Social Media Marketing Usaha Kuliner

Social Media Marketing Untuk Usaha Kuliner

Saat ini media sosial (medsos) sudah menjadi ujung tombak marketing usaha jenis kuliner yang banyak dilirik para pengusaha, entrepreneur maupun marketer. Pasalnya, social media merupakan komunitas baru yang terbentuk akibat adanya kemajuan teknologi pada dunia digital dan internet.

 

Salah satu media sosial yang banyak digunakan masyarakat Indonesia adalah instagram. Tak heran, banyak publik figur, artis yang mulai melirik bisnis kuliner sebagai salah satu konten yang akan dishare di akunnya. Oleh karenanya, pelaku usaha pun harus ‘all out’ membuat akun-akun reviewer makanan. Tujuannya tentu saja agar follower dapat ditarik menjadi pelanggan berbagai menu makanan atau minuman yang didagangkan melalui strategi jualan kekinian dengan cara dan metode internet marketing.

 

Bila semakin jauh diperhatikan, instagram telah melahirkan akun-akun reviewer makanan meski banyak dari akun tersebut bukanlah pemilik restoran makanan atau kedai minuman. Hanya dengan bermodalkan postingan foto, video durasi pendek, dan sedikit caption, akun-akun dengan hastag, seperti: #food, #foodporn, #foodie, #instafood, #foodstagram, #instagood, #foodblogger, #foodies, #cooking, #lunch, dan hastag #restaurant kebanjiran follower. Pada akhirnya, kamu pun tertarik untuk meng-endorse akun-akun semacam itu.

 

Baca juga: Pemasaran Bisnis Kuliner Online Melalui Instagram

 

Nah, sebagai pebisnis kuliner yang merintis online marketing, restoran atau kedai kuliner kamu akan lebih ramai dibanding sebelum menggunakan strategi social media marketing. Tidak hanya itu, ada banyak keuntungan lain yang bisa diperoleh bila menjalankan usaha kuliner melalui social media marketing, seperti:

 

a) Kunjungan konsumen ke restoran atau cafe meningkat;

b) Setiap event yang dilaksanakan melingkupi dagang di kedai pasti selalu ramai;

c) Biaya marketing lebih hemat;

d) Menciptakan fanbase kuliner kamu;

e) Memudahkan kamu untuk menemukan segmen pasar yang pas;

f) dan, membuat konsumen mengenal secara baik seluruh menu serta range harga yang ditawarkan;

 

Sebenarnya, perihal marketing di instagram keuntungannya tidak hanya bagi anda saja. Melainkan, kehadiran bisnis kuliner kamu di media sosial secara otomatis akan memudahkan konsumen sendiri. Bukti manfaat social media marketing bagi bisnis food and beverage dirasakan oleh rey cafe.

 

Social Media Marketing Usaha Kuliner

 

Social media marketing fact

Tentu, pihak marketing rey kafe telah secara matang membuat rencana pemasaran online. Sehingga dengan sengaja memakai cara digital marketing di social media sebagai tagline untuk ‘tempat nongkrongnya keluarga dan kawula muda’ sebagai target konsumen. Artinya, pemakaian media sosial sebagai sarana marketing sangat hebat. Pihak Rey Coffee tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

 

Berkat adanya follower tersebut, pihak manajemen rey cafe lebih leluasa melancarkan berbagai taktik digital marketing. Tidak hanya sebagai sarana promosi online, media sosial dimanfaatkan pula sebagai media interaksi dengan konsumen, yakni populer disebut dengan engagement.

 

Menelisik: 7 Jenis Digital Marketing Untuk Bisnis Kuliner

 

Kesuksesan rey coffee ini pun bukan tanpa dasar. Sejak awal berdiri, rencana untuk menyasar segmen anak muda yang dikenal sebagai generasi milenial, sehingga media sosial merupakan channel tepat dijadikan sebagai media marketing.

 

Variasi konten digital marketing

Berperan sebagai media promosi, media sosial menyediakan berbagai fitur keunggulan dan kemudahan dalam mengoperasikannya. Salah satunya mengenai jenis konten digital marketing. Pada media sosial, kamu bisa mengunggah foto, video, poster, bahkan image berformat gif.

 

Selain itu, setiap konten memiliki efektivitas masing-masing. Jadi, berbeda media sosial maka beda pula konten yang cocok untuk diposting sebagai bahan promosi atau pemasaran. Namun, secara general kombinasi antara konten visual dan teks (artikel) akan membuat postingan kuliner di social media akan lebih powerfull.

 

Optimalisasi segmen

Secara teori dan praktek, social media marketing harus disandingkan dengan beberapa media sosial lain. Artinya, untuk memaksimalkan kinerja pemasaran di internet, kamu tidak hanya bertumpu hanya pada 1 (satu) media sosial saja. Misalnya, facebook dan atau hanya instagram.

 

Menurut pengalaman saya (silaen.com), strategi digital marketing akan terasa semakin optimal dengan optimalisasi beberapa medsos yang digunakan sekaligus. Mengapa? Karena, setiap media sosial memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga butuh kepiawaian untuk memaksimalkannya dalam rangka memperluas pemasaran untuk menjangkau pelanggan lebih luas.

 

Baca juga: Perluas Pemasaran Kuliner, Gabung ke Merchant Ojol

 

Misalnya medsos instagram cenderung banyak konten foto dan video, sehingga cocok dijadikan display produk. Selain itu, interaksi antara pemilik restoran atau kedai dan konsumen pun bisa berinteraksi secara cepat dan terkesan familiar.

 

Tapi, bila ingin memastikan kedalaman informasi dan membentuk komunitas, maka social media facebook merupakan media dan lokasi yang tepat. Mengapa? Karena, facebook dipenuhi oleh konten teks (artikel) pengguna, sehingga kamu dapat lebih leluasa menelaah lebih lanjut tentang respon konsumen terhadap service atau produk kuliner yang diperdagangkan. Selain itu, facebook pun dapat kamu jadikan sebagai wadah diskusi antara kamu dan calon-calon konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *