Prospek Keuntungan Usaha Warnet di Tahun 2019

Usaha Bisnis Warnet

Saat muncul keinginan kuat untuk membuka usaha warnet di tahun 2019, tentu persiapan matang dan prospek keuntungan yang ada untuk menghadapi persaingan agar bisa meraup keuntungan bisa tercapai. Apapun bisnis (online atau offline) yang akan anda buka, saat ini tak luput dari adanya persaingan, baik di medium offline maupun online. Oleh karenanya, strategi jitu dan terbaik agar bisa memenangkan setiap persaingan harus dimiliki dan bila perlu meminta bantuan dari orang-orang yang sudah berpengalaman di dunia niaga global.

 

Wajar kehadiran pesaing ini terkadang membuat calon pebisnis pemula menjadi berpikir 2 kali untuk membuka usaha apapun itu, termasuk dalam hal ini membuka bisnis warnet. Mengapa? Karena membuka warnet buka berarti hanya menyediakan internet dan komputer saja melainkan juga dari menyediakan kenyamanan tempat dan fasilitas yang tersedia dan dibutuhkan oleh para pelanggan.

 

Usaha Bisnis Warnet

 

Prospek keuntungan dan perkembangan suatu usaha bisa cepat sukses tak lepas dari cara mengelola dan pengetahuan pemasaran yang dimiliki oleh pemilik bisnis. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan dicermati para pelaku bisnis ketika berencana membuka  usaha warnet dengan mengacu pada prospek keuntungan kedai internet yang tinggi, yaitu:

 

*) Pemilihan Lokasi Usaha

Jika seandainya anda sudah memilih lokasi yang tidak sesuai dengan target pasar, maka mau tidak mau harus dipindahkan lokasi tersebut sesuai dengan target pelanggan yang sudah ditentukan. Ketika dengan modal besar yang sudah dikeluarkan untuk bisnis tanpa mempertimbangkan lokasi yang strategis untuk memulai bisnis warung internet, maka hal itu sama dengan menutup usaha tersebut secara perlahan-lahan.

 

Mengapa? Bagaimana konsumen Anda tahu dan datang, jika lokasi usaha Anda berada jauh dari jangkauan konsumen. Maka dari itu, hal pertama yang harus diperhatikan untuk dijadikan bagian strategi bisnis oleh para pengusaha warnet adalah lokasi untuk membuka usaha agar konsumen banyak datang.

 

Lalu, bisnis warnet yang hendak dikembangkan apakah masih memiliki prospek cerah ketika sudah mempertimbangkan lokasi dan menempatkan lokasi tersebut sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan sebelumnya. Tentu, jawabannya masih tergantung pada cara mengelola untuk mendapatkan konsumen dan sekaligus mempertahankan konsumen yang sudah ada.

 

*) Memiliki Fasilitas Khusus Pendukung Usaha

Selanjutnya seandainya point 1, yakni usaha Anda sudah berada pada lokasi yang strategis, maka langkah selanjutnya agar bisnis warnet bisa sukses dengan baik dan cepat adalah menyediakan fasilitas lain yang dibutuhkan oleh konsumen saat berada di tempat usaha anda. Tentu anda dapat menambah properti pendukung lainnya, seperti menyediakan printer, kertas dan headset. Properti pendukung ini sangat diperlukan oleh para konsumen warnet. Selain itu, bila modal uang masing memungkinkan bisa menyediakan fasilitas AC dan tempat duduk empuk yang dapat memaksimalkan layanan karena dengan konsumen semakin nyaman merupakan salah satu kunci untuk mempertahankan konsumen agar tidak lagi ke pesaing.

 

*) Menyediakan Makanan Dan Minuman

Selain menyediakan fasilitas pendukung sebagaimana penjelasan diatas, Anda juga dapat menyediakan fasilitas lain dari yang lain, yaitu menyediakan makanan ringan dan soft drink atau air mineral. Penulis melihat bahwa masih banyak tempat warnet yang tidak menyediakan makanan dan minuman, kalaupun ada jumlahnya masih kecil.

 

Dari penyediaan makanan dan minuman ini, usaha warnet Anda menjadi pembeda dari warnet lainnya. Caranya anda dapat menyediakan makanan dan minuman dalam satu lingkup tempat tertentu di area warnet Anda. Ya….., mirip warung atau kecil. Ketika anda sudah menyediakan hal yang berbeda dengan usaha warnet lain, apakah memiliki prospek menggiurkan untuk tetap dilanjutkan.

 

Bila ya, maka Anda perlu untuk memperhatikan agar usaha warnet yang anda buka bisa tetap bertahan dari gempuran para pesaing.

 

*) Menyediakan Perangkat Khusus Bermain Game Online

Terkadang konsumen yang datang ke warnet anda sesekali ingin bermain game online. Maka untuk memenuhi hasrat ini, tak ada salahnya anda menyediakan beberapa set komputer yang khusus untuk bermain game online.

 

Ya…, secara tidak langsung bila anda sudah menyediakan fasilitas bagi orang-orang yang senang ‘mania’ bermain game online, hal ini telah menggambarkan bahwa bisnis warnet yang anda jalankan merupakan bisnis warnet games online meskipun itu tidak spesifik. Tentu pembukaan warnet secara khusus untuk games online di tempat usaha anda untuk menghindari konsumen lari ke tempat warnet lain.

 

*) Menyediakan Lahan Parkir Representatif

Langkah selanjutnya yang harus anda siapkan agar bisa sukses dan bertahan dari gempuran para pesaing yang ingin membuka bisnis warung internet adalah menyediakan tempat parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan para pelanggan.

 

Menempatkan usaha warung internet ini tanpa menyediakan lahan parkir, maka hal ini sama dengan menolak kedatangan pelanggan yang memiliki kendaraan. Oleh karena itu, alangkah baiknya ketika memilih tempat usaha Anda sudah mempertimbangan untuk tersedianya halaman parkir yang luas, aman, dan nyaman, sehingga dengan begitu konsumen tidak merasa dikecewakan dan mendapat kenyamanan selama menggunakan internet di warnet anda.

 

Lahan parkir yang tersedia selain untuk tempat parkir biasanya juga sering digunakan untuk tempat duduk-duduk para konsumen yang ingin menikmati udara luar. Oleh karena itu, sangat diperlukannya lahan parkir aman dan nyaman dan juga makanan dan minuman.

 

*) Menyediakan Jasa Sampingan

Memang skala prioritas atas beberapa peluang usaha 2019 yakni membuka usaha warung internet (warnet) dengan ketersediaan fasilitas pendukung yang serba lengkap dari segi kenyamanan tempat sampai lahan parkir yang aman dan nyaman sudah tak dapat ditawar-tawar lagi.

 

Adanya fasilitas ini akan menjamin dan menjadikan konsumen tidak ingin beranjak sedetikpun dari tempat anda, apa lagi warnet tersebut ditambah adanya fasilitas kedai yang cocok untuk bersantai ria. Namun, bila ingin meningkatkan pelayanan Anda lebih lengkap lagi dalam rangka untuk menambah kepuasan pelanggan, tak ada salahnya untuk menyediakan usaha photocopy ataupun jasa pengetikan.

 

Strategi membuka usaha fotocopy dan jasa pengetikan di warnet, tentu sedikit banyaknya akan mencuri dan menjadikan pusat perhatian banyak orang yang lewat. Selain tersedianya warnet juga tersedia jasa fotocopy yang semakin memudahkan konsumen anda untuk tetap melakukan suatu pekerjaan yang terkait dengan hal yang dikerjakannya di warnet anda.

 

*) Promosi

Meskipun usaha yang anda buka dan kelola bukan bagian dari bisnis yang membutuhkan strategi pemasaran modern, namun sebenarnya masih tetap membutuhkan adanya promosi, tujuannya adalah untuk memperkenalkan dan sekaligus mendapatkan konsumen baru.

 

Promosi yang penulis maksudkan dalam tulisan ini, adalah promosi online maupun offline. Khusus untuk pemasaran online, maka dapat dilakukan dengan promosi di media sosial (twitter, fb, whatsapp, line, linkedin, instagram) dan juga dapat dipromosikan melalui pembuatan blog pemasaran untuk warnet anda ataupun memasan iklan di google adsense ataupun blog personal milik para blogger.

 

Kehadiran blog personal yang membuka jasa pemasangan iklan ini merupakan bagian dari strategi yang dijalankan oleh blog jasa internet marketing yang semakin marak di tahun 2019 ini. Jadi tak heran bila persaingan untuk mendapatkan ‘kue iklan’ menjadi terbuka. Artinya, anda selaku pelaku usaha warnet harus selektif memilih blog yang memasang iklan warung internet anda agar diketahui oleh banyak masyarakat dari seluruh penjuru dunia.

 

Nah, itulah ulasan kami tentang prospek keuntungan yang bisa diraih dari usaha warnet di tahun 2019. Semoga apa yang penulis kemukakan dapat memberikan keuntungan yang besar atas bisnis warung internet yang anda rintis kedepannya. Salam sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *