Strategi Pemasaran Penjualan Properti

Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Properti

Bisnis properti sedang stagnan akibat pandemi corona, belum lagi ketatnya persaingan dari pemain lama dan baru yang progresif menjalankan strategi pemasaran membuat calon pembeli jadi sangat selektif mencari hunian.

 

Mau tak mau untuk memenangkan pasar, butuh terobosan baru sebagai strategi pemasaran properti yang mengikuti dinamika perkembangan pola pikir pelanggan agar bisa menggaet. Artinya dibutuhkan teknik yang praktis, tepat dan efisien serta inovasi modern agar berhasil meningkatkan angka penjualan.

 

Memang benar, salah satu percepatan yang sering mengalami perubahan adalah teknologi. Kondisi ini, membuat marketers harus memikirkan ulang cara penggunaan teknologi di dalam strategi pemasaran yang bagus digunakannya, apakah sudah ketinggalan jaman atau ada penyempurnaan dan penambahan (update) aplikasi versi terbaru pada teknologi tersebut.

 

Hal ini perlu dilakukan agar materi pemasaran dapat tersampaikan dengan baik ke pelanggan atau teknologi dimaksud makin support dikembangkan ke fase digitalisasi bisnis mengikuti laju industri 4.0.

 

Strategi Pemasaran Penjualan Properti

 

Dalam catatan silaenseo.com, sedikitnya ada 3 kelompok besar yang lazim digunakan sebagai tips dan strategi pemasaran properti terbaik dan kekinian yang populer untuk meningkatkan penjualan, yaitu:

 

1) Internet Marketing

Keberadaan internet marketing adalah yang paling banyak digunakan para pemasar dan perannya sangat penting memengaruhi pola pemasaran properti di seluruh dunia. Mengapa? Karena di jaman modern ini, teknologi sudah seperti kebutuhan primer hingga tak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan manusia. Lihat saja, kemana pun orang pergi pasti membawa handphone yang tersambung dengan jaringan internet.

 

Telisik juga: Cara Mengembangkan Strategi Pemasaran Buat Bisnis

 

Tentu, kamu dapat memanfaatkan dan berkolaborasi dalam hal ini dengan memasukan teknologi internet marketing dalam setiap perencanaan pemasaran yang ingin dijalankan, terutama menggebrak pasar yang ditargetkan hingga ke pelosok.

 

Tapi, kamu harus paham bahwa hal utama dalam strategi internet marketing untuk bisnis ini, apakah kamu telah memiliki website atau blog atau email (surel) profesional? Ingat bahwa di jaman yang selalu mengandalkan teknologi digital, website perusahaan dan email profesional telah dianggap sebagai wajah brand bisnis oleh berbagai pihak.

 

Nah, jika customer dan para kolega tidak melihat kredibilitas di kedua hal diatas, kemungkinan besar mereka bisa jadi mengurungkan niat untuk membeli produk yang di jual dan atau tak jadi berinvestasi. Tentu hal ini harus kamu hindari, sebab menimbulkan kerugian dan bisnis sulit berkembang.

 

Baca juga: 9 Strategi Pemasaran Properti Saat Pandemi dan PSBB

 

Jadi, kamu harus segera mengambil langkah dan kebijakan untuk memulai strategi tersebut, yakni dengan membuat website perusahaan yang memakai nama domain sendiri, misalnya namabisnissilaen(dot)net untuk customer global, atau namabisnismedan(dot)co(dot)id untuk mengacu pada customer dalam negeri atau lokal.

 

Untuk pemilihan nama domain ini agar tidak terjadi kesalahan, maka kamu sebaiknya mendiskusikan hal ini kepada pekerja digital marketing perusahaan untuk pemilihan nama domain perusahaan yang tepat sesuai dengan brand kamu.

 

Penting dilaksanakan bahwa website juga harus diisi dengan berbagai konten (artikel, gambar dan video) yang berkualitas dan menyesuaikan dengan SEO atau Search Engine Optimization agar ramah bagi pembaca atau pengunjung dan juga baik bagi search engine itu sendiri, misalnya google, bing dan yandex.

 

Tujuan menggunakan SEO dengan teknik optimasi nya agar produk hunian yang sedang dipasarkan mudah ditemukan para pengguna internet dan meningkatkan jumlah pengunjung ke website karena berada di halaman pertama (page one). Jadi, bila memiliki kendala dalam hal optimasi maka jalan terbaik adalah dengan menggunakan jasa optimasi lokal yang ditawarkan oleh ahli SEO di Indonesia.

 

Baca juga: Ahli Digital Marketing Dengan SEO Lokal Medan

 

Selain web atau blog, penggunaan nama surat elektronik atau e-mail profesional juga tak kalah penting dalam menciptakan aura positif dalam menarik para pembeli hunian. Dengan menggunakan email profesional, kamu akan dapat semakin memperkuat kredibilitas bisnis properti di mata customer dan kolega. Ingat, email profesional yang dimaksudkan adalah mengacu pada penggunaan nama@BisnisSaya(dot)net dibanding memakai nama@gmail(dot)com.

 

Selain itu, strategi marketing media sosial (Social Media Marketing) harus wajib dimiliki dalam menggebrak kinerja internet marketing agar makin maksimal. Hal ini khusus bagi kamu yang menargetkan masyarakat umum.

 

Channel yang sangat disarankan untuk memaksimalkan kinerja pemasaran via media sosial adalah: Instagram, Facebook, dan Twitter. Pemaksimalan melalui ketiga channel ini lebih mempermudah kamu menjangkau segala lapisan masyarakat yang giat berkomunitas di dunia maya.

 

Namun, seandainya bisnis kamu lebih spesifik menargetkan sesama pelaku bisnis (B2B), maka memaksimalkan pemasaran ada baiknya selain memiliki website atau blog personal, e-mail bisnis, dan media sosial (medsos), adalah menggunakan iklan media massa misal koran, portal berita online maupun pasang iklan di blog milik para personal blogger.

 

2) Iklan Media

Selain pasang iklan di media massa, strategi memasang iklan digital melalui Google Ads, Facebook Ads dan Twitter Ads juga wajib kamu pertimbangkan sepanjang budget yang tersedia cukup.

 

Penggunaan Google Ads, Twitter dan Facebook Ads akan memberikan kamu keleluasaan untuk mengatur sendiri segmentasi tampilan iklan properti pada audiens sesuai target pasar yang akan dimasuki.

 

Telaah juga: Strategi Ahli Digital Marketing untuk Menguasai SEO

 

Selain dapat menghemat biaya pemasaran, tentu iklan kamu akan lebih efektif menggaet pelanggan potensial.

 

3) Integrasi Teknologi Kekinian

Tujuan dari strategi pemasaran properti adalah untuk meningkatkan minat customer pada produk yang hendak dijual. Karena itu, jangan pernah sia-siakan customer yang tertarik pada produk kamu pada kesempatan pertama. Langkah yang paling penting selanjutnya yang menjadi skala prioritas adalah mengenai penampilan produk kamu yang akan dilihat customer.

 

Untuk menjamin terlaksananya kebutuhan ini, kamu dapat menyewa seorang fotografer handal untuk menampilkan produk properti-mu semaksimal mungkin di media umum atau media sosial atau anda dapat mempertimbangkan menggunakan VR sebagai wajah dari produk hunian yang diperdagangkan.

 

Saat ini, pemanfaatan Virtual Reality (VR) telah terbukti sangat efektif meningkatkan integritas bisnis dan memberikan pemahaman mendalam akan aneka produk properti kamu pada customer yang beragam. Dalam hal ini, nantinya para customer dapat merasakan langsung bagaimana suasana dalam properti dan juga akan mendapatkan kesan yang lebih mendalam pasca VR.

 

Amat disayangkan, teknologi VR masih tergolong jarang digunakan dan bila digunakan harganya pun cukup mahal. Untuk itu, kamu harus punya metode khusus untuk mencari dan melobi perusahaan yang menyediakan jasa penyewaan VR dan atau pembuatan Augmented Reality dengan harga dan fasilitas yang efisien dan terjangkau khusus bagi para pelaku bisnis properti.

 

Baca juga: Strategi Konten Visual Marketing Untuk Bisnis 2021

 

Itulah tiga kategori strategi pemasaran properti yang menurut silaenseo.com paling baik untuk menambah wawasan dan materi dalam rancangan pemasaran selanjutnya untuk meningkatkan penjualan properti ke depan. Walaupun harus sadar bahwa perihal menjual properti tentu saja memiliki tantangannya tersendiri seiring berkolaborasi pada perkembangan zaman kekinian yang sangat cepat mengalami perubahan.

 

Namun, dengan menggunakan strategi yang tepat, efisien dan totalitas tentunya akan dapat menghemat seluruh biaya pengeluaran dan mendapat hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat dan termotivasi untuk terus melakukan perubahan dalam meraih kesuksesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *