Teknik Pemasaran Warung Kopi di Medan

Masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di Medan terkenal penikmat kopi. Asumsi konsumsi kopi yang dilakukan masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat hingga 1,5 kg per kapita per tahun. Namun, jumlah tersebut masih lebih rendah bila dibandingkan Amerika Serikat (US) yang mencapai 4,5 kg, Austria 7,6 kg, dan Belgia 8,0 kg per kapita.

 

Tentu, hal ini belum maksimal. Mengapa? Karena sebagai negara penghasil kopi keempat terbesar di dunia, seharusnya Indonesia tidak kalah dengan negara-negara importir kopi. Terutama dalam hal teknik mendapatkan biji kopi terbaik untuk disajikan kepada penikmat kopi. Artinya, peluang untuk meningkatkan tren konsumsi kopi, baik di rumah maupun di kedai, warung dan kopi kafe melalui tips memasarkan atau strategi pemasaran harus diformulasi dengan tepat.

Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Kota Medan juga merupakan kota terbesar di luar Pulau Jawa dan sebagai pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dengan keberadaan Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Internasional Kuala Namu. Akses dari pusat kota menuju pelabuhan dan bandara dilengkapi oleh jalan tol dan kereta api, sehingga menjadikannya sebagai salah satu kota perdagangan, industri, dan bisnis yang sangat penting di Indonesia.

 

Pemasaran Warung Kedai Kopi

 

Memang, perkembangan bisnis warung kopi (warkop) semakin menjamur di Medan, sehingga pelaku usaha harus kerja ekstra keras agar berhasil meraup omzet besar. Untuk itu dibutuhkan adanya teknik khusus yang diwujudkan dalam penerapan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan permintaan pasar dan tren bisnis.

 

Baca juga: Cara Mengembangkan Strategi Pemasaran Buat Bisnis

 

Dalam catatan silaenseo.com, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja pemasaran warung kopi di Medan, yaitu:

 

1) Utamakan Kualitas Produk

Sudah menjadi fakta, bahwa saat ini harga kopi relatif lebih mahal dibanding produk sejenis. Tapi, apabila hal ini harus dikesampingkan mengingat citarasa dan aroma kopi dapat memuaskan konsumen. Dengan begitu, hal ini akan menjadi kelebihan kedai kopi maupun cafe coffee yang kamu rintis.

 

2) Warung Kopi Sebagai Rumah Ketiga

Sejak awal, mendesain warung kopi haruslah diposisikan bisa rumah ketiga bagi semua orang yang bepergian dari rumah dan atau tempat kerja. Jadi, warkop bukan sekedar tempat untuk duduk-duduk dan membeli secangkir kopi. Melainkan yang diposisikan sebuah tempat berkumpul untuk bersosialisasi dan berdiskusi, terutama bagi para pelajar dan para profesional muda.

 

Adanya pengalaman dan atmosfer yang unik, serta bisa menenangkan bagi setiap pengunjung menjadi konsep yang sangat kuat, sehingga setiap orang yang sudah singgah akan merasa sangat tertarik dengan warung kopi dan punya keinginan kuat untuk datang kembali.

 

3) Prioritas Pada Kepuasan Pelanggan

Dari awal masuk ke warkop hingga menikmati tetes kopi terakhir, setiap konsumen harus bisa merasakan keunikan dalam pengalaman mencicipi kopi di yang tersaji.

 

4) Inovasi

Perihal menciptakan ide kreatif dan inovatif dalam menambahkan pilihan produk atau jasa yang terdapat di dalam warung/kedai kopi harus terus dikembangkan. Kamu harus memiliki resep khusus untuk menambahkan rasa yang berbeda pada menu kopi yang ditawarkan. Jangan lupa juga untuk menambahkan menu makanan, dan menyediakan fasilitas internet ‘wifi’ gratis berkecepatan terbaik di warkop kamu.

 

5) Pemilihan Lokasi

Dalam memilih lokasi, maka pilih lah area-area tertentu sehingga hal ini akan membuat warkop sangat mudah ditemui dari segala penjuru jalanan kota. Jangan takut bersaing, karena di daerah tersebut telah terdapat warkop lain. Ingat, mindset strategi pemasaran modern bukan berarti memotong penjualan dari outlet-outlet yang terdekat melainkan lebih memprioritaskan pada kualitas produk dan jasa yang kamu berikan.

 

6) Berkolaborasi Dengan Media Sosial

Di jaman milenial ini, media sosial sudah menjadi lingkungan dan tempat baru bagi banyak orang untuk berkomunitas. Saat ini banyak pelaku usaha yang menggunakan teknik pemasaran warkop nya melalui media sosial ini. Setidaknya ada dua cara untuk memperkuat eksistensi pola marketing di media sosial, yaitu: a) dengan cara meningkatkan engagement di media sosial dan beriklan. Bisa dilakukan dengan posting setiap hari pada seluruh channel akun media sosial. b) melakukan promosi dengan memperbanyak kuis berhadiah, misalnya dengan memberikan voucher kopi atau giveaway lainnya dengan rutin.

 

Baca juga: Blogger Medan Siap Memasarkan UMKM di Sumut

 

6) Meluncurkan Promo

Pada momen atau hari tertentu, ada baiknya warkop kamu memberikan promo. Ingat, kamu jangan pernah ragu meluncurkan promo diskon. Misalnya untuk bulan Oktober nanti, target market nya adalah pekerja kantoran, maka tawarkan diskon 25% untuk minum kopi dan cemilan pada pukul 18.30-21.00. Dengan begitu, konsumen akan tertarik untuk datang ke warung kopi kamu. Strategi ini lebih tepat untuk kedai kopi yang baru diluncurkan, tapi diskon ini tidak perlu diluncurkan setiap hari dan hanya di momen tertentu.

 

7) Membuat Website atau Personal Blog

Saat ini sudah sangat mudah membuat website ataupun blog. Media ini dapat dijadikan sebagai tempat memasarkan dan meningkatkan ‘gengsi’ bisnis. Ingat, di fase industri 4.0, sebuah brand yang memiliki website akan semakin memperkuat brand awareness kafe kopi kamu di masyarakat. Jadi, buat lah desain dan konten yang menarik, dalam rangka untuk meramaikan website kamu. Bisa dengan foto-foto menu makanan dan minuman yang disajikan, serta informasi harganya, dan atau gambar-gambar memori para pengunjung yang pernah minum atau singgah. Jangan lupa memuat artikel edukasi seputar kopi dan kuliner.

 

Tapi website bisnis kopi atau personal blog warkop harus terhubung dengan berbagai saluran digital marketing, terutama dikembangkan dengan memanfaatkan SEO. Tujuannya agar kedai kopi kamu bisa berada di halaman pertama search engine (misal google, bing, yahoo dan yandex) sehingga sangat mudah ditemukan oleh para pengguna internet yang mencari informasi keberadaan kedai kopi yang terdekat dengan dirinya.

 

8) Gabung Menjadi Mitra Kuliner di Aplikator Ojek Online

Menjamurnya bisnis ojek online di Indonesia merupakan ekses dari adanya perkembangan dunia digital dan keinginan masyarakat yang semuanya serba praktis. Benar, eksistensi ojek online (ojol) telah semakin mempermudah orang bisnis kuliner jualan minuman kopi. Na, kamu bisa mencoba untuk bermitra bersama GoFood, GrabFood, OkeFood dan juga MaximFood.

 

Baca juga: Perluas Pemasaran Kuliner, Gabung ke Merchant Ojol

 

Ada beberapa hal penting, mengapa kamu harus gabung menjadi mitra food di ojek online, yakni:

 

a) Bisa meningkatkan popularitas

Ingat, popularitas warkop atau produk kedai kopi kamu sangat penting. Dengan terdaftar pada aplikasi ojek online, kamu bisa meningkatkan popularitas usaha kuliner-mu atau brand kafe kopimu dengan peluang ini. Dengan begitu kedai kopi dan atau ragam jenis menu yang kamu tawarkan akan langsung bisa dilihat pengguna yang otomatis akan meningkatkan eksposur produk.

 

b) Menjangkau konsumen lebih luas

Hal yang menghambat pengembangan bisnis warung kopi atau produk makanan yang ada di kedaimu, biasanya karena terbatas jangkauan pelanggan. Tapi hal tersebut kini bisa diatasi dengan bermitra pada aplikator ojek online. Artinya, kamu akan secara otomatis dibantu menjangkau para konsumen secara luas, karena ada ratusan ribu driver ojek online yang siap mengantarkan makanan dan minuman ke pelanggan yang telah memesannya.

 

c) Lebih mudah ditemukan pelanggan

Beberapa kategori di dalam layanan GoFood, GrabFood, OkeFood dan MaximFood akan mempermudah pelanggan untuk menemukan warung kopi milik kamu. Pasalnya, berbagai hal penunjang pun sudah dilengkapi secara otomatis, salah satunya GPS dan alamat lengkap, nomor telepon, dan berapa jarak tempuh pun bisa langsung dilihat.

 

Dengan hal itu, biasanya kedai kopi kamu akan secara otomatis masuk ke kategori ‘Near Me‘. Artinya, para pengguna aplikasi yang berada di sekitar, akan dapat melihat restoran kamu pada daftar kategori tersebut.

 

d) Kemudahan mempromosikan menu

Dengan banyaknya fitur dari aplikasi milik ojek online, kamu dapat menampilkan menu-menu terbaik yang ada di kedai kopi kamu. Hal tersebut bisa memberikan pilihan-pilihan menu yang beragam kepada para pelanggan. Jada dengan adanya penampakan menu tersebut, setidaknya dapat menarik orang-orang yang akan tertarik untuk membelinya. Jadi warkop-mu bisa berinovasi dalam hal menu untuk menarik perhatian para pelanggan kamu.

 

e) Meningkatkan omzet

Jika kafe kopi kamu sudah berjalan cukup lama, tentu saja akan banyak pelanggan khusus dan bisa lebih banyak menjangkau pelanggan. Apalagi ditunjang dengan adanya olahan kopi dan makanan secara menarik dan bercita rasa tinggi serta memuaskan, maka secara otomatis orderan pun akan semakin banyak. Semakin banyak orderan omzet pun akan meningkat.

 

Setelah membahas beberapa strategi pemasaran di atas, mungkin kamu akan berpikiran kalau pemasaran membutuhkan dana yang cukup besar. Padahal warkop kamu baru dibuka dan dana sudah habis untuk sewa tempat, gaji karyawan, bayar air, listrik, internet dan sebagainya. Belum lagi bila jasa digital marketing seo yang digunakan untuk mempromosikan bisnis warkop yang kamu miliki belum menunjukkan hasil maksimal.

 

Kamu tidak perlu galau, karena sepanjang dijalankan dengan baik maka secara bertahap akan memberikan hasil yang nyata dan ketekunan tidak pernah memberikan hasil buruk. Salam sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *