Pemasaran Firma Hukum

Pemasaran Internet Firma Hukum

Internet marketing firma hukum dan jasa lawyer Indonesia terus berkembang mengikuti dinamika perkembangan teknologi digital yang disinkronkan dengan bisnis kepengacaraan internasional. Sebagaimana diketahui, bisnis terkait bantuan hukum menjadi salah satu bidang usaha jasa yang semakin marak dan lagi tren, khususnya di dunia online.

 

Hal itu disebabkan layanan kepengacaraan adalah salah satu jenis usaha yang paling lama dilakukan oleh manusia modern. Dan semakin terbantu pemasarannya dengan hadirnya jaringan internet dan munculnya handphone canggih.

 

Bila ditelusuri, perkembangan bisnis firma hukum dan advokat di dunia online diawali munculnya situs law firm maupun law preneurship blog yang banyak digunakan masyarakat untuk membantu menyelesaikan masalah hukum atau perkara lain yang melingkupi. Situs law firm ini merupakan satu aplikasi online yang dapat digunakan melalui laptop dan handphone untuk menjawab perkara hukum, pemesanan jasa bantuan hukum dan jasa konsultasi hukum lainnya.

 

Pemasaran Firma Hukum

 

Biasanya aplikasi (apk) inilah yang kemudian banyak menyerap pengguna layanan, baik dari end user maupun industri kepengacaraan itu sendiri dari berbagai penjuru dunia. Terkait hal itu, maka para pengusaha di bisnis firma hukum harus berpikir keras untuk menemukan taktik dan trik untuk memasarkan usahanya agar semakin dikenal masyarakat pengguna internet hingga terjadi peningkatan jumlah klien dan kasus yang ditangani.

 

Strategi Pemasaran Online Untuk Firma Hukum

Memasuki ‘perang’ law firm yang diluncurkan banyak negara di era persaingan bebas, maka setiap tahun banyak program terkait jasa hukum ter-update. Tentu update informasi dan promosi firma hukum ini dirancang menjadi paling baru dan seru untuk memenangkan persaingan. Tak ketinggalan, update ini di baluri berbagai strategi pemasaran online penjualan jasa hukum dan jasa advokat dengan mencantumkan seluruh fasilitas pendukung yang super mewah dan dengan pengalaman menangani perkara.

 

Hal itu dimungkinkan terjadi, karena semakin banyak hadir channel-channel yang memudahkan siapa saja khususnya para digital marketers mengembangkan dirinya untuk meningkatkan daya ungkit pemasaran law firm terutama hukum bisnis lokal perkotaan

 

Dalam catatan dan analisa saya (silaenseo.com) ada beberapa channel populer yang kemudian di desain sebagai satu strategi terbaru yang bermanfaat sebagai alat kampanye atas produk-produk jasa firma hukum, diantaranya:

 

a) Membuat konten seputar dunia ilmu hukum yang berkualitas dan sangat menarik;

b) Video yang berkarakter dan mampu mendominasi di internet;

c) Micro content marketing dan lawyer;

d) Email marketing;

e) Mobile marketing;

f) Memaksimalkan media sosial (medsos);

g) Geo marketing;

h) Content placement;

 

Sebenarnya kedelapan point update strategi marketing online secara prinsip bisa digunakan pada berbagai bisnis yang mengandalkan jaringan internet sebagai channel marketing. Maksudnya tak hanya untuk bisnis firma hukum saja, usaha fashion, kuliner, ojol, hotel dan penginapan, jual souvenir dan sebagainya bisa juga menggunakan kedelapan point strategi yang terkait dengan online marketing ini. Yuk, ikuti saya agar tak ketinggalan pembahasan.

 

*) Konten berkualitas

Dalam dunia internet marketing, para marketer dan blogger telah mengakui bahwa konten adalah raja. Karena itu, banyak orang yang belajar dan mencari tahu bagaimana cara membuat konten berkualitas dan sangat menarik audience yang merupakan calon pelanggan jasa firma hukum.

 

Secara teori dan praktek, konten (baik artikel, gambar dan video) dijadikan sebagai bahan terpenting untuk pemasaran digital. Seorang marketing law firm harus memiliki banyak konten untuk ditayangkan dan selanjutnya mudah ditemukan pencari jasa bantuan hukum dari halaman mesin penelusuran, misalnya bing, yahoo, google.

 

Menelisik: Strategi Marketing Jasa Advokat dan Law Preneur

 

Tentunya, seluruh konten yang telah dipersiapkan atau yang sudah di posting pada blog official firma hukum ada kaitannya dengan kegiatan lawyer, misalnya surat perjanjian (kontrak) bisnis, pelayanan hukum, pengalaman menangani kasus litigasi dan non litigasi, dan lain sebagainya.

 

Selain konten-konten utama diatas, penting juga dipersiapkan berbagai konten turunan terkait hukum, misalnya tata cara mengajukan gugatan, membuat kontrak, format surat kuasa, cara persidangan yang baik, contoh format gugatan perselisihan hubungan industrial (phi), perjanjian kerja, kegiatan seminar hukum, atau juga bisa event-event khusus yang terkait dengan masalah hukum (perdata, pidana, perceraian, hukum pertambangan, harta bersama atau gono gini, korupsi, dan sebagainya.

 

Konten-konten marketing turunan yang dibuat dan diposting tersebut sangat erat kaitannya dengan segmentasi pasar bantuan hukum yang dibutuhkan masyarakat. Juga dengan beberapa produk hukum, misalnya buku, toga, kode etik advokat, atau harga konsultasi. Tentu, bagaimana cara membuat konten yang menarik dan berkualitas harus lah dipelajari dan langsung dipraktekkan. Atau kamu bisa pesan atau beli artikel melalui jasa penulisan konten atau ahli menulis artikel pemasaran.

 

Terkait teknik dan tips membuat konten berkualitas dan menarik audiens, maka agar dapat dijadikan rujukan adalah dengan cara melakukan riset sederhana terhadap kata kunci (keyword) yang akan disertakan dan atau menjadi target dalam konten tersebut. Riset kata kunci ini wajib kamu lakukan karena salah satu faktor penting untuk konten, terutama dalam bentuk artikel yang nantinya akan di post pada website resmi milik firma hukum atau blog pemasaran online pengacara.

 

Selain untuk keperluan mengisi website, kata kunci ini dapat menjadi tema utama (niche) untuk produksi foto atau video yang juga nantinya akan di post di media sosial (medsos), seperti youtube, instagram, twitter dan facebook. Upayakan kata kunci tersebut memiliki volume pencarian yang cukup tinggi, sehingga kedepan traffic secara signifikan meningkat kinerja digital marketing melampaui kompetitor.

 

*) Video yang mendominasi di halaman internet

Saat ini, manfaat dan peran video marketing sebagai salah satu strategi pemasaran online firma hukum sudah dirasakan sangat penting. Hal ini disebabkan materi visual dalam bentuk video akan memberikan gambaran yang lebih jelas dan nyata untuk calon pelanggan. Terlebih lagi, sekarang ini jumlah orang yang mengakses video melalui channel youtube semakin hari semakin meningkat.

 

Adanya peningkatan jumlah penonton video yang belakangan ini sangat drastis, telah membuat pemasaran dengan materi video akan lebih mudah menjangkau mereka. Selain saluran youtube, masih ada medsos instagram sebagai wadah konten video hukum bisa diupload.

 

*) Micro content

Micro content marketing atau konten pendek berisi informasi dari kantor firma hukum adalah sebuah bentuk konten (baik artikel maupun video) yang bisa dibaca atau ditonton dalam durasi singkat. Bentuk konten seperti ini terjadi diawali oleh perkembangan media sosial dan perangkat selular, yang turut membentuk perilaku baru audiens yang membutuhkan bacaan singkat, cepat dan padat. Selain itu juga perkembangan ini membentuk gaya konten baru, misalnya penggunaan IG stories dengan resolusi seluler 9:16.

 

Salah satu contoh implementasi micro content untuk strategi pemasaran online lawyer dan kantor hukum pengacara adalah menggunakan platform instagram stories untuk menunjukkan lokasi dan eksistensi firma hukum, bangunan kantor advokat, atau riwayat penanganan kasus yang sedang berjalan. Bisa juga dengan membuat sebuah konten di facebook dengan menunjukkan cerita atau testimoni singkat dari para pengunjung yang pernah berkunjung atau menjadi klien.

 

*) Email marketing

Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran online yang cukup tua dan hingga saat ini masih banyak yang menggunakan. Salah satu keuntungan dari email marketing adalah kemampuan memberikan link yang mengarah ke website official secara personal selaku advokat.

 

Nah, mengingat email adalah salah produk online yang paling personal dan wajib dimiliki sebelum membuat account online lainnya. Tips membuat sebuah email marketing yang profesional adalah dengan menambahkan gambar pada body email sebagai header, dan menyebut nama pelanggan pada title email tersebut.

 

Selain lebih personal, eksistensi email dengan bentuk nya terkesan lebih profesional dan proporsional. Dan untuk link, sebaiknya hanya menambahkan satu link saja agar tidak terdeteksi sebagai spam dan masuk ke halaman primer dari email tersebut.

 

*) Mobile marketing

Channel mobile marketing adalah jenis pemasaran multi-channel, dan target umum di era milenial sekarang adalah audiens digital. Mengingat pengguna selular sekarang telah beralih ke smartphone dan handphone canggih yang sudah memiliki banyak fitur digital unggulan di dalamnya. Target dari strategi pemasaran ini adalah para pengguna smartphone, tablet, atau jenis selular lainnya.

 

Pemasaran digital melalui seluler ini sangat support dalam bentuk website, email, sms atau mms, media sosial dan aplikasi modern lainnya. Mobile marketing sedikit banyak harus dikuasai seorang pemasar bisnis firma hukum mengingat hampir segala konten promosi yang didesain melalui komputer, kini bisa diakses melalui smartphone android dan ios. Contoh paling sederhana adalah membuat sebuah aplikasi pemesanan untuk melakukan konsultasi hukum di platform smartphone atau hp canggih lain.

 

*) Pemasaran media sosial (medsos)

Media sosial adalah tempat berkumpulnya calon-calon potensial untuk pemasaran produk apapun. Media sosial yang awalnya bertujuan sebagai media bersosialisasi, telah membuatnya cepat diterima masyarakat. Contohnya adalah instagram, twitter, facebook, dan youtube. Platform ini dikenal sebagai empat besar media sosial yang paling banyak penggunanya.

 

Brand lawfirm atau merek firma hukum juga telah melirik media sosial sebagai salah satu channel pemasarannya untuk menarik pelanggan. Mengapa? Karena, medsos bisa memberikan awareness terkait produk bantuan hukum maupun konsultan hukum yang sedang mereka luncurkan ke masyarakat. Contoh sederhana dari penerapan strategi pemasaran online untuk lawfirm adalah menampilkan pengalaman memenangkan suatu kasus atau strategi membuat gugatan perceraian untuk firma pengacara hukum perceraian. Atau bisa juga dengan memberikan tips beracara sendiri yang di post melalui media sosial yang dimiliki.

 

*) Geo marketing

Geo marketing atau pemasaran dengan basis data geografis cukup mudah dilakukan dengan adanya dukungan teknologi sekarang. Pada bagian ini, seorang pemasar law firm atau marketer jasa firma lawyer dapat menawarkan produk jasa nya pada target-target lokasi yang sudah ditunjuk sebelumnya, bisa bersifat lokal (misal nama kabupaten/kota atau provinsi, misal dengan memakai nama firma hukum perusahaan pertambangan) atau global misal negara-negara di benua asia, eropa, amerika, australia dan afrika.

 

Baca juga: Digital Marketing Medan

 

Selain dapat memberikan hasil yang lebih maksimal dan sesuai target berbekal basis data geografis, pemasar digital dapat memperhitungkan efektivitas kegiatan tersebut dari data yang sudah diperoleh dan dianalisa sebelumnya. Sehingga klien dapat meningkat pasca strategi ini digunakan.

 

Salah satu contoh strategi pemasaran online untuk advokat dan pengacara melalui geo marketing adalah menggunakan media sosial dan search engine. Seperti yang diketahui, pengguna sosial dan pengguna search engine (google) tersebar diseluruh pelosok dunia. Dan fakta ini membuat geo marketing menjadi mudah dan sangat favorit digunakan.

 

Tapi, agar dapat mendominasi geo marketing melalui search engine, maka setidaknya harus menguasai ilmu dan teknik SEO atau search engine optimization. Selain SEO, kamu juga harus mahir ilmu SEM atau search engine marketing, bisa dengan pasang iklan di google ads, facebook ads, twitter ads dan tiktok ads. Nah, dengan channel ini maka kampanye bisnis perusahaan, bisnis, barang dan jasa dapat berada di halaman satu (page one) google.

 

Baca juga: Eksistensi Jasa SEO untuk Pemasaran yang Optimal

 

Sebagai contoh sederhana, seorang pemasar firma hukum properti di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Dengan target peningkatan klien asing dari Amerika dan China ke lawfirm mereka. Dalam konteks ini, pemasar perlu membuat copywriting dengan bahasa Inggris dan China yang menunjukkan informasi firma hukum mereka, seperti: a) alamat; b) jam buka (open) 08.00-17.00; c) Telepon (call center); d) tim lawyer dan lingkup layanan hukum; e) dan lain sebagainya.

 

Kemudian copywriting diatas digunakan sebagai alat untuk memasarkan jasa bantuan melalui iklan berbayar di media sosial (medsos) maupun search engine (SEO dan SEM) dengan target warga di negeri Amerika dan China. Iklan yang ditampilkan ini hanya akan tayang di Amerika dan China, dan dengan ditambahkan parameter yang lebih spesifik lagi (misalnya kata kunci: lawyer medan), maka iklan yang terpasang akan diakses oleh mereka di Amerika dan negeri China yang mencari informasi pengacara/advokat di Medan atau Sumut. Teknik ini juga bisa dilakukan melalui media sosial dengan menambahkan ‘interest’ pada kolom audiens, misalnya ‘medan’, ‘lawyer’, ‘konsultan hukum’, atau ‘sumut’.

 

*) Content placement

Seiring meningkatnya jumlah pegiat lawyer blogger di Indonesia, maka bisnis jasa kepengacaraan dapat menggunakan strategi pemasaran melalui content placement untuk mengelola reputasi dan meningkatkan eksposur merek firma hukum. Manfaat dari strategi content marketing terkenal sangat progresif yang mampu meningkatkan atau membangun reputasi dan citra ‘diri’ perusahaan, yakni menggunakan platform publik milik para lawyer blogger.

 

Nah, dengan mempublikasikan konten pada media atau platform publik (website/blog) di luar website official law firm, maka akan memudahkan tercapainya ragam tujuan bisnis, seperti: meningkatkan trust, citra, traffic website, dan SEO (Search Engine Optimization). Content placement ini dapat berupa artikel, gambar, video, podcast dan lain sebagainya yang akan dilihat oleh khalayak luas.

 

Baca juga: Cara Membuat Konten Pemasaran Jadi Ranking Pertama di Google

 

Penting diketahui, content placement tidak melulu soal peningkatan kesadaran merek, ada hal hebat lain yang dapat diperoleh pengusaha law preneur melalui strategi digital marketing law firms jenis ini, yakni: a) SEO agar mendapat peringkat terbaik di halaman mesin pencari. b) mendapatkan backlink dari blog firma hukum Indonesia yang memiliki reputasi baik (page dan domain authority) dari situs otoritatif lainnya. c) meningkatkan traffic website dari artikel relevan dan kontekstual melalui tautan ke situs bisnis jasa hukum. d) meningkatkan kepercayaan konsumen melalui tab menu ruang berita di situs (tab As Seen On). Intinya penggunaan strategi content placement dapat membangun hubungan saling percaya dengan calon klien kamu.

 

Dengan ke-8 (kedelapan) strategi pemasaran online law firm diatas dapat diaplikasikan secara bersamaan untuk menemukan strategi mana yang paling ideal untuk menggaet customer atau client sebanyak-banyaknya. Kedelapan strategi dugital marketing firma hukum diatas bermanfaat juga untuk memberikan data tambahan yang real untuk selanjutnya dapat dikembangkan pada penggunaan strategi kedepannya.

 

Selain itu, kedelapan channel-channel ini dapat memangkas biaya marketing yang kurang efektif dan tidak tepat sasaran menarik klien. Semoga bermanfaat dan dapat memotivasi para pekerja di bidang internet marketing spesialis bisnis jasa hukum di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *