Ojek Online

Strategi Pemasaran Bisnis Ojek Online

Era digital telah memunculkan menjamurnya bisnis ojek online (ojol) di Indonesia. Hebatnya, berbagai strategi pemasaran bisnis ride hailing dan ride sharing terus dikembangkan tidak sebatas promosi dan pemasaran dilakukan melalui media iklan kemudian menunggu customer mendownload aplikasi dan langsung order datang.

 

Padahal jika dikaji lebih dalam, strategi pemasaran ojek online jauh lebih kompleks. Terutama sekarang ini, telah bermunculan ojol lokal Tanah Air dan luar negeri yang mengandalkan era digital sebagai media pemasarannya. Iklim usaha perojolan Indonesia pun berubah drastis, dimana sebelumnya pangsa pasarnya dikuasai oleh perusahaan aplikator pemain lama (sebut saja Gojek dan Grab) kini dibayangi kehadiran okejek (okejack), maxim dan indriver.

 

Pemain ojek online baru ini pun telah membuat getir duo perusahaan aplikator raksasa dalam memperebutkan konsumen maupun calon mitra driver dan merchant. Demi mempertahankan dan memajukan bisnis, tentu masing-masing perusahaan aplikator mengandalkan para team marketing agar lebih mudah menggaet pasar di era digital.

 

Ojek Online

 

Strategi pemasaran bisnis tidak lagi monoton seperti pada zaman dulu yang masih menggunakan koran, majalah radio dan atau televisi. Saat ini telah terjadi pergeseran dan seorang digital marketing harus mampu menemukan strategi terampuh untuk meningkatkan omzet dan pendownload aplikasi (apk).

 

Channel Pemasaran yang Tepat Untuk Ojek Online

 

Memang benar, saat ini banyak saluran pemasaran dan sebagian besar sudah dikenal banyak orang khususnya internet marketers. Di era digital ada beberapa istilah penting yang sering digunakan dalam sistem pemasaran online. Semua istilah strategi ini harus dipelajari oleh team marketing ojek online dengan seksama, serta harus dipahami bahwa prosesnya juga tidak singkat.

 

Menarik dibaca: Cara Mengembangkan Strategi Pemasaran Buat Bisnis

 

Adapun beberapa strategi pemasaran online yang sangat tepat digunakan oleh perusahaan ojol di Indonesia adalah: 1) Cloud Marketing; 2) Online Marketing; 3) Close Range Marketing; 4) Call To Action Marketing; 5) Email Marketing; 6) Augmented Reality Marketing; 7) Inbound Marketing; 8) Content Marketing; 9) Search Engine Marketing (SEM); 10) Social Media Marketing; dan 11) Search Engine Optimization (SEO).

 

Nah, untuk mempelajari semua strategi digital marketing diatas tentu saja tidak mudah, bahkan tenaga dan biaya yang harus dikeluarkan sangat besar. Memang sih tidak ada rugi nya, jika perusahaan ojek online menginvestasikan waktu dan biaya dengan memfasilitasi para pegawai atau karyawannya untuk menimba ilmu dan mengikuti pelatihan digital marketing. Apalagi semua itu adalah untuk memajukan perusahaan bisnis aplikasi digital.

 

Meski begitu, masih ada cara yang termudah untuk menggunakan metode pemasaran tersebut secara praktis. Mengapa? Karena, melihat berbagai strategi pemasaran bisnis ojol salah satu strategi terbaik yang bisa dicoba adalah dengan melakukan strategi pemasaran dengan SEO. Memang belajar tentang SEO untuk digunakan dalam strategi bisnis ojek online akan membutuhkan waktu lama dan tidak mudah.

 

Analisa juga: Strategi Ahli Digital Marketing untuk Menguasai SEO

 

Namun jika tidak menggunakannya sudah pasti promosi akan kalah dengan kompetitor sejenis. Itu sebabnya, mengapa banyak hadir berbagai perusahaan SEO profesional yang siap membantu dalam memasarkan bisnis gojek, grab, maxim dan okejek saat ini.

 

Melalui strategi SEO ini, perusahaan aplikator akan mampu menjangkau pelanggan, baik secara lokal, nasional maupun internasional. Selain itu, perusahaan juga tidak perlu melakukan pemasaran secara berulang-ulang. Cukup optimasi secara terstruktur, sistematik dan massiv dengan mempelajari ilmu SEO atau mengikuti pelatihan SEO sudah lebih dari cukup untuk dijadikan modal mengembangkan strategi pemasaran online.

 

Lalu, apa yang menyebabkan strategi pemasaran bisnis dengan SEO begitu penting untuk ojek online Indonesia? Salah satu yang menjadi kendala terberat bagi marketing di era industri 4.0 adalah harus selalu bisa mengikuti perubahan kondisi dan situasi lapangan. Seperti zaman penggunaan digital sebagai media pemasaran yang efektif.

 

Telaah juga: Strategi Konten Visual Marketing Untuk Bisnis 2021

 

Bagi yang sudah nyaman menggunakan strategi pemasaran secara offline pada bisnis ride hailing atau pun ride sharing, hal ini akan menjadi sebuah tantangan besar untuk mengenal dan menggunakan pemasaran dengan digital ini. Maka, tak heran jika diluaran sana banyak pelaku usaha yang sudah berdiri sejak puluhan tahun tiba-tiba gulung tikar, karena tidak bisa menyesuaikan perkembangan zaman dan keinginan pasar.

 

Jika bisnis sudah lama dirintis bisa survive, mau tidak mau harus bisa mengganti metode pemasaran lama dengan metode yang baru. Kamu tidak perlu takut meskipun saat ini masih kesulitan memahami strategi ini. Semua kekurangan dibidang pemasaran digital akan diatasi dengan baik jika mempercayakan pemasaran bisnis pada team digital marketing atau khusus menggunakan agency.

 

Tak dipungkiri saat ini ada banyak top perusahaan SEO yang sudah bekerja sama dengan perusahaan ojek online maupun berbagai jenis lembaga dan organisasi (meliputi Lembaga Negara, Organisasi Internasional, Perusahaan Swasta baik Nasional maupun Internasional). Tentu semuanya berkeinginan untuk meraih peringkat paling atas di mesin pencari, meski secara prinsip teknik dan strategi yang dilakukan akan berbeda di setiap perusahaan. Kok berbeda? Karena masing-masing perusahaan tentu memiliki target kata kunci atau keyword yang tidak sama, sehingga wajar saja strategi SEO nya juga berbeda. Artinya strategi SEO untuk pemasaran Maxim tidak sama dengan strategi SEO buat pemasaran okejek Indonesia. Begitu seterusnya.

 

Hal ini yang menjadikan pekerja SEO atau jasa perusahaan SEO memiliki keunggulan tersendiri yang tidak ada pada perusahaan jasa SEO lainnya. Selain adanya, berbagai sertifikasi dan penghargaan yang berhasil disabet dan berbagai macam cara baru hasil dari uji coba yang sudah dilakukan sebelum akhirnya melakukan optimasi untuk pelaku bisnis ojol di era digital ini.

 

Berkembang pesat nya SEO Indonesia yang digunakan untuk sebagai satu bidang digital marketing strategist, team yang bekerja harus paham dengan apa yang dirasakan pebisnis ojek online di luaran sana dengan berkolaborasi pada perkembangan zaman seperti sekarang ini. Jangan hanya duduk manis di kantor ojek online tanpa memiliki inisiatif untuk mengembangkan digital marketing untuk menggaet jumlah pelanggan.

 

Baca juga: Alamat Kantor Cabang Pemasaran Maxim Ojek Online

 

Agar bantuan memperkenalkan dan memajukan strategi pemasaran bisnis dapat fokus pada produk, maka SEO adalah jawaban pemasaran terbaik terhadap produk berbagai jenis bisnis transportasi online. Produk layanan ride hailing dan atau ride sharing yang akan dioptimasi jadi memiliki kemampuan bersaing dengan kompetitor ojek di era digital ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *