SEO Buat Pemasaran Online

Pengertian SEO dan Manfaatnya Buat Pemasaran

Sebelum melangkah melakukan optimasi website menggunakan SEO, maka kamu harus terlebih dulu memahami apa pengertian SEO itu. SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization yang merupakan serangkaian perbuatan atau praktik untuk menambah kinerja website terutama yang berorientasi pada pemasaran online.

 

Akibat adanya optimasi, perjalanan dan langkah pemasaran dimungkinkan jadi mudah ditemukan pada halaman pertama search engine. Secara signifikan SEO akan mempengaruhi mesin pencarian untuk memberikan nilai positif pada website atau blog tertentu, apakah layak atau tidaknya untuk ditampilkan di posisi teratas dari hasil pencarian.

 

Penting dipahami, bahwa tindakan menggunakan SEO bukanlah satu pekerjaan yang langsung selesai dilakukan dalam satu kali pengerjaan di waktu tertentu. Melainkan perjalanan SEO adalah proses tiada akhir, yang artinya terus-menerus mengoptimasi website.

 

Nah untuk melakukannya, maka owner atau pengelola web wajib tahu dan memahami cara kerja mesin pencari dalam memberi peringkat terhadap website, dimana selalu didasarkan pada kualifikasi atau persyaratan tertentu sesuai dengan algoritma.

 

SEO Mendatangkan Banyak Pengunjung

 

Jika website (apakah personal atau berbisnis online), maka ihwal memiliki konten yang bagus adalah suatu keharusan. Tapi sangat disayangkan bila minim pengunjung. Dalam konteks ini, maka sama sekali tidak ada artinya. Jadi kamu harus memastikan, bahwa website atau harus mampu menarik sejumlah pengunjung, apalagi mempertahankan mereka untuk terus berlama-lama membaca konten-konten yang ada.

 

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mendatangkan dan mengelola traffic. Tapi kamu harus tahu terlebih dahulu asalnya traffic yang singgah ke web/blog. Dalam teori dan praktiknya, ada 3 (tiga) asal sumber traffic, yaitu: 1) Quality Traffic, 2) Quantity of Traffic, dan 3) Organic Traffic.

 

Quality Traffic yang ditujukan untuk website bisnis. SEO yang digunakan harus mampu menggaet semakin banyak pengunjung situs yang berganti status menjadi pembeli. Maka dengan pencapaian itu, maka semakin baik pula kualitas trafik yang dimiliki.

 

SEO Buat Pemasaran Online

 

Untuk capaian target ini, kamu dapat menggunakan strategi untuk tingkatkan konversi dan mengindikasi kualitas trafik setiap harinya. Kualitasnya tergantung pada jenis dan tujuan bisnis, tapi 3%-5% sudah bisa dinilai sebagai tingkat perjalanan konversi yang baik. Trafik yang baik dan bermutu juga akan otomatis tercipta, selain dari banyak pengunjung website yang inten mencari tahu produk-produk yang kamu tawarkan. Misal kamu menjual handphone Samsung, maka yang ditargetkan bukanlah orang-orang yang ingin membeli televisi atau stereo maupun AC.

 

Quantity of Traffic, eksistensinya adalah benar adanya, sehingga praktisi SEO harus memahami bahwa kualitas trafik itu sangat penting. Meski secara umum, jumlah trafik dihitung berdasarkan banyaknya pengunjung yang masuk dan mengakses situs. Tapi, masih ada banyak pekerjaan SEO yang lain dan membutuhkan pertimbangan maupun pengawasan untuk menjamin kualitas trafik tersebut. Seperti, pengunjung situs, page view, dan durasi kunjungan di sana yang dapat dihitung dengan metode menggunakan tool seperti Google Analytics untuk menganalisis trafik website secara komprehensif.

 

Organic Traffic, tipe trafik tak berbayar yang disukai oleh sebagian besar pemilik website dan pebisnis di internet. Wajar, selain gratis organic traffic juga mampu mendatangkan lebih banyak pengunjung situs atau bahkan konversi. Sebagai contoh, sebagian pengguna internet mengetikkan kata kunci (keyword) ‘jual alat berat’ di bar pencarian. Kemudian mengklik link yang ditampilkan dari hasil pencarian. Kunjungan melalui link tersebutlah yang populer disebut sebagai organic traffic.

 

Meskipun terlihat mudah, tapi tingkat persaingan untuk mendapatkan organic traffic sangatlah ketat. Perjalanannya pun sangat berliku, untuk itu kamu harus menerapkan praktik SEO dan strategi pemasaran konten yang baik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Lihat saja, setiap hari ada muncul website ataupun konten-konten bisnis, produk dan jasa yang dipublikasi sebagai satu agenda pemasaran online. Artinya, kamu harus bersaing dan bisa memenangkan persaingan tersebut.

 

Sebagaimana diketahui pengertian pemasaran itu adalah sangat luas, mulai dari aktivitas person (serangkaian institusi) yang menjalankan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan berbagai tawaran yang bernilai bagi pelanggan, client, mitra, dan masyarakat umum. Jadi, pemasaran itu adalah suatu kegiatan menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan untuk mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, dan menentukan harga.

 

Pemasaran lebih diidentikan dengan service kepada konsumen potensial, yang meliputi periklanan, public relation, promosi dan penjualan. perusahaan, tujuan utama pemasaran adalah untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan. Pada perusahaan atau bisnis, aplikasi yang dilakukan seorang marketing executives harus mampu melihat banyak aspek dalam beriklan, termasuk juga memprediksi lifespan sebuah produk yang berada di kancah pemasaran internet.

 

Seiring pesatnya kemajuan teknologi digital, SEO memiliki peran strategis dalam digital marketing. SEO bisa memaksimalkan kinerja search engine marketing atas berbagai produk. Bisa dengan gratis dan berbayar. Kalau gratis yang digunakan adalah SEO. Sedangkan untuk berbayar yang digunakan adalah SEM yang merujuk pada iklan berbayar di halaman mesin pencari. SEM telah menjadi strategi penting dalam suksesnya satu perusahaan untuk meningkatkan jangkauan penjualan produknya.

 

Dalam SEM, pengiklan hanya membayar sesuai tayangan yang menghasilkan pengunjung,. Sehingga hal ini menjadikannya sebagai cara yang efisien bagi perusahaan untuk membelanjakan uang pemasarannya. Selain itu, setiap pengunjung yang masuk secara bertahap akan meningkatkan peringkat situs web dalam hasil pencarian organik.

 

Cara Kerja SEM

 

Algoritma terakhir, mesin pencari menggunakan teknologi yang rumit untuk memastikan hasil yang paling relevan akan ditampilkan di setiap pencariannya. Termasuk lokasi dan informasi lain yang tersedia. Dalam konsep iklan pencarian berbayar, iklan yang disponsori akan muncul di bagian atas dan di samping halaman hasil mesin pencari, untuk mendapat lebih banyak visibilitas dan keunggulan daripada hasil organik.

 

Misalnya kamu mencari produk atau layanan online tentang ‘jasa sewa alat berat’ di mesin pencari, kemudian mengetik kata atas benda yang kamu cari tersebut. Di halaman hasil pencarian, kamu akan menemukan berbagai iklan perusahaan yang menawarkan rental alat berat dan kata kuncinya cocok dengan kata kunci dalam pencarian kamu tadi.

 

Iklan tersebut akan muncul di tempat yang pasti terlihat, bersamaan dengan daftar hasil pencarian lain yang juga cocok dengan kata kunci. Kamu akan disuguhkan beberapa daftar hasil pencarian yang berbayar dan sangat relevan serta spesifik. Itulah yang memungkinkan kamu, sebagai konsumen, untuk mengkliknya.

 

Sementara dari perspektif pemasar, ketika akan menyiapkan strategi kampanye menggunakan pola Search Engine Marketing, diharapkan telah matang pada:

 

a) Pemilihan beberapa kata kunci yang terkait dengan website atau produk yang ditawarkan;

b) Lokasi geografis untuk iklan yang ingin ditampilkan;

c) Membuat iklan berbasis teks untuk ditampilkan dalam hasil pencarian;

d) Menawarkan harga yang bersedia untuk mereka bayarkan setiap ada klik pada iklan;

 

Dari beberapa tipe iklan yang ada, maka iklan berbasis teks sangat lebih mudah untuk diproduksi. Kamu hanya perlu memasukkan judul, teks untuk badan iklan, ajakan untuk bertindak atau CTA, dan URL untuk hyperlink. Oleh karena itulah, SEM dianggap sebagai cara yang paling efisien untuk menggunakan anggaran pemasaran.

 

Dengan begitu, Search Engine Marketing merupakan pendorong konversi yang penting untuk kampanye pemasaran apapun. Karena iklan berbayar secara umum langsung ditautkan ke halaman yang sudah ditentukan. Owner atau pengelola situs bisnis yang berfokus pada konversi akan memindahkan traffic melalui funnel marketing. Sementara, hasil organik biasanya tidak ditautkan ke halaman landing page, dan kehadiran iklan berbayar inilah yang kemudian ditautkan ke halaman landing page. Dengan langkah, ini SEO bisa berjalan untuk mendukung brand awareness. Sementara iklan berbayar dapat benar-benar fokus pada tujuan spesifik, yaitu konversi.

 

Iklan pencarian bisa meningkatkan brand awareness hingga mendekati angka 80%. Bahkan, jika iklan tersebut tidak menerima klik, nama brand masih terlihat jelas pada bagian atas, dan kemungkinan besar pencari tetap bisa membaca atau mengenali produk, nama brand, atau URL ketika melihat iklan. Pencari juga akan memperhatikan ketika iklan memasukkan kata kunci dan istilah pencarian lain untuk brand kompetitor.

 

Jadi sebagai pelaku dunia internet, situs blog mu yang diperuntukan sebagai modal mencari uang, maka buatlah SEO sebagai ujung tombak pemasarannya. Tapi, karena sifatnya tidak instant, maka penggunaan Search Engine Marketing sangat tepat? Mengapa? Karena menawarkan hasil instan, konversi, dan lebih banyak keuntungan. Selain itu, SEM membawa brand atau merek bisa meluncur ke puncak SERP. SEO dan SEM memungkinkan kamu untuk beriklan dengan Google Shopping dan bagus untuk pemasaran lokal dan pengguna telepon seluler. Sangat penting bagi sebuah merek untuk fokus pada pemasaran SEO dan SEM, sehingga bisa melihat hasilnya secara langsung dan jangka panjang sembari mengubah pengunjung menjadi pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *