Pengaruh Blog dalam Tren Rekrutmen Perusahaan

Pengaruh teknologi digital dan metode marketing kekinian dalam fenomena industri 4.0 menjadi satu indikator blog dijadikan personal branding atau micro office untuk menjangkau pasar lebih luas, serta intens dilakukan. Dalam dunia HRD, tren rekrutmen karyawan atau pekerja juga mengalami pergeseran, di mana saat ini blog perusahaan dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menyampaikan informasi perekrutan ke dunia internet.

 

Seiring berkembangnya waktu, media digital dan internet menjadi hal yang tidak asing dan bahkan hampir dimiliki setiap orang yang hidup di bumi ini. Lihat saja di sekeliling kita, sebagian orang sedang asyik online dengan memegang smartphone, dan sebagian besar menjalin komunitas baru di media sosial (medsos). Harus disadari bahwa media dalam jaringan, apakah itu mencari informasi via blog, medsos atau media daring lain memiliki tren dan berkembang secara cepat mengikuti teknologi komunikasi terbarukan.

 

Bicara tentang media blog ini memang cukup menarik, pemilik dan pengelola blog secara terbuka melengkapi data diri selengkap mungkin secara suka rela lalu “dipublikasi” ke blog miliknya. Misal dibuat pada halaman “about us” atau “kontak kami”. Tidak hanya nama dan alamat email atau nomor telepon, namun sebagian pemilik personal blog juga memuat latar belakang pendidikan, pekerjaan, hobi, hingga link jalinan lingkungan pertemanan di medsos.

 

Sebenarnya, disadari atau tidak, pencantuman ini merupakan data-data yang sangat penting dan tentu bisa menimbulkan dampak tersendiri yang bisa digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hampir seluruh pengguna blog dan penggiat dunia maya menjadikan akun miliknya sebagai ruang pribadi secara online.

 

Baca juga: Saluran Terbaik Untuk Konten Perekrutan Karyawan

 

Meski ruang pribadi online ini bersifat bebas untuk membagikan konten apa pun (bisa tulisan, foto, dan video) dengan target tertentu atau siapa pun dan mereka bisa secara bebas juga menyampaikan apa yang hendak diperlihatkan pada dunia yang dikemas secara digital. Bahkan merembes pada pemanfaatan digital marketing untuk memperkenalkan produk lama dan produk terbaru.

 

Platform blog menjadi salah satu bukti dari terjadinya revolusi dunia blogging dalam proses berkomunikasi di era millennial. Melalui trend penggunaan blog, kita bisa bertemu dengan siapa-pun, mengirim pesan kepada siapa pun berbagi berbagai hal ke siapa pun, di mana dan kapan pun.

 

Tidak dipungkiri, perkembangan teknologi dan pengaruh dan peran blog merupakan suatu hal yang sangat erat hubungannya dengan kehidupan ekonomi dan bisnis saat ini, tak terkecuali dalam hal proses rekrutmen yang tren dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Bukanlah sesuatu yang mengejutkan, bila mendapati satu perusahaan yang punya brand terkenal menggunakan blog dan jaringan digital lain untuk menemukan kandidat/calon pekerja yang berbakat untuk perusahaannya. Bahkan, silaenseo.com melihat ada jenis pekerjaan yang dikhususkan untuk meneliti, merencanakan, hingga mengeksekusi media dalam jaringan yang disebut sebagai digital media officer.

 

Seturut dengan pekerjaan khusus di atas, dalam sebuah perusahaan ada menerapkan strategi yang biasa di istilahkan dengan Media Digital Qualification atau sebagian lagi disebut Media Social Qualification. Di mana sebelum menerima karyawan, perusahaan melakukan penelusuran rekam jejak aktivitas keseharian calon pegawainya melalui berbagai saluran digital yang terpublikasi di internet.

 

Di tahun 2021, tren pemanfaatan blog sebagai media promosi bagi perusahaan ini akan semakin berkembang, diawali dengan proses screening melalui platform populer kelas dunia, seperti blog lowongan kerja (web loker), LinkedIn, JobStreet, Facebook dan lain sebagainya. Banyak perekrut dan tim pencari tenaga kerja yang meminta calon pekerjanya untuk menunjukkan link media digitalnya guna menunjukkan informasi terkait talent, etika dan latar belakang pekerja.

 

Terkait tren perekrutan karyawan di era globalisasi ini, sangat penting bagi Kamu para pencari kerja untuk memiliki dan mengatur feed atau profil di platform media digital. Oleh karena itu, bijaklah saat membuat postingan di internet, apalagi saat Kamu sedang mencari pekerjaan. Mengapa? Karena jejak rekam digital, bisa jadi satu faktor pertimbangan untuk diterima bekerja.

 

Baca juga: Ragam Digital Marketing yang Populer di Indonesia

 

Memang benar, sebagai makhluk sosial yang punya kebutuhan untuk menjalin relasi dengan orang lain, berbagi dengan orang lain, dan bersama-sama dengan orang lain, media internet dapat digunakan seluasnya sebagai personal branding dan atau citra diri.

 

Selanjutnya muncul pertanyaan, apakah blog dan media digital lain bisa menjadi salah satu alat bantu untuk menjalankan proses rekrutmen berkelanjutan di masa depan? Jawabannya kembali ke diri masing-masing. Sebab, pada prinsipnya, kebutuhan dalam proses rekrutmen adalah mengidentifikasi kecocokan terhadap kualifikasi kandidat dibandingkan dengan kualifikasi kebutuhan pada target jabatan tertentu yang lowong.

 

Nah, proses identifikasi kecocokan kualifikasi ini bisa dilakukan dengan ragam cara atau mempertimbangkan saluran tertentu dengan tetap mengingat ada satu keandalannya. Di sini peran rekruter juga perlu dipersiapkan secara komprehensif. Rekruter harus mampu menganalisis setiap data, pernyataan, keterangan, dan apa pun materi yang tercantum dalam media digital seseorang. Namun, bila rekruter belum memenuhi kemampuan tersebut, maka data sebanyak apa pun yang diperlihatkan seseorang di media digital tidak berarti.

 

Di sisi lain, ragam informasi yang seluruhnya termuat di media digital juga sebaiknya tidak serta-merta diambil, karena tidak ada yang dapat memastikan setiap pengguna media digital akan mengungkapkan dan menampilkan ‘the real’ dari dirinya. Tidak sedikit yang ‘menyamar’ dan atau menyesatkan informasi, misal ada banyak yang asal bikin data, sehingga belum tentu datanya akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Maka penting untuk memastikan kebenaran atau kevalidan data yang tersaji di blog maupun platform media digital lain.

 

Baca juga: Cara Promosi Blog Internet Marketing Agar Traffic Meningkat

 

Lebih jauh lagi, dalam rangka untuk menghadapi tuntutan perkembangan jaman diharapkan para rekruter tidak gagap teknologi terbaru (baik software maupun hardware). Terlebih media digital yang terkait langsung dengan dunia Human Resources Development merupakan departemen pertama yang dituju dari rangkaian seleksi lowongan kerja. Karena, media blog milik HR ini bukan hanya menjadi kebiasaan (habit) tetapi sudah menjadi gaya hidup pegawai era digital ini.

 

Idealnya sebagai bagian dari HR bisa memahami bahwa media blog sudah menjadi bagian dari kehidupan saat ini. Sehingga, HR sangat perlu memiliki keterlibatan yang proporsional dengan karyawan agar mempunyai wawasan dan pertimbangan yang cukup baik tentang segala informasi pegawai yang diperoleh dari dunia digital tersebut.

 

Ingat, blog sebagai satu platform media digital dalam konteks tertentu bisa menjadi salah satu jembatan bagi HR untuk mengetahui dan mendapatkan masukan tentang kondisi atau situasi karyawan, keadaan kantor maupun kondisi perusahaan dari banyak orang. Jadi, tidak hanya pada lingkungan terdekat saja kita dapat mencari tahu tentang informasi, akan lebih banyak informasi yang dapat digali dari media digatal.

 

Tunggu apalagi, bersiaplah karena para rekruter perusahaan-perusahaan juga sedang mencari tahu tentang profil diri siapa saja yang sedang mencari lowongan kerja. Maka, tak salah bila mulai hari ini agar lebih bijak lagi dalam mengunggah konten di blog personal atau media digital lain, siapa tahu ada yang tertarik dengan profil Kamu dan selanjutnya memperkerjakan Kamu di perusahaannya.

 

Segera manfaatkan blog kamu, karena peran konten yang termuat di dalamnya sangat berarti untuk karir di masa depan. Namun, satu hal yang perlu disiasati bahwa pengelolaan blog menjadi satu sumber dalam mencari kerja adalah tidak mudah, di mana kamu harus: a) Mempelajari cara menulis artikel; b) Mengenali Jenis template blog yang baik dan SEO Friendly; c) Mempelajari Optimasi SEO Onpage; d) Melakukan Riset Kata Kunci yang paling mudah; e) Rajin dan Konsisten menulis artikel berkualitas dan original; f) Memanfaatkan Analisa Kata kunci Search Console.

 

Baca juga: Teknik Maksimalkan SEO Marketing

 

Dengan keenam cara mengelola blog yang disajikan Silaen SEO di atas, maka pada kata kunci tertentu akan disajikan google pada halaman pertamanya. Pada akhirnya para rekruter akan mudah mengetahui dan bahkan mempertimbangkan seluruh data Kamu untuk selanjutnya diminta bekerja pada perusahaannya. Sembari Kamu juga memiliki personal branding yang kokoh dan populer pengaruhnya di mesin pencarian, salah satunya milik perusahaan google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *