Pemasaran Produk

Strategi Pemasaran Produk Efektif 2021

Tahun 2020 akan berakhir, penting dilakukan evaluasi digital atas strategi pemasaran produk apakah berjalan efektif atau tidak. Mengapa? Karena, tahun 2021 akan banyak tantangan pasca ketidakpastian pandemi covid19.

 

Mau tak mau, strategi pemasaran produk adalah hal penting yang ikut menentukan performa perusahaan bersaing di 2021. Nah, agar kegiatan pemasaran di tahun depan dapat mencapai target yang akan ditetapkan, maka kamu selaku pengusaha, entrepreneur atau pun marketing penting sekali menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk mendongkrak penjualan maupun menambah jumlah pelanggan.

 

Intinya, strategi pemasaran produk merupakan sebuah kegiatan bisnis yang bertujuan untuk memperkenalkan produk secara luas, sekaligus memperkokoh branding agar tak terbenam oleh pesaing.

 

Mengingat hal itu, dalam menyusun sebuah strategi pemasaran pada perusahaan tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Penting secara detail mengidentifikasi cara pemasaran produk seperti apa yang cocok dan mudah diterima oleh para konsumen yang menjadi target produk.

 

Pasca disahkan UU Cipta Kerja atau Omnibus Law, menyangkut klaster UKM dan UMKM sangat terbantu. Dimana, khusus masalah perizinan tidak lagi dipersulit. Korelasinya, akan banyak usaha baru yang membutuhkan beberapa cara pemasaran produk terbaik guna untuk meningkatkan penjualan produk. Dan strategi pemasaran kekinian, utamanya berbasis digital tidak mengenal apakah produk itu berasal dari perusahaan besar, menengah atau kecil. Produk dimaksud punya peluang yang sama untuk mendapatkan pelanggan potensial.

 

Menelisik: Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Properti

 

Lalu, strategi pemasaran seperti apa yang moncer di tahun 2021? Berikut ulasan silaenseo.com.

 

1) Sosial Media Marketing (SMM)

Salah satu cara yang sangat efektif untuk memasarkan produk adalah dengan menggunakan sosial media atau medsos, seperti youtube, linkedin, twitter, instagram dan youtube. Mengapa? Pasalnya, hampir semua orang dari berbagi macam latar belakang pasti memiliki minimal satu akun media sosial dan aktif menggunakannya setiap hari.

 

Social media marketing ini juga lazim digunakan marketer dan layanan jasa digital marketing untuk bisnis mereka. Nah, dengan menggunakan strategi medsos ini, perusahaan dapat menjalin interaksi secara langsung dengan para pelanggannya baik online maupun offline.

 

Pemasaran Produk

 

Kelebihan dan keuntungan dari cara pemasaran di media sosial ini, adalah biaya yang cenderung murah namun dengan hasil jangkauan yang luas dan tepat sasaran.

 

Caranya memang mudah, yaitu share konten (artikel, gambar/foto dan atau video) atau bisa dengan cara copypaste link website perusahaan atau blog digital marketing. Meski mudah, tapi tetap saja sebagian pengusàha karena terlalu sibuk tidak memiliki waktu di kesempatan pertama untuk mempromosikan atau memasarkan produknya di media sosial.

 

Baca juga: Mau Bisnis Online Berkembang? Lakukan 6 Pemasaran Ini

 

Untuk itu, agar perusahaan bisa berkembang baik di tahun 2021 maka jangan lalai atau sepele dengan strategi pemasaran ini. Silakan pelajari lebih jauh mengenai social media marketing, bahkan bila perlu ikut pelatihannya. Tujuannya, agar segmentasi pasar, syarat, manfaat, dan prosedur yang menjadi faktor penentu kesuksesan aktivitas marketing bisa tercapai dengan cepat dan baik.

 

2) Menawarkan Produk Secara Gratis

Cara poin ke-2 (kedua) ini dianggap ampuh untuk menjaring para konsumen sebanyak-banyaknya. Kecenderungan, penawaran produk secara gratis sangat efektif bagi kebanyakan konsumen yang belum pernah membeli sebuah produk, atau setidaknya ingin mencobanya terlebih dahulu.

 

Oleh karena itu, perusahaan bisa menyelenggarakan event atau mencoba menawarkannya secara langsung salah satu contoh produk secara door to door. Nah, jika perusahaan yang kamu jalankan bergerak dalam bidang jasa digital marketing untuk SEO produk restoran (kuliner), maka kamu bisa menawarkan free trial atau mencoba gratis. Tanpa disadari cara tersebut dapat menarik minat para calon konsumen untuk mengetahui produk yang ingin mereka beli atau sewa.

 

Baca juga: Manfaat Blog Pribadi untuk Internet Marketing

 

3) Pilih Lokasi yang Strategis

Selain menggunakan media sosial (medsos) dan menawarkan produk secara gratis, strategi pemasaran lain yang tidak kalah efektif yakni memilih tempat yang tepat. Dengan memilih tempat yang strategis, produk yang kamu tawarkan akan memiliki kemungkinan terbesar untuk di lihat lebih tinggi oleh para pelanggan. Sehingga hal ini dapat memicu penjualan produk yang tinggi.

 

Untuk kriteria pemilihan produk dapat disiasati dengan cara menyesuaikan diri pada target pasar yang ingin dijangkau. Misalnya, kamu memutuskan untuk membuka usaha salon atau barbershop untuk kebutuhan anak kos kosan, maka disarankan untuk memilih tempat di dekat area kampus. Nah dengan pertimbangan tersebut, kemungkinan produk kamu terjual dengan cepat adalah sangat besar.

 

4) Beri Insentif untuk Rekomendasi

Sebuah produk akan terlihat lebih bagus dan juga akan semakin dipercaya ketika ada yang menawarkan atau merekomendasikan secara langsung ke jaringan mereka. Untuk bisa mendapatkan rekomendasi atau testimoni yang positif ini, kamu bisa memberikan penghargaan berupa intensif yang menarik atas usaha dan upaya yang sudah mereka lakukan.

 

Strategi adanya pemberian penghargaan ini, secara tidak langsung perusahaan akan memenangkan 2 (dua) pihak untuk sasaran marketing-nya yakni pelanggan yang loyal dan calon pelanggan. Memang, saat ini cara rekomendasi produk memang lebih banyak dipilih, karena bisa digunakan hampir semua jenis bisnis.

 

5) Menjaga Hubungan Harmonis dengan Pelanggan

Pelanggan loyal menjadi salah satu aset penting yang harus dijaga dengan baik oleh perusahaan. Mereka lah yang setia membeli produk kamu berulangkali, sehingga ikut andil dalam menyumbang pemasukan secara rutin pada perusahaan kamu. Jika tidak ingin kehilangan aset penting tersebut, maka pastikan untuk selalu menjaga keharmonisan ini dengan cara menjalin hubungan yang baik.

 

Caranya? Ya, kamu perlu memberikan penghargaan berupa hadiah secara langsung atas pembelian yang sudah mereka lakukan selama ini. Cara yang satu ini ternyata sangat efektif untuk membuat pelanggan tersebut tetap loyalitas menggunakan produk kamu meski banyak produk pesaing.

 

Baca juga: Strategi Konten Visual Marketing untuk Bisnis 2021

 

Strategi pemasaran produk yang dibahas, telah terbukti ampuh dapat meningkatkan penjualan dengan cepat. Nah, jika kamu tetap mengalami kendala pemasaran, bisa konsultasi pada mentor atau pakar pemasaran terbaik di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *