Ojol Merchant

Perluas Pemasaran Kuliner, Gabung ke Merchant Ojol

Satu jalan untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan bisnis kuliner (makanan dan minuman) adalah bergabung menjadi merchant ojek online. Tentu dengan harapan agar berhasil mencapai nilai omzet juta atau bahkan ratusan juta. Walaupun terdengar agak sulit dicapai, tapi mengembangkan sayap pemasaran sangat penting terus dilakukan agar optimis meningkatkan omzet penjualan. Hal itu bukan lah sesuatu yang mustahil di era menjamurnya bisnis ojol di Indonesia.

 

Apalagi saat ini, gabung menjadi partner food sudah sangat mudah, dimana pendaftarannya bisa secara online dan offline, serta syaratnya pun tidak terlalu ribet. Silahkan hubungi call center atau datang langsung ke alamat kantor cabang yang terdekat dengan tempat tinggal kamu. Nantinya, usaha kuliner kamu dapat berkembang dan memiliki omzet yang semakin besar.

 

Cermati juga: Alamat Kantor Cabang Pemasaran Maxim Ojek Online

 

Tapi, kalau boleh silaenseo.com memberikan masukan, kamu harus memilih perusahaan aplikator ojek online yang jumlah pengguna dan pelanggannya cukup besar. Misalnya dengan mendaftar jadi partner food di gofood, grabfood, okefood dan maximfood. Karena menurut silaenseo.com, keempat perusahaan ojek online inilah yang paling menguasai pasar layanan pesan antar makan. Jadi bila kepingin omzet meningkat segera jadi merchant mereka.

 

Sebagaimana dipahami, omzet merupakan total uang dari penjualan dalam jangka waktu tertentu yang belum dikurangi biaya pengeluaran, dengan kata lain, pendapatan kotor. Itu berarti semakin banyak penjualan, maka semakin tinggi pula omzetnya. Dengan begitu nilai omzet sebenarnya tidak bisa dijadikan sebagai patokan kesuksesan dari sebuah bisnis karena belum dikurangi pengeluaran.

 

Ojol Merchant

 

Tapi jika kamu mampu menekan atau menjaga pengeluaran agar tetap stabil seiring dengan terjadinya peningkatan omzet dimaksud, maka pencapaian omzet yang tinggi bisa sangat berarti. Meski sudah resmi terdaftar sebagai partner food di ojek online, kamu harus tetap berusaha untuk mengembangkan pemasaran usaha agar semakin luas menjangkau pelanggan potensial dan sekaligus meningkatkan brand di hati masyarakat.

 

Penting diingat bahwa menjadi partner ojol adalah salah satu cara memasarkan produk dan atau membranding usaha di era digital marketing, tapi kamu tetap harus menggunakan channel promosi lainnya, baik secara offline maupun online.

 

Baca juga: Strategi Pemasaran Bisnis Ojek Online

 

Ada beberapa cara lain yang terkenal sangat efektif untuk menggebrak pemasaran dan meningkatkan penjualan pada bisnis kuliner kamu, yaitu:

 

1) Membuat aneka promo yang menarik

Salah satu cara terampuh menarik pelanggan baru untuk membeli produk kuliner adalah dengan membuat promo. Nah, dengan adanya promo-promo yang dilakukan, baik itu ‘Buy One Get One‘ atau potongan harga, kemungkinan orang-orang yang tadinya tidak mau membeli setelah lihat promo terpasang jadi niat membeli. Melalui kesempatan inilah kamu punya potensi besar dapat menggaet pelanggan-pelanggan baru. Jenis promo yang dapat kamu tawarkan upayakan banyak ragam. Jika mau, perusahaan ojek online bisa diajak kerja sama untuk menawarkan promo seperti, voucher dan diskon ongkos antar pesan makanan pada aplikasinya.

 

2) Mengikuti acara-acara offline seperti bazar

Dengan persiapan yang matang untuk bazar, kamu dapat menarik pelanggan-pelanggan baru dan meningkatkan pemasaran dan penjualan bisnis kuliner-mu secara signifikan. Sebagai partner food di ojol, kamu memiliki keuntungan lebih karena dapat mengikuti food festival yang diselenggarakan oleh perusahaan aplikator. Keuntungan mengikut bazar yang dilaksanakan oleh ojol adalah bebas biaya sewa, biaya operasional, dan juga menyediakan fasilitas memasak.

 

3) Pastikan restoran atau warung kamu mudah ditemukan pelanggan

Jangan sampai calon pelanggan tidak jadi memesan makanan atau minuman, karena kesulitan menemukan restoran atau warung kamu. Karena itu, pastikan informasi yang dicantumkan di Google Bisnisku sudah lengkap dan tepat. Selain itu, pastikan juga lokasi (maps) restoran sudah tepat di aplikasi gofood, grabfood, okefood dan maximfood. Mengapa? Karena kesalahan lokasi akan membuat driver bingung dan pada akhirnya memperpanjang waktu tunggu pelanggan. Bahkan, bisa jadi pembatalan orderan, baik dari pelanggan ataupun driver itu sendiri dengan berbagai alasan.

 

4) Fokus tingkatkan kualitas produk dan layanan

Tanpa produk makanan dan minuman yang berkualitas, maka pelanggan baru yang sudah berhasil kamu dapatkan kemungkinan besar tidak akan bertahan lama. Karena itu, pastikan kualitas makanan dan minuman di restoran atau warung-mu selalu konsisten dan terjamin. Mau bagaimanapun kualitas lah yang akan membuat orang kembali lagi dan lagi.

 

5) Menghargai pegawai dan driver

Di saat produk makanan dan minuman yang dijual banyak kompetitornya, pelayanan sebuah restoran-lah yang dapat membedakannya dari yang lain dan memberikan nilai tambah di mata pelanggan. Nah untuk meningkatkan pelayanan restoran atau warung kamu, baik itu kecepatan atau keramahan pegawai. Maka, kamu selaku general menejer perlu memotivasi pegawai kamu untuk bekerja dengan lebih baik untuk melayani pelanggan yang datang langsung maupun pesanan para driver.

 

Hal ini dapat kamu lakukan dengan menunjukkan apresiasi untuk para pegawai dan driver ojek online, baik itu dalam bentuk bonus atau keuntungan pelatihan khusus bagi pelanggan. Sedangkan bagi para driver, kamu bisa menyiapkan colokan untuk cas handphone atau memberikan segelas minuman dan atau makanan ringan saat menunggu pesanan yang sudah di order siap di buat.

 

6) Kenali target pasar dengan baik

Bayangkan kamu sudah mengeluarkan usaha, uang, waktu, tenaga dan pikiran yang banyak untuk menarik pelanggan. Tapi ternyata kamu salah mengerti apa yang sebetulnya dicari target pasar kuliner-mu, sehingga pemasaran bisnis kuliner yang kamu jalankan tidak mempan alias jalan ditempat. Sayang sekali bukan? Karena itu, pastikan kamu benar-benar mengenali target pasar kuliner-mu, agar dapat memasarkan produk dengan tepat dan berhasil meningkatkan penjualan secara signifikan.

 

7) Jadilah partner ojol food yang progresif dan inovatif

Dengan mendaftar jadi partner food ojek online, kamu akan mendapatkan berbagai macam keuntungan, mulai dari promosi di aplikasi, kesempatan kerja sama promosi voucher dan diskon menu, keleluasaan pengiriman makanan, dan masih banyak lainnya. Kemungkinan pelanggan baru juga akan sangat mudah menemukan restoran kamu dan pelanggan lama kamu juga bisa menikmati produk kuliner-mu dengan lebih mudah dan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *