Teknik SEO Marketing

Teknik SEO Marketing Terhadap Nama dan Produk

Brand atau judul produk agar makin dikenal luas dan mudah ditemukan pada halaman google haruslah dipromosikan ke banyak channel pemasaran digital. Tentu ada beberapa teknik SEO marketing yang harus kamu ketahui dan pelajari, terutama strategi SEO terhadap nama atau judul produk yang dipasarkan.

 

Penggunaan teknik SEO (Search Engine Optimization) sudah tak asing dan punya peran penting bagi semua bisnis yang ingin sukses dan terkenal di media dalam jaringan (daring) atau online. Terlebih bagi beberapa atau satu jenis produk yang dijual melalui toko online. Tujuan penerapan SEO yang khusus pada brand atau judul produk akan menjadikannya semakin mudah ditemukan oleh calon pelanggan, terutama pada konsep area ‘near me’. Bila target dan teknik yang digunakan tepat, maka akan langsung bisa meningkatkan penjualan dan bersifat sustainable tanpa terus menerus mengeluarkan uang untuk biaya pasang iklan (digital ads) yang terkadang sangat mahal.

 

Penggunaan teknik SEO marketing semacam ini adalah sebuah kompetisi besar yang bisa dimaknai sebagai ajang mempertaruhkan reputasi (a picture of mind) para master. Maksudnya, siapa yang memiliki jurus dan teknik terbaik mengulik search engine maka dia akan berhasil mendapatkan posisi terhormat pada halaman pertama pencarian Google, bahkan incarannya adalah ranking satu.

 

Perlu diketahui, mempelajari ilmu optimasi butuh waktu bertahun-tahun hingga korban website atau blog sebagai media ‘trial and error’ yang semata-mata untuk mendapatkan teknik dan strategi SEO yang akan diaplikasikan secara komprehensif dan memiliki daya ungkit tinggi untuk memenangkan persaingan pada penggunaan kata kunci (keyword) yang sama. Jadi jangan heran, bila kebanyakan pebisnis profesional lebih suka menyerahkan job ini pada pakar yang telah berpengalaman dan kemampuannya sudah teruji.

 

Memang banyak fakta, jasa SEO sangat mudah ditemukan di halaman google. Bahkan kecenderungan yang terjadi akhir-akhir ini, jasa SEO yang katanya dikerjakan para ahli sampai ada yang berani memberikan garansi dalam tiga bulan langsung masuk ke halaman satu. Lebih para lagi, promosi jasa seperti ini sangat gencar pula dilakukan melalui google ads.

 

Teknik SEO Marketing

 

Saya (silaenseo.com) menganggap iklan adalah satu teknik memasarkan suatu bisnis, tapi bila iklan tersebut tak logis maka hal ini akan memperburuk cita diri sendiri. Jadi harus dimanfaatkan dengan baik. Ingat, sejago apapun teknik SEO marketing yang digunakan oleh sang pakar atau ahli SEO, maka tidak seluruhnya kata kunci bisa berhasil diletakan pada halaman pertama, apalagi dalam tempo tiga bulan. Kegagalan optimasi kata kunci pasti akan terjadi, karena algoritma google sulit dipahami dan ada ratusan indikator lain yang saling memengaruhi daya ungkit hingga bisa nangkring di SERP utama. Artinya, hasil kerja SEO tidak dapat diprediksi waktunya, tapi bisa dirasakan sudah mulai datang pengunjung dan atau mulai ada transaksi pembelian produk di toko online.

 

Tujuan bermitra dengan pakar atau master SEO yang piawai atau profesional, semata-mata untuk mendapatkan mentor yang dapat mengarahkan pelaku usaha pada hal-hal teknis yang harus diketahui dalam digital marketing agar maksimal bersaing dengan kompetitor lain. Seperti pada saat upload produk di toko online akan diarahkan mulai dari optimasi ukuran gambar yang responsive, deskripsi berwawasan marketing, title gambar hingga penempatan judul yang tepat saat menulis artikel dan pembuatan deskripsi atas jenis produk. Sehingga penggunaan teknik SEO on page akan bekerja lebih maksimal menarik pengunjung dari search engine.

 

Telisik juga: Digital Marketing SEO Untuk Kampanye Produk

 

Saya (silaenseo.com) melihat ada banyak kecenderungan yang salah dilakukan, terutama pada bagian penentuan brand, nama produk untuk dioptimasi melalui judul pada konten yang dibuat. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk melakukan optimasi, yaitu:

 

1) Kata Kunci Harus Sesuai

Judul paling baik dalam teknik SEO marketing adalah yang mengandung kata kunci (keywords) yang spesifik. Hal ini tidak berbeda dengan pembuatan konten artikel atau yang lainnya, penggunaan judul produk diwajibkan mengandung kata kunci. Misalnya, produk yang dijual adalah otomotif merek honda. Gunakanlah judul yang mengandung kata ‘sepeda motor honda’, ‘mobil honda’ atau yang lebih spesifik lagi gunakan kata ‘sepeda motor honda vario’, ‘mobil honda jazz’, dan atau macam produk turunannya.

 

2) Membuat Nama yang Mudah Dipahami

Selain berhubungan dengan teknik pemasaran perihal penempatan kata kunci orientasi SEO, maka judul juga harus dibuat semudah mungkin dimengerti dan dipahami oleh semua calon konsumen yang mencari produk tersebut. Untuk itu, sangat penting digunakan kata-kata sederhana agar tidak membuat orang bingung untuk mengetahui jenis produknya. Jika memungkinkan tuliskan secara spesifik produk yang dijual dengan bahasa yang mudah dipahami tanpa menghilangkan arti sesungguhnya.

 

3) Menghindari Penggunaan Kode Produk di Awal Nama

Memang, penggunaan kode produk akan memudahkan penjual saat ada transaksi beli melalui website toko online. Namun, jika digunakan secara berlebihan tanpa jelas maksudnya justru akan membuat teknik SEO marketing tidak bekerja dengan baik. Lagian, bukan cara yang lazim digunakan oleh para pengguna internet untuk menemukan sesuatu di situs pencari. Jadi untuk apa pula digunakan karena kurang bermanfaat mendatangkan calon pembeli.

 

Baca juga: Strategi Ahli Digital Marketing untuk Menguasai SEO

 

4) Melakukan Variasi Kata Kunci

Ada kala, untuk mendapatkan target lebih banyak dan strategi menggebrak kompetitor, harus menggunakan variasi kata kunci. Memang tak salah berkutat di kata kunci utama, tapi tak logis juga bila terlalu kaku di hal spesifik ini karena akan menghambat explore lebih dalam terutama pada produk baru yang sedang tren di jaman ini.

 

Tujuannya tentu saja untuk memenangkan persaingan mendapat calon pelanggan lebih luas. Misalnya bisnis mu menggunakan kata kunci ‘sepeda motor honda vario’ tetapi juga menjual sepeda motor honda beat. Sebaiknya juga menggunakan kata kunci ‘motor honda’ saja, agar kedepan bisa lebih di explore dengan munculnya produk motor honda lainnya.

 

5) Mencantumkan Nama Produk pada Title Gambar

Sebagian besar pengguna toko online menamai gambar dengan kode untuk mempermudah pencarian di komputer atau smartphone-nya sendiri. Namun, gambar tersebut tidak mencantumkan kata kunci. Hasilnya saat orang melakukan pencarian gambar di Google, produknya sangat jarang tampil atau bahkan tak terlihat. Sebaiknya masukkan kata kunci pada nama produk sebelum melakukan upload.

 

6) Jangan Membuat Judul yang Terlalu Panjang

Nama judul yang terlalu panjang akan menyulitkan kamu untuk mendapatkan target pada mesin pencari. Lebih baik simpel, bisa dimengerti dan mengandung kata kunci utama. Kamu tidak harus mencantumkan semua kata kunci pada satu produk, namun cukup satu yang dijadikan target utama.

 

Menarik dibaca: Manfaat Digital Marketing Untuk Pengembangan Usaha

 

Optimasi nama atau judul produk yang saya (silaenseo.com) kemukakan ini adalah termasuk dalam teknik SEO on page yang wajib dikuasai oleh siapapun penggiat internet marketing saat melakukan entry data untuk menggaet organic traffic google. Termasuk kamu sebagai creator utama, meskipun pada akhirnya nanti akan menggunakan bantuan dari para penyedia jasa SEO specialist produk bisnis Indonesia. Baik teknik nya digunakan untuk produk terbaru maupun yang lama.

 

Jangan pernah sepele dengan teknik SEO marketing karena brand kamu sedang diminati saat ini. Dengan trik ini bila dilakukan jangka panjang akan menjadi salah satu pondasi yang kokoh untuk memperkuat posisi website bersaing dengan brand terkenal atau produk terlaris pada situs hasil pencarian, termasuk posting content marketing (artikel, foto/gambar maupun video) yang banyak diunggah para master SEO marketing Indonesia maupun praktisi lokal di dunia blogging.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *