Digital Marketing Populer di Indonesia

Ragam Digital Marketing yang Populer di Indonesia

Pemasaran yang menggunakan media digital semakin masif di Indonesia yang populer disebut digital marketing. Misalnya digunakan dalam bisnis restoran (kuliner), transportasi online (ojol/ojek online), usaha tour and travel, bisnis properti, toko virtual, jualan fashion, kosmetik, dan sebagainya.

 

Pengertian digital marketing atau pemasaran secara digital bisa diartikan sebagai upaya memasarkan atau mempromosikan bisnis (produk barang atau jasa) menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam teknik marketing dan media digital. Penggunaan teknik media digital ini, dapat membuat penjual dan calon pembeli dapat saling berkomunikasi secara online.

 

Memang saat ini, ada beragam akses yang dapat dipilih untuk para calon konsumen agar gamblang melihat penawaran produk yang dipasarkan, seperti melalui website, blog, situs marketplace, media sosial (instagram, whatsapp, facebook, line, dan lain sebagainya). Nah, dari beberapa akses itulah mereka akan berkomunikasi dengan kamu kapan saja dan dimanapun.

 

Di dunia digital marketing, kamu juga dapat membuat pengaruh besar agar calon customer tertarik pada penawaran berbagai produk. Caranya bisa membuat iklan, email marketing, brosur online, content placement, dan banyak lagi.

 

Digital Marketing Populer di Indonesia

 

Keadaan diatas, membuat keahlian digital marketing saat ini menjadi sesuatu yang menarik untuk dipelajari, bahkan telah jadi ladang bisnis kekinian yang menghasilkan uang dan personal branding. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju di Indonesia, ilmu mengenai digital marketing semakin banyak diperlukan untuk mendongkrak traffic dan penjualan dengan memaksimalkan strategi konversi.

 

Sebagaimana dipelajari, ilmu di bidang digital marketing sangat luas. Setidaknya dalam catatan saya (silaenseo.com), ada 6 (enam) kategori ilmu yang wajib kamu kuasai supaya usaha yang dipasarkan melalui internet dapat terus berkembang dan menghasilkan dari ragam strategi digital yang dipilih dan dijalankan.

 

Ragam digital marketing yang populer dan trend tersebut adalah:

1) Personal Branding

Pengertian personal branding adalah apa yang orang lihat dan bicarakan tentang diri kamu. Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah brand pada merek-merek ternama, seperti: Samsung, Honda, Ford, Mercedes Benz, Coca cola, Boing, Asus, Alexandre Christie, Intel, McDonald, dan lain sebagainya. Namun, brand activation/aktivasi brand bisa juga kamu terapkan pada diri kamu.

 

2) Facebook Marketing

Platform media sosial (medsos) telah dijadikan salah satu sarana pemasaran online. Jika bisa dimanfaatkan dengan baik dan benar, maka akan mampu meraup keuntungan yang besar dengan hanya berjualan melalui facebook ini.

 

Menelisik: Social Media Marketing Untuk Usaha Kuliner

 

Pemasaran menggunakan social media ini dapat di set dengan banyak target market potensial berkumpul dan dalam platform ini dapat di set sesuai dengan rentang usia, jenis pekerjaan, area/lokasi, jenis kelamin, dan seterusnya. Pasalnya, pengguna facebook di seluruh dunia telah mencapai lebih dari 2 miliar dan di Indonesia lebih dari 100 juta orang pengguna.

 

3) Instagram Marketing

Sama halnya dengan facebook marketing, instagram marketing juga sangat populer digunakan para digital marketer untuk media promosi dan berjualan. Kamu bisa mulai membangun akun instagram dan mulai membuat konten yang menarik dan berkualitas.

 

Baca juga: Pemasaran Bisnis Kuliner Online Melalui Instagram

 

4) Website Development

Website development ini tidak perlu terlalu jauh atau mahir dari hal-hal seputar teknik coding, misalnya memahami bahasa html, edit themes/template, kompres gambar/foto, dan sebagainya. Kamu cukup fokus dalam membuat sebuah website branding untuk jualan kamu dan kuasai juga cara mengoptimasi (tingkat dasar) dengan menggunakan SEO friendly (ramah dan bagus terhadap manusia dan mesin pencari).

 

Untuk itu, penting bagi kamu belajar SEO (kelas offline atau online) atau mengikuti pelatihan tentang dasar-dasar menulis konten berkualitas SEO terbaik. Tujuannya untuk menempatkan website/blog dan atau konten di halaman satu, sekaligus memenangkan persaingan kata kunci (keyword) di SERP. Artinya, konten-konten yang kamu buat haruslah memenuhi standar SEO marketing agar kokoh di halaman pertama, misalnya google, yahoo, bing, yandex, baidu, ask, dan sebagainya.

 

Selain itu, website atau blog yang kamu buat agar diupayakan setidaknya memiliki sebuah landing page yang berkualitas dan dapat menghipnotis orang saat membaca promosi yang telah kamu post.

 

5) Email Marketing

Pengertian email marketing bisa didefinisikan sebuah strategi, tindakan atau aktivitas mengirimkan pesan komersil, seperti promo, penawaran produk (baik lama maupun baru), diskon, penawaran membership dan sebagainya dengan menggunakan media surat elektronik (surel/email).

 

Baca juga: 7 Jenis Digital Marketing Untuk Bisnis Kuliner

 

Tapi agar efeknya maksimal, maka kamu harus mulai belajar tentang funneling email marketing, membuat list building email marketing, dan teknik lain agar email tidak spam dan berhasil menghipnotis calon pelanggan.

 

6) Ads Strategy

Pada poin terakhir ini, saatnya bagi kamu mulai belajar tentang pembuatan iklan dan media penyebaran iklan tersebut. Misalnya, bagaimana mindset iklan yang baik, cara retargeting dan juga alur jualan produk digital dengan menggunakan iklan berbayar agar dapat menjangkau lebih banyak orang dengan waktu yang cepat dan tepat. Kamu bisa memilih google ads, tiktok ads, facebook ads, twitter ads, bing ads, dan lain sebagainya.

 

Bila kamu tidak memiliki waktu dan atau ingin fokus dan progresif pada pengembangan bisnis, produk atau jasa terbaru, maka disarankan menjalankan kerjasama dengan para pemberi jasa digital marketing atau jasa SEO dan SEM terbaik dan merupakan pakar di Indonesia. Dengan begitu, target percepatan menciptakan produk baru dan pemasaran akan berjalan berbarengan menuju sukses.

 

Baca juga: Cara Menjadi Ahli SEO Sekaligus Pakar Internet Marketing

 

Semoga dengan mengetahui ke-6 (keenam) ragam digital marketing yang populer digunakan pelaku jualan online, marketer dan blogger di Indonesia, akan membuka jalan lebar menuju sukses pada berbagai bisnis online, apapun produk yang kamu pasarkan dan promosikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *