Teknik Maksimalkan SEO Marketing

Teknik memaksimalkan SEO website atau blog untuk kebutuhan marketing wajib diketahui pengusaha, entrepreneur dan marketer. Terutama, bila kamu sedang merintis sebuah bisnis dan ingin memasarkan secara digital dan online.

 

Saat ini sedang booming bisnis online, dan sebagian besar menggunakan strategi pemasaran yang sangat efektif untuk memenangkan persaingan di mesin pencari, contohnya Google dan Bing. Sudah menjadi fakta, bahwa website/blog yang berada di posisi 10 besar di hasil pencarian google dan bing untuk kata kunci (keyword) yang jadi target kamu, maka dipastikan pengunjung website/blog kamu akan banyak berasal dari search engine.

 

Selain itu, kemungkinan besar dari sekian banyak pengunjung tersebut pasti akan membeli produk atau menggunakan jasa yang dijual melalui website/blog kamu. Kondisi ini membuat pemasaran melalui search engine optimization atau SEO boleh dikatakan sebagai teknik online marketing yang paling elit dan efektif. Mengapa? Karena gratis bagi siapa saja, konversinya biasanya sangat tinggi, dan membuat proses branding berjalan baik.

 

Namun, untuk membuat website/blog kamu dapat masuk 10 besar hasil pencarian google, bukanlah perkara mudah tapi bukan berarti jadi pesimis. Pasalnya, ada banyak informasi di internet yang membahas tentang tips dan trik agar sebuah situs optimal memenangkan persaingan kata kunci di search engine, terutama google. Dari beberapa informasi yang saya (silaenseo.com) amati, ada yang secara detail memberikan tips optimasi On Page dan sebagian lagi ada yang mengkhususkan diri memberikan tips optimasi Off Page.

 

Saya (silaenseo.com) akan mencoba merangkum secara garis besar, apa saja hal penting dan mendesak segera dilakukan untuk memaksimalkan kinerja SEO (search engin optimization) marketing atas sebuah website/ blog bisnis.

 

Baca juga: Teknik SEO Marketing Terhadap Nama dan Produk

 

Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan SEO marketing sebuah blog/website bisnis:

 

1) Melakukan Riset Kata Kunci yang Menjadi Target

Ketika kamu akan membuat sebuah website untuk aktivitas bisnis online, misalnya menjual produk dan/atau jasa, tentunya kamu tidak membuatnya begitu saja tanpa ada sebuah perencanaan yang matang dan komprehensif. Langkah pertama yang sangat penting dan wajib kamu lakukan adalah mencari tahu bagaimana banyak orang mengetik kata kunci di search engine google dalam konteks untuk mencari informasi yang dibutuhkan setiap hari.

 

Lalu bagaimana caranya? Kamu dapat melakukan riset keywords dengan menggunakan alat bantu yang datanya terhimpun di Google Adwords. Misalnya Keyword Tools, dimana layanan ini disediakan oleh Google secara gratis dan sangat mudah melakukannya. Jadi, tak ada alasan bagi kamu untuk mengatakan, bahwa riset keyword sangat sulit dikerjakan.

 

2) Menggunakan Keywords on Domain

Point kedua ini, ada silang pendapat antar pakar SEO. Pasalnya, pasca update algoritma ‘penguin’ beberapa pakar SEO dan ahli internet marketing mengatakan, bahwa menggunakan keywords on domain adalah suatu strategi optimasi yang buruk karena bisa dianggap SPAM oleh search engine. Sebagian pakar lainnya mengatakan teknik SEO agar semakin maksimal sangat penting menggunakan keywords on domain.

 

Berhubung saya (silaenseo.com) bukan seorang master SEO atau orang yang memiliki keahlian super setingkat ‘dewa SEO’ di dunia optimasi website/blog. Namun, cukup mengerti bahwa di dunia online marketing yang saya geluti, ada banyak orang mengatakan hal-hal yang tidak pasti seolah paling banyak mengerti tentang SEO dan bahkan berani memberi garansi pasti masuk 10 besar di search engine.

 

Baca juga: Cara Menjadi Ahli SEO Sekaligus Pakar Internet Marketing

 

Menurut pendapat dan analisa saya (silaenseo.com), bahwa sebenarnya domain yang dipakai tidak mutlak harus berisi kata kunci. Tapi, dengan cara memasukkan keywords di dalam domain tentunya akan semakin maksimal membantu mesin pencari untuk memberikan informasi dan petunjuk tentang fokus (niche) website/blog yang dibuat. Misalnya, kamu membuat web tentang toko fashion, penyedia jasa penulisan artikel atau jasa jual backlink, bisa saja menggunakan domain tokoseo.com, fashionseo.com, tokobacklink.com, artikelseo.com, jasafashion.net, dan lain sebagainya.

 

Sedangkan contoh domain yang tidak menggunakan keywords on domain biasanya adalah website perusahaan-perusahaan, contohnya instagram.com, google.com, youtube.com, facebook.com, twitter.com, yandex.com, detik.com, baidu.com, yahoo.com, dan lain sebagainya.

 

Kesimpulan saya (silaenseo.com), bahwa pokoknya penggunaan keywords on domain tidak pernah berbahaya untuk situs/blog/website kamu, hal itu hanya berlaku untuk situs-situs penyebar SPAM, dan tentu saja tidak terlintas dipikiran untuk membuat sebuah situs SPAM. Menggunakan kata kunci tertentu pada domain situs milik kamu adalah sesuatu yang baik, dan saya (silaenseo.com) menyarankan agar senantiasa menggunakan ekstensi Top Level Domain (TLD) yang sesuai dengan core bisnis, misalnya ekstensi dot com untuk situs komersial.

 

3) Menggunakan Platform Website yang Tepat

Sebenarnya tidak ada masalah mau membangun situs dengan menggunakan platform apa saja. Pokoknya platform tersebut sangat kamu sukai. Bagaimanapun juga, bila kamu ingin membuat sebuah situs yang google friendly dan user friendly maka platform WordPress atau Blogger adalah pilihan terbaik. Pada kedua platform tersebut, kamu juga dapat mengelola SEO secara baik, dan juga dapat memudahkan kamu membuat tampilan situs dan sajian berbagai produk agar terlihat lebih baik dan sangat profesional.

 

Baca juga: Digital Marketing SEO Untuk Kampanye Produk

 

4) Memiliki Banyak Konten yang Berkualitas

Muncul perdebatan antar ahli SEO tentang konten berkualitas itu sebenarnya seperti apa dan bagaimana pula teknik yang digunakan. Sebagian mengatakan, bahwa artikel yang diposting minimal 500 kata, dan sebagian lagi mengatakan, artikelnya minimal memuat 800-1000 kata, dan seterusnya. Fakta yang tak terbantahkan adalah tak ada yang lebih baik dari sebuah konten original. Jadi, buatlah konten untuk pembaca kamu, buatlah bagaimana caranya agar para pembaca ingin membaca seluruh konten secara terus menerus.

 

Penting diketahui, pihak google telah memberikan syarat, bahwa konten adalah raja, maka sebaiknya kamu tetap mengupdate website/blog dengan konten yang original dan menarik bagi pembaca kamu, serta jumlahnya tidak terbatas.

 

5) Menggunakan Media Sosial (Medsos)

Saat ini adalah era penggunaan teknologi digital, tentu siapa pun pernah dengar dan atau menggunakan twitter, instagram, facebook, youtube, linkedin, tumblr, reddit, dan lain sebagainya. Setidaknya pasti ada yang menggunakan lebih dari satu akun medsos. Jadi bila ada pengusaha, entrepreneur dan marketer tidak punya akun media sosial pribadi dan/atau bisnis, saya pikir itu sesuatu yang terlalu.

 

Bagi pemilik situs, memiliki akun twitter, instagram dan facebook adalah sebuah keharusan, apalagi digunakan sebagai alat promosi dan pemasaran. Media sosial ini tidak hanya akan membantu SEO blog/website kamu, akan tetapi juga akan menambah jumlah pengunjung organik ke website/blog.

 

6) Langkah Membangun Backlinks

Sebagaimana lazimnya, algoritma search engine selalu berubah dari waktu ke waktu mengikuti perubahan teknologi digital. Namun, hal penting yang tidak akan pernah berubah di dalam SEO adalah eksistensi backlinks. Nah, ketika kamu membangun backlinks untuk sebuah situs bisnis maka diharuskan membangun backlinks yang berkualitas.

 

Agar tidak terbeban, gunakan waktu senggang yang ada untuk membangun backlinks berkualitas dan dilakukan secara terus menerus tahap demi tahap dengan target yang jelas pula.

 

Baca juga: Strategi Ahli Digital Marketing untuk Menguasai SEO

 

Langkah di atas merupakan strategi untuk memaksimalkan SEO sebagai sarana marketing bagi sebuah website/blog. Keenam point di atas harus kamu terapkan bila ingin mendapat perhatian dari search engine dan ditempatkan pada halaman pertama, terutama google dan bing. Semoga informasi ini bermanfaat dan sebagai satu referensi tentang cara mengoptimalkan SEO marketing blog/website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *