga cukup menyenangkan. Tapi, kembali kemampuan kamu untuk mendesainnya agar semakin efektif dan efisien untuk membuat bisnis hotel berkembang dengan cepat dan menghasilkan keuntungan besar.

 

Jadi, tidak ada salahnya untuk menjalankan strategi modern marketing dalam pemasaran bisnis perhotelan di era milenial ini. Ingat, persaingan usaha hospitality sangat pesat dan jangan sampai tidak ada pengunjung yang menyewa kamar hotel karena kurang dikenal oleh masyarakat pengguna internet yang semakin kreatif dan progresif mencari informasi seputar hotel dan traveling.

 

Baca juga: Manfaat Blog Pribadi Untuk Internet Marketing

 

Semoga yang dibahas ini dapat bermanfaat dan memotivasi kamu untuk melancarkan aksi memasarkan kamar hotel dan atau mempromosikan seluruh fasilitas yang terdapat di dalam hotel (interior, eksterior dan layanan ramah) untuk bisa dirasakan para pengunjung. Semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *