Saluran Terbaik Untuk Konten Perekrutan Karyawan

Untuk satu dan lain hal, secara mendadak perusahaan akan melakukan perekrutan karyawan. Terkait di dalam proses perekrutan agar mendapatkan karyawan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, pemilik usaha dan atau Human Resource Department (HRD) menggunakan berbagai saluran konten marketing online dan offline.

 

Andai Kamu saat ini sedang melakukan sebuah proses perekrutan dadakan, tetap harus menggunakan berbagai metode dan saluran terbaik, platform dalam ruang dan luar ruang, maupun menggunakan media sosial. Tujuannya agar kandidat yang diharapkan dapat dijangkau lebih luas. Selain itu, sekarang ada zaman digital maka eksistensi untuk memanfaatkan konten marketing yang kreatif dan populis dapat membuat proses perekrutan yang Kamu lakukan lebih menarik bagi yang melihatnya.

 

Jika Kamu dan atau usaha sudah mempunyai brand, tentu telah memiliki audience yang sudah ditargetkan, serta tidak akan sulit menambah keefektivitasan upaya marketing rekrutmen karyawan Kamu. Sembari tetap memastikan bahwa audiens yang baru dapat menerima pesan secara utuh.

 

Baca juga: Ragam Digital Marketing yang Populer di Indonesia

 

Setelah penentuan target audience dilakukan, Kamu dapat mulai melakukan pertukaran maupun review beberapa ide terbaru dan relevan untuk materi perekrutan. Blog silaenseo.com mencermati ada beberapa ide media bagi konten marketing yang dapat meningkatkan proses perekrutan yang Kamu kerjakan. Di antaranya:

 

1) Menggunakan Saluran Blog

Kamu dapat membuat berbagai konten marketing, bisa dengan metode kerja sama (content placement) untuk mengiklankan lowongan pekerjaan (loker) melalui media digital. Sebagaimana diketahui, saat ini media blog telah dijadikan sebagai salah satu alat pemasaran dan telah memiliki peran besar dalam proses rekrutmen.

 

Jika ada keinginan untuk memperbanyak kandidat karyawan atau pekerja, maka perlu mencoba sesuatu yang berbeda agar lebih maksimal menjangkau pasar tenaga kerja. Jadi, manfaatkan kekuatan internet dan kebutuhan pengguna atas berbagai informasi maupun hiburan. Salah satunya dengan blog, dan bila perlu membuat satu situs web yang khusus (micro office) untuk perusahaan Kamu atau bisnis yang dijalankan.

 

Ingat, di era digital marketing, blog berkembang saat pesat sebagai satu kekuatan dan alat yang tepat untuk menampilkan apa yang ada dan terjadi di balik layar perusahaan, seperti berisi informasi perusahaan dan pengumuman informasi. Selain itu, blog adalah platform yang tepat untuk menarik perhatian para kandidat agar tertarik dengan perusahaan Kamu.

 

Baca juga: Manfaat Blog Pribadi Untuk Internet Marketing

 

Satu hal yang penting diingat, bahwa blog dimaksud harus memiliki SEO dengan kualitas Search Engine Marketing yang mumpuni pada berbagai mesin pencarian, utamanya google. Tentu SEO Marketing dengan target kata kunci yang berhubungan erat dengan perekrutan karyawan ataupun produk perusahaan Kamu.

 

2) Infografik

Infografik merupakan salah satu sumber yang sangat berguna untuk mencantumkan konten marketing dalam perekrutan karyawan.  Info grafis ini bisa menggabungkan kekuatan kata, data, dan visual sehingga akan lebih memudahkan kandidat untuk mencerna informasi yang disajikan. Sebagai aset visual, info grafik juga memiliki banyak kegunaan. Infografik sendiri dapat digunakan di dalam situs karir perusahaan, blog, media sosial, email newsletter dan iklan digital di media ruangan lain.

 

3) Podcast

Media podcast saat ini sedang lagi naik daun dan populer digunakan para marketer. Saat ini banyak sekali organisasi dan individu yang membuat podcast dengan tema yang bermacam-macam. Podcast kini menjadi cara terbaik dan sangat ekonomis untuk berbagi berita dan pandangan perusahaan dengan khalayak luas.

 

Untuk itu, Kamu harus membuat konten marketing untuk perekrutan dengan menggunakan saluran podcast. Alasannya, karena podcast dapat membuat brand Kamu kelihatan lebih menarik, profesional dalam hal memberi beragam informasi yang dapat dikaitkan dengan dunia pencari kerja. Kamu juga dapat menyiarkan beragam info karyawan di podcast untuk membahas talent, peran, tujuan organisasi, dan budaya perusahaan.

 

4) Video

Selain podcast, saluran video saat ini sangat digemari banyak orang. Tak heran bila setiap hari ada saja postingan video di instagram, youtube dan facebook yang dibuat. Bahkan saat di dalam dunia marketing, video sangat penting untuk penyebaran konten dan bisnis endorse yang dilakukan para youtubers dan vlogger.

 

Baca juga: Strategi Konten Visual Marketing Untuk Bisnis 2021

 

Oleh karena itu, Kamu harus memprioritaskan sebuah konten video yang kreatif untuk mampu merekrut kandidat yang berkualitas. Kamu dapat membuat video dengan konten yang menyisipkan budaya perusahaan, atau keberagaman musik daerah yang ada di Indonesia. Dan video tersebut bisa Kamu sebarkan melalui media sosial yang di miliki perusahaan ataupun melalui peran iklan sponsor lainnya.

 

Setelah memikirkan dan mendapatkan ide tentang bagaimana membuat konten marketing, Kamu juga harus memikirkan bagaimana metode yang terbaik untuk memenangkan akuisisi talenta dalam persaingan perekrutan terhadap karyawan yang dibutuhkan perusahaan.

 

Untuk memenangkan akuisisi talenta, harus dilakukan dengan cermat karena karyawan yang tepat adalah investasi berharga bagi perusahaan. Atau bisa juga dengan menjalin kerja sama pada beberapa platform perekrutan. Mengapa? Karena, platform perekrutan yang berkembang saat ini banyak menyediakan career page untuk lebih mengoptimalkan employer branding perusahaan yang dapat di desain sesuai dengan identitas perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *