SEO UKM

SEO Mendongkrak Pemasaran Online Produk UKM

SEO menjadi solusi terbaik untuk pemasaran produk dan jasa yang mengalami kelesuhan akibat pandemi Covid19 dan atas adanya anjuran pemerintah untuk melakukan Work From Home (WFH). Memang, akibat Virus Corona ini, ada banyak dunia industri yang bangkrut atau terpaksa di tutup sementara oleh pemiliknya, tak terkecuali bisnis pada level usaha kecil menengah (UKM).

 

Pengaruh pandemi juga mengakibatkan para pengusaha, entrepreneur dan marketer harus terus berusaha keras untuk mencari dan menemukan strategi dan teknik pemasaran offline terutama online untuk menjamin berjalannya sirkulasi bisnis untuk survive dan menopang hidup yang berkelanjutan. Artinya, ada banyak tantangan tentang bagaimana semua bisa tetap dilakukan disaat adanya pembatasan akibat penerapan social distancing. Pun demikian, penggunaan internet dan handphone canggih (smartphone) dimaksimalkan untuk mendongkrak pemasaran dan sekaligus bisa membantu meningkatkan penjualan beragam produk UKM.

 

Namun, penting dipahami bahwa pemasaran online yang sepenuhnya bergantung pada jaringan internet membutuhkan cara ampuh agar dapat berjalan baik dan menjamin perkembangan UKM berkelanjutan. Pasalnya, pemasaran produk UKM di internet juga memerlukan adanya serangkaian strategi marketing kekinian. Salah satunya adalah pemanfaatan Search Engine Optimization (SEO) bersandar pada algoritma terbaru dan platform perangkat mobile (baik android maupun ios).

 

Oleh karena itu, pengoptimasian menyeluruh pada mesin pencarian perlu dilakukan untuk memasarkan produk usaha yang menopang calon pelanggan mudah menemukan, meski hanya menggunakan handphone. Selain itu, menggunakan SEO dapat lebih maksimal membidik setiap target marketing sesuai harapan dan kebutuhan pelanggan maupun tren produk usaha kecil menengah saat ini.

 

Baca juga: Manfaat Digital Marketing untuk UKM dan UMKM

 

Target pemasaran produk UKM tentunya dapat diperoleh secara baik dengan cara meningkatkan hasil urutan peringkat di mesin pencarian, yakni meraih posisi di halaman satu. “Bila memungkinkan produk muncul di snippet atau posisi zero di mesin pencariab. Dan cara tersebut cukup efektif dilakukan untuk mendongkrak penjualan,” ucap pakar SEO di Medan dan konsultan pemasaran online di Sumut, Hasudungan Silaen.

 

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa peran dan manfaat SEO untuk keberlangsungan usaha apa saja di masa pandemi Covid19 yang mengharuskan pelaku usaha harus Work From Home, menjadi peluang bagus dan sangat menguntungkan karena berbiaya murah, serta pengoptimasian dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone dari mana saja dan kapan saja.

 

SEO UKM

 

“Adanya optimasi SEO akan membuka peluang visitor organik semakin tinggi dan branding produk berjalan optimal. Pun demikian, apabila peringkat website atau blog UKM menempati urutan semakin di atas, maka pengunjung di kesempatan pertama akan langsung melirik produk-produk bisnis yang dipromosikan atau dipasarkan para UKM,” ungkap ahli SEO Medan ini.

 

Menelisik: Ahli SEO Medan untuk Pemasaran Bisnis di Internet

 

Menurut Hasudungan Silaen, keadaan saat ini sangat mendukung siapa saja untuk berbisnis secara online dan telah menjadi upaya untuk dapat menambah penghasilan tanpa batas. Selain pemanfaatan media sosial, memaksimalkan peran content placement (titip backlink) dan guest posting pada blog-blog yang dikelola personal blogger tentunya. Mengapa? Karena, hampir semua orang yang memakai mesin pencarian akan mengetik sebuah kata kunci (keyword) unik, pada saat mencari barang keinginannya. “Bisa jadi yang dicari itu produk atau barang yang ingin dimiliki dan didapatnya dari situs UKM kamu,” jelasnya.

 

Sejauh ini, lanjut Hasudungan Silaen, pelanggan baru dapat diperoleh dengan mudah dari pengunjung website UKM kamu yang sebelumnya ditemukan melalui search engine. Oleh karena itu, sudah seharusnya UKM memiliki sebuah website bisnis atau blog pribadi (personal) yang baik dan punya otoritas tinggi (baik domain atau DA maupun page atau PA) untuk mendongkrak volume penjualan dari usahanya.

 

Baca juga: Pelaku UKM Medan Masih Kesulitan Memasarkan Produknya

 

Lalu bagaimana cara agar website UKM tersebut mudah mendapatkan pelanggan baru? “Ya, harus rajin diisi oleh konten berkualitas (artikel, foto/gambar dan atau video) berisi produk-produk terbaru dari usaha UKM melalui penggumaan beberapa kaidah SEO agar indeks bekerja maksimal dan pelanggan pun dapat dengan mudah menemukan toko online milik pelaku UKM di Google. Dan jangan lupa agar rajin juga membagikannya ke grup media sosial lainnya untuk menambah daya ungkit meraih posisi teratas, berotoritas tinggi dan membentuk branding,” tambahnya.

 

Meskipun share di media sosial (medsos) ini sangat mudah dilakukan, banyak pelaku UKM yang mengabaikan cara dan strategi ini karena faktor kesibukan berbisnis dan atau pengembangan produk terbaru. Jadi, tak heran bila kondisi itu menjadi satu peluang besar semakin berkembangnya pasaran online untuk profesi jasa SEO spesialis bagi UKM.

 

Baca juga: Eksistensi Jasa SEO untuk Pemasaran Bisnis yang Optimal

 

Apalagi di zaman yang semakin modern dan serba digital seperti sekarang ini, membuat banyak orang mau tidak mau harus mengikuti alur modernisasi dan berkolaborasi dengan konsep digital marketing UKM. Bila tak mengadopsi penggunaan SEO, maka produk akan tenggelam dan tak dikenal oleh masyarakat.

 

Jadi, usaha yang tadinya dilakukan secara offline mulai bergeser ke online untuk menjangkau pelanggan potensial yang lebih luas dan berdaya saing unggul di search engine, meski hanya memanfaatkan blog pribadi untuk mendongkrak pemasaran di klaster bisnis lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *