SEO Blogger Medan

Peran SEO untuk Promosi Blogger Medan

Seorang blogger Medan dituntut harus melek pemasaran digital. Tujuannya agar cepat dikenal dan memiliki brand kuat di masyarakat, terutama di media online. Jadi, tak perlu heran bila para blogger di Kota Medan giat belajar digital marketing, salah satunya search engine optimization atau sering disingkat dengan sebutan SEO.

 

Search engine optimization (SEO), merupakan sejenis implementasi pemasaran atas sebuah produk secara online yang sangat populer dan efektif mendatang trafik ke website/blog serta meningkatkan penjualan produk. Hal tersebut sangat dimungkinkan, karena banyaknya pemesanan yang bersumber dari pencarian di search engine yang terpopuler di dunia, yaitu google.

 

“Terkait dunia blogging, keberadaan SEO membuat ragam produk konten (artikel, gambar/foto dan video) yang diposting berada pada peringkat yang terbaik di mesin pencarian google. Semakin teratas posisinya, maka semakin banyak organic visitor yang akan berkunjung ke website/blog,” ucap pakar SEO dan pemasaran online, Hasudungan Silaen.

 

Menurut dia, loyalitas visitor baru dapat diperoleh setelah melakukan serangkaian kunjungan ke website milik para blogger Medan. Dan sudah seharusnya setiap blogger memiliki pengetahuan dan memahami SEO minimal tingkat dasar untuk mendongkrak visitor dan meningkatkan personal branding dari dari websitenya. Apalagi bila website/blog tersebut telah di modifikasi menjadikan sebagai salah satu jenis bisnis online.

 

SEO Blogger Medan

 

Artinya, kamu perlu mengetahui ada banyak peluang sekarang ini. “Karena, terkait dengan adanya tren di industri 4.0 dan fenomena covid19 yang mengharuskan pengusaha, entrepreneur, marketer dan blogger untuk Work From Home (WFH). SEO menjadi salah satu solusi ampuh untuk memasarkan apa saja secara online. Hampir semua orang akhir-akhir ini memakai mesin pencarian untuk mengetik sebuah kata kunci unik, pada saat mencari informasi yang sesuai dengan keinginannya. Bisa jadi informasi itu didapatnya dari konten yang kamu posting sebelumnya di dalam blog,” ujarnya.

 

Menelisik: Tips Memasarkan Travel Blogger Medan

 

Mesin pencarian selalu menampilkan hasil yang relevan berdasarkan sebuah pemilihan kata kunci. Maka, orang-orang yang menemukan website atau blog melalui mesin pencarian, akan menjadi pelanggan setia atau kembali berkunjung. “Tentunya, dengan menjalankan dunia blogger dengan cara menerapkan SEO yang bagus di dalam nya, dapat membuka peluang untuk menghasilkan uang dan meningkatkan popularitas nama blogger itu sendiri di dunia online,” jelas Hasudungan.

 

Jadi, perkembangan pasaran online untuk jasa SEO bagi blogger Medan. Apalagi zaman yang semakin canggih dan serba digital seperti sekarang ini, membuat banyak orang mau tidak mau mengikuti alur modernisasi untuk memasarkan dan mempromosikan produk-nya melalui website/blog. Artinya, banyak usaha yang tadinya dilakukan secara offline mulai bergeser ke online. “Pasaran online semakin banyak digunakan oleh para pemilik usaha (baik besar, menengah maupun usaha kecil dan koperasi). Semua media iklan, baik berbayar dan yang gratisan, berguna untuk menarik perhatian calon pengunjung”, bebernya.

 

Faktor-Faktor Penting SEO untuk Blogger Medan

SEO secara umum memiliki faktor dan teknik yang sama pada semua situs. Tapi, jika kamu mau melakukan SEO untuk kebutuhan promosi dan pemasaran butuh formula khusus. Menurut master SEO Medan Hasudungan Silaen, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar kamu mendapatkan hasil sesuai rancangan dan target bisnis.

 

1) Hemat Waktu dan Fleksibel

Menurut Hasudungan Silaen, dalam pengerjaan SEO harus memiliki waktu khusus, minimal 1 kali seminggu. Tapi, waktu ini sangat fleksibel dan dapat dilakukan secara ‘remote working‘. Meski begitu, ketika sudah memulai penerapan SEO pada blog sangat dituntut untuk terus konsisten dan punya jawaban berapa lama pencapaian target berupa trafik, peningkatan branding dan atau hasil penjualan produk.

 

“Hal ini penting, karena effort SEO memakan waktu dan kemungkinan besar baru akan melihat hasilnya dalam waktu yang lama. Untuk suatu blog atau konten baru bisa mendapatkan visibilitas di search engine, terkadang dapat memakan waktu hingga satu sampai dua tahun, bahkan lebih. Pasalnya, tergantung pada kapasitas kata kunci (keyword) yang ditargetkan,” jelasnya.

 

Baca juga: Blogger Medan Siap Memasarkan UMKM di Sumut

 

2) Brand Building

Dalam dunia blogging, hasil dari brand building bisa dilihat dan dianalisa dari jumlah direct traffic yang didapatkan. Sebagai contoh, saat ini di Medan, semakin banyak orang yang mengetikan domain langsung untuk mengunjungi blog silaenseo.com ketika mereka akan mencari informasi tentang digital marketing dan strategi SEO. Inilah yang dimaksud dengan direct traffic.

 

Untuk membantu blogger Medan dalam brand building, disarankan untuk membuat konten terbaik dan relevan di topik (niche) blog masing-masing, meski hal ini juga tergantung dengan expertise dan budget. Adanya konten yang berkualitas dan terbaik merupakan salah satu cara yang efektif untuk mendapat perhatian mesin pencari, misal google dan bing, serta pengunjung.

 

Konsepnya, mesin pencari akan membantu untuk mendapatkan ranking yang tinggi di halaman hasil pencarian. Tetapi para blogger harus membuat sebuah konten yang bagus untuk audience google dan bing. Misal, membuat konten yang panjang (minimal 1500 kata dalam satu artikel). Jika kamu menyajikan konten yang panjang di website atau blog, maka pengunjung akan lebih lama berada di dalam website/blog dan kosa kata akan banyak di indeks oleh mesin pencari.

 

“Lamanya seseorang berada di blog akan sangat mempengaruhi ranking situs di halaman hasil pencarian. Jika pengunjung site menghabiskan waktu yang lama, maka ranking situs di mesin pencari dapat meningkat dan bounce rate sangat kecil,” jelas pakar SEO berdarah Batak ini.

 

Baca juga: Layanan Jasa SEO dan Pemasaran Internet di Medan

 

Jadi, eksistensi konten akan membantu pembaca agar mereka bisa mencari apa yang mereka butuhkan dan pencarian ditemukan dari artikel yang panjang. Untuk menambah keunikan dan membantu pembaca memahami artikel panjang, bisa memasukkan table of contents (ToC) di awal setiap artikel. Selain itu, dalam konten juga harus memuat actionable page. Ingat, memiliki sebuah halaman yang bisa di klik dan berisi sebuah link (misal untuk mendownload file), dapat mempengaruhi dan memperbaiki ranking di search engine.

 

3) Research Keyword yang Sesuai dengan Niche Blog

Selaku blogger, kamu harus tahu keyword-keyword apa saja yang digunakan oleh banyak orang. Misalnya, niche travel blogger, atau apa keyword tren saat ini. Nah, kamu bisa menggunakan Google Keyword Planner untuk melihat keyword apa yang berhubungan dengan dunia travel blogger yang sering digunakan orang-orang.

 

Kamu juga bisa mendownload hasil dari Google Keyword Planner, dan bisa sort di excel untuk melihat keyword mana saja yang banyak digunakan dan sebaiknya cocok untuk kamu gunakan pada website/blog yang kamu kelola. Setelah itu, jangan lupa untuk masukkan keyword ini di home, kategori, product detail, product naming, nama file gambar, title, meta description, URL, anchor text untuk internal link, atau penamaan kategori blog.

 

Agar memaksimalkan keyword yang ditargetkan, penting digunakan sinonim dari keyword serta kata-kata kunci yang berkaitan dengan target keyword (sering disebut dengan istilah LSI keyword) pada konten atau bahkan halaman statis.

 

Menurut Hasudungan Silaen, agar keyword bekerja optimal dapat dilakukan dengan cara:

*) Memulai research keyword dengan menggunakan buying intention keyword. Misalnya, kamu menjual jasa SEO. Tentunya buying intention keyword-nya adalah SEO, tutorial SEO, belajar SEO, kursus SEO, konten SEO, dan sebagainya. Baru kemudian menggunakan browsing keyword untuk mencari dan mendapatkan keyword-keyword yang lebih spesifik, seperti jasa SEO organik, jasa SEO murah, jasa SEO terbaik, kursus SEO Medan, belajar SEO Medan, dan sejenisnya.

 

Baca juga: Ahli SEO Medan Untuk Pemasaran Bisnis di Internet

 

*) Mencari informasi atas keyword yang digunakan oleh kompetitor. Kamu bisa menggunakan tools seperti Alexa atau Keyword Revealer. Mengetahui dan menganalisa keyword yang digunakan kompetitor dapat membantu kamu untuk membuat satu strategi dalam rangka meningkatkan visibilitas di target pasar niche blog.

 

Nah, untuk itu penting mencari tahu topik apa yang dicari oleh target blog kamu. Sehingga nantinya bermanfaat untuk perencanaan dan pembuatan konten. Untuk mewujudkannya bisa menggunakan tool, seperti Bloomberry. Dengan membuat konten yang sesuai dengan keyword atau topik yang dicari oleh target, tentu peluang mereka untuk menemukan website/blog atau konten dari hasil pencarian keyword atau topik tertentu akan semakin tinggi.

 

Salah satu trik dan tips yang efektif digunakan adalah dengan strategi Keyword Long Tail yang memiliki volume pencarian tinggi namun kompetisi rendah (high volume search, low competition). Meski begitu, perihal mencari keyword adalah tidak mudah. Tapi, menarik traffic sebanyak-banyaknya adalah dengan menggunakan strategi ini.

 

Baca juga: SEO Mendongkrak Pemasaran Online Produk UKM

 

Selain itu, bagi blogger Medan yang sudah memiliki banyak konten, seperti blog post atau halaman produk, maka bisa mencoba mencari keyword yang sudah teranking tapi tidak memiliki ranking yang baik, meskipun volume pencariannya besar. Mungkin kamu bisa menggantinya dengan keyword yang memiliki volume pencarian tinggi tapi punya kompetisi rendah. Tujuannya agar SEO yang dioptimasi via keyword dapat bekerja lebih maksimal lagi.

 

Menurut Hasudungan Silaen, untuk mencari keyword nya dapat menggunakan tool Ezkeyword. Tool ini dapat memudahkan proses research keyword yang dibutuhkan untuk mengembangkan blog kamu. Dari keyword-keyword yang ditemukan dari hasil research, disarankan untuk membuat banyak artikel untuk membangun long tail keyword bersaing dengan para blogger lainnya.

 

*) Buat Evergreen Content dan Seasonal Content. Peran dan manfaat SEO akan semakin maksimal pada konten yang selalu relevan dan tidak peduli waktunya (evergreen content). Salah satu contoh evergreen content, misalnya adalah cara meningkatkan follower di instagram atau cara membuat blog. Orang-orang tidak harus punya waktu khusus untuk mencari topik-topik seperti ini.

 

Baca juga: Pengertian SEO dan Manfaatnya Buat Pemasaran

 

Sementara seasonal content atau konten musiman adalah konten yang sengaja dibuat dengan menyesuaikan isi konten pada event yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Misalnya, promo lebaran harga tiket travel, promo tahun baru labersa hotel, atau diskon ulang tahun Kota Medan. Konten-konten seperti ini, hanya relevan pada waktu-waktu mendekati event tersebut saja dan akan dianggap kadaluarsa (expired) setelah event selesai.

 

Mungkin banyak blogger yang bertanya-tanya, konten seperti apa yang sebaiknya dibuat? Saran pakar digital marketing Medan Hasudungan Silaen, agar membuat kedua jenis konten pada blog milik blogger medan. Kedua jenis konten ini, sangat efektif untuk membantu membangun backlink ke situs dan meningkatkan engagement di media sosial. Tentunya dengan konten yang menarik dan relevan, meningkatkan engagement di social media akan menjadi lebih mudah dan maksimal.

 

*) Manfaatkan Keyword untuk Memulai Blog. Keyword tidak hanya bisa digunakan untuk optimasi konten atau halaman website/blog. Keyword juga bisa digunakan untuk mencari ide atau menentukan niche apa yang ingin dicoba untuk meningkatkan trafik.

 

Tentunya saat mencari niche dengan variasi keyword yang banyak, kamu akan lebih mudah untuk membuat konten yang berhubungan dengan topik blog yang dipilih, terutama dalam hal meningkatkan traffic dan conversion rate nantinya. Selain itu, penggunaan keyword sangat efektif untuk mencari ide-ide penulisan konten untuk masa depan. Sebagai contoh, Samsung, perusahaan elektronik asal Korea Selatan, meluncurkan handphone canggih jaringan 5,5 G.

 

Baca juga: Strategi Ahli Digital Marketing untuk Menguasai SEO

 

Tentu, produk hp samsung 5,5 G belum ramai di Indonesia, sehingga jika ingin mencoba untuk mengoptimasi kata kunci ini, blogger Medan akan memiliki peluang besar untuk meningkatkan pengunjung dan visibilitas website/blog saat nanti produk ini launching di Indonesia.

 

4) Backlink

Menurut Hasudungan, blogger Medan harus memiliki strategi secara personal untuk membangun backlink. Langkah pertama adalah dengan membuat konten terbaik terlebih dahulu, baru bergerak untuk mendapat backlink. Kedua, bangun terlebih dulu internal link baru kemudian mencari backlink dari website lain. Ketiga, membangun direct traffic terlebih dahulu baru selanjutnya mencari backlink dari luar.

 

“Backlink memang dapat membantu visibilitas website/blog, tetapi kamu tidak akan bisa mendapat backlink yang berkualitas jika konten yang ada di dalam situs kurang berkualitas dan kurang menarik”, tambahnya.

 

Di era digital marketing, ada beberapa jenis backlink yang sering dicari oleh para blogger Medan, seperti dari social network, aktivitas blogging, postingan forum, article submission, press release, video promotion, blog comment, directory submission, social bookmark dan wiki.

 

Sumber backlink yang terbaik adalah berasal dari website atau blog yang memenuhi kriteria sebagai situs otoritas (authority website). Website otoritas merupakan situs web berkualitas tinggi yang dihormati oleh orang-orang berpengetahuan di industrinya. Maksudnya, situs yang memiliki konten yang sangat bagus dan membuat situs tersebut sangat berguna, sehingga orang benar-benar senang mengunjungi dan ingin membaginya kepada teman mereka. Situs otoritas menerbitkan informasi yang dapat dipercaya dan terhubung ke tempat terpercaya lainnya di web.

 

Baca juga: Cara Membuat Konten Pemasaran Ranking Pertama di Google

 

Jika para blogger Medan ingin meningkatkan ranking di Google dengan cara mendapatkan backlink. Ada beberapa website partner yang disukai google, yaitu: YouTube, Twitch, Dailymotion, Flickr, Yahoo! Groups. Atau bisa juga berusaha mencari untuk mendapat sumber backlink dari social media, seperti: pinterest, facebook, twitter, reddit, instagram, stumbleupon, tumblr. Backlink dalam graphic, seperti: storify, behance. Backlink jurnal akademik dari academia, springer dan elsevier. Backlink dari wiki berasal dari wikipedia dan wikihow.

 

Untuk presentasi (link ada di dalam presentasi atau file) yang berasal dari situs scribd, google docs dan slideshare. Website photography, backlinknya berasal dari flickr dan shutterstock. Sedangkan untuk video sharing website, backlink berasal dari situs youtube dan dailymotion.

 

5) Teknik On-Page SEO

Teknik SEO ini berkaitan dengan memasukkan keyword yang ditargetkan atau berhubungan niche blogger di URL, title, dan meta description. Selain itu, blogger medan jangan lupa untuk menggunakan LSI keywords atau sinonim keyword dan atau beberapa keyword berkaitan dalam konten. Tujuannya agar nantinya tidak terkena penalti dari google karena terlalu sering menggunakan kata kunci yang sama.

 

Meski konten, seperti postingan blog penting untuk menarik traffic, eksistensi halaman statis pun tidak kalah penting untuk meningkatkan conversion rate dan branding berkelanjutan.

2 thoughts on “Peran SEO untuk Promosi Blogger Medan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *