Pemasaran Bisnis Fashion Online

Pemasaran Online Untuk Bisnis Fashion

Saat ini bisnis fashion jadi pilihan terfavorit yang baik ditekuni oleh masyarakat. Teknik pemasaran juga sudah mengadopsi cara-cara digital marketing. Bahkan, banyak dikembangkan aplikasi jualan online tempat berkumpulnya para pebisnis fashion.

 

Latar belakang pedagang fashion tak pernah surut disebabkan fashion selalu jadi sebuah tren. Dimana, hampir setiap minggu akan akan ada tren fashion terbaru yang muncul dan dipromosikan melalui media online. Misalnya trend model baju terbaru untuk generasi milenial, model tas baru untuk traveling dan trip bisnis, atau model sulaman terbaru untuk hijab dan gamis, dan lain sebagainya.

 

Memang, menjalankan bisnis fashion secara online menggunakan channel digital marketing sangat menguntungkan. Pasalnya, jenis fashion merupakan kebutuhan primer yang harus dan dan dipenuhi oleh manusia, seperti baju, celana atau rok.

 

Namun, tak dipungkiri bahwa bisnis fashion online saat ini sudah mengalahkan bisnis fashion offline. Sehingga, mempromosikan dan memasarkan bisnis fashion melalui saluran online merupakan strategi dan cara yang tepat untuk dilakukan pengusaha, sales dan marketer.

 

Benar, saat ini ada banyak saluran online marketing yang bisa digunakan. Tapi, kamu harus tahu jenis saluran apa dan bagaimana yang paling dibutuhkan. Hal ini terkait dengan cara yang akan dilakukan, apakah nantinya memberi hasil efektif dan dapat meningkatkan penjualan.

 

Dalam catatan dan analisa saya (silaenseo.com), ada beberapa strategi pemasaran online yang pas untuk bisnis fashion yang sedang kamu rintis, yaitu:

 

a) Social media marketing

Saat ini pengguna media sosial (medsos) sedang booming. Berdasarkan data yang ada, jumlah pengguna aktif medsos di Indonesia terus meningkat. Nah, mengingat sebagian besar calon klien adalah pengguna media sosial, maka social media marketing merupakan salah satu strategi yang ampuh, efektif untuk mempromosikan bisnis fashion kamu menjangkau pasar yang aktif berkerumun di medsos.

 

Pemasaran Bisnis Fashion Online

 

Pada perkembangan terakhir, ada beberapa media sosial yang tren dan bisa kamu pilih dan gunakan, seperti instagram, twitter dan facebook. Tidak hanya mempertimbangkan jumlah pengguna, tapi kamu juga harus memilih media sosial mana yang sangat cocok untuk sarana promosi bisnis fashion kamu.

 

Seandainya target pasar adalah orang-orang berusia muda dan berjiwa milenial, maka instagram adalah pilihan yang tepat untuk kamu gunakan. Bila, target calon konsumen di rentan usia yang relatif lebih tua, maka gunakanlah media sosial facebook.

 

Baca juga: Cara Membuat Konten Pemasaran Ranking Pertama di Google

 

Tips promosi bisnis fashion menggunakan media sosial:

*) Riset konsumen;

*) Membuat goals atau tujuan yang tepat;

*) Analisis kompetitor;

*) Membuat konten yang relevan, berkualitas dan menarik;

*) Menentukan waktu posting yang tepat;

*) Memanfaatkan iklan ads;

*) Melakukan evaluasi;

 

b) Membuat email marketing

Email marketing salah satu saluran pemasaran yang cukup tua. Walau sebagian marketer ada yang menganggapnya sudah ‘jadul’ tapi menurut saya tetap efektif dan efisien digunakan. Artinya, saat ini pemasaran melalui surat elektronik tetap merupakan salah satu strategi yang efektif untuk membangun hubungan dengan pelanggan potensial yang lebih tertarget, bahkan dapat menjadikan mereka sebagai pelanggan setia.

 

Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk melakukan email marketing sangat murah, bahkan ada yang tidak membutuhkan biaya (gratis) yang penting ada paket internet. Proses pengerjaan email marketing dilakukan dengan cara mengirim email yang sudah dipersiapkan sebelumnya kepada banyak calon pelanggan dalam rentang waktu yang bersamaan. Tapi, bila memungkinkan, pengiriman email tidak dilakukan dengan menggunakan platform penyedia email (gratis) biasa, seperti gmail, microsoft, atau yahoo.

 

Untuk membantu kamu, saat ini ada beberapa tools yang dapat dipilih untuk melakukan promosi melalui email marketing, seperti: Mailchimp, BenchMark, atau VerticalResponse. Nah, ketiga tools ini, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi, pada intinya dapat membantu kamu untuk menyebarkan informasi terkait produk fashion.

 

Tips melakukan promosi fashion melalui email marketing:

*) Pilih platform yang tepat;

*) Membuat daftar email list;

*) Mempelajari segmentasi calon pelanggan;

*) Membuat konten berkualitas yang sangat menarik;

*) Menjalin komunikasi yang baik dan ramah dengan semua pelanggan dan atau calon pelanggan;

*) Melakukan evaluasi email marketing;

 

c) Mendaftarkan bisnis fashion pada berbagai marketplace

Strategi pemasaran dengan cara mendaftarkan bisnis fashion pada marketplace menjadi salah satu strategi yang banyak dipilih pengusaha, entrepreneur dan marketer. Cara ini sangat efektif, sehingga bisnis fashion kamu dapat lebih dikenal oleh banyak orang dan berpeluang besar mendapatkan lebih banyak pelanggan dari berbagai area.

 

Selain itu, marketplace juga sangat terkenal dapat memberikan kemudahan dalam hal berjualan online. Cukup hanya dengan mendaftarkan bisnis pada salah satu perusahaan marketplace tertentu, maka proses promosi akan dibantu oleh pihak pemilik situs marketplace.

 

Tapi, agar semakin efektif menjangkau pasar, maka kamu harus mendaftar di beberapa marketplace terkenal, seperti Tokopedia, Zilingo, Shopee, Zalora, Olx, atau Lazada.

 

Baca juga: Cara Promosi Blog Internet Marketing Agar Traffic Meningkat

 

Tips berjualan online di situs website marketplace:

*) Riset dan pahami produk fashion apa yang akan kamu jual;

*) Masukkan foto asli dengan kualitas terbaik;

*) Membuat keterangan produk secara detail (seperti harga, merek, model, ukuran, bahan, warna. Bila memungkinkan cara pembayaran dan pengiriman);

 

d) Membuat website usaha atau blog pemasaran proporsional

Jika berjualan online di situs marketplace mampu memberikan kemudahan dan keuntungan, namun penting diketahui bahwa berjualan di marketplace tidak menjamin kesuksesan bisnis fashion kamu dalam jangka panjang. Mengapa? Karena, kamu dan calon pelanggan juga akan menemukan persaingan harga yang semakin sengit antara sesama pebisnis fashion hingga membuat brand awareness bisa melemah.

 

Baca juga: Manfaat Blog Pribadi Untuk Internet Marketing

 

Terkait hal itu, bila memungkinkan dan adanya dukungan modal, maka sambil berjualan di website marketplace, kamu juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan media pendukung lainnya. Salah satu media yang tepat dan sangat efektif untuk bisnis fashion adalah website atau blog.

 

Dengan kamu membuat website atau blog pribadi khusus untuk pemasaran, maka hal ini akan membantu bisnis online kamu lebih sukses dalam jangka waktu yang panjang. Website dan personal blog juga akan mempermudah langkah dalam meningkatkan brand awareness, serta meningkatkan kredibilitas (kepercayaan) pelanggan maupun kolega bisnis.

 

Saat ini, membuat website atau personal blog marketing juga bukan hal sulit lagi. Meski kamu bukan seorang ahli di bidang tersebut. Tetapi, agar kamu dapat lebih fokus mengembangkan usaha dengan inovasi produk terbaru, maka sangat disarankan menggunakan agensi digital marketing yang menyediakan jasa pembuatan website yang sangat profesional dan SEO friendly.

 

Baca juga: Tips SEO Untuk Pemasaran Bisnis Online

 

Terkait website atau blog ini, kamu juga harus melakukan langkah-langkah optimasi berkelanjutan dengan menggunakan teknik SEO (search engine optimization) dan teknik SEM (search engine marketing). Tujuannya agar website/blog fashion menempati posisi paling atas di mesin pencari (bahkan memungkinkan menjadi ranking satu), sehingga menjadi sangat mudah ditemukan oleh para pelanggan. Selain itu, web/blog juga akan mendapatkan traffic tinggi setiap harinya.

 

e) Memanfaatkan influencer

Influencer marketing merupakan salah satu strategi yang sangat efektif mempromosikan suatu produk dengan memanfaatkan seorang influencer. Dimana influencer itu sendiri biasanya adalah seorang publik figur, artis, selebgram, youtuber, atau pun penggiat dunia blogging.

 

Adanya jasa dari influencer marketing ini akan sangat membantu kamu untuk menemukan lebih banyak mendapatkan calon pelanggan, meningkatkan kepercayaan pebisnis, serta menaikkan brand awareness bisnis fashion ke posisi lebih tinggi lagi.

 

f) Menggunakan foto asli dengan keterangan yang lengkap

Salah satu faktor kesuksesan bisnis fashion salah satunya terletak pada foto yang kamu gunakan ketika melakukan promosi dan atau pemasaran. Baik foto yang di upload ke media sosial, website/blog, atau bahkan di marketplace.

 

Oleh karena itu, gunakan foto produk sendiri (foto yang original, bukan foto yang diambil pada mesin pencarian atau foto milik orang lain). Bila memungkinkan, bisa dengan menyertakan model untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

 

Nah, dengan menggunakan foto yang original maka akan semakin meningkatkan rasa kepercayaan calon pelanggan untuk membeli produk yang kamu jual. Dan foto yang kamu gunakan, nantinya berpeluang besar direkomendasi untuk tampil di images pada search engine.

 

Menelisik juga: Eksistensi Jasa SEO Untuk Pemasaran Bisnis yang Optimal

 

Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan informasi yang lengkap mengenai produk yang kamu tawarkan di internet, seperti: harga, merek, model, ukuran, dan bahan dasar, dan informasi lain yang dibutuhkan calon pelanggan.

 

Semoga strategi/cara pemasaran bisnis fashion online ini bermanfaat dan dapat memotivasi kamu untuk menggunakan berbagai saluran promosi digital yang dapat mendongkrak penjualan dan branding produk menjadi semakin lebih baik lagi. Tapi jangan lupa untuk terus berinovasi dan menciptakan trik dan tips yang berkelanjutan untuk menjamin bisnis kamu memiliki prospek jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *