Belajar SEO Blog Properti

Tips Belajar SEO Untuk Blog Properti Profesional

Blog profesional menjadi kebutuhan penting bagi para pengusaha properti maupun agen hunian lainnya. Mengapa? Karena, orientasi pemasaran di era digital sudah bergeser ke ranah online marketing. Tapi agar mampu mengelola blog atau web log, maka terlebih dahulu harus paham tentang pembuatan blog, apalagi blog tersebut ditujukan sebagai salah satu media online untuk bisnis properti.

 

Selain itu, pengelolaan blog juga harus dipelajari agar mampu bersaing dengan kompetitor lain terutama di halaman google. Saat ini membuat blog adalah sangat mudah, karena ada alat bantu (tools) autoinstal yang disediakan oleh perusahaan penjual hosting.

 

Telisik juga: Teknik SEO Marketing Terhadap Nama dan Produk

 

Nah, yang jadi persoalan adalah pasca website properti atau blog profesional di buat, mengelola dan merawat nya yang sulit. Apalagi hingga bisa berada di halaman pertama google, karena banyak yang harus dikerjakan terkait ilmu-ilmu optimasi, khususnya SEO (Optimasi Search Engine). Agar punya ilmu optimasi yang mapan untuk blog properti, kamu harus belajar SEO. Tujuannya agar mendapatkan cara dan teknik seputar SEO yang akan diaplikasi ke dalam blog properti profesional.

 

Pada artikel kali ini, saya (silaenseo.com) akan berbagi ilmu SEO sederhana sehingga mudah dipahami oleh para pemula yang berencana mengoptimasi web log properti. Ilmu SEO ini sampai kapan pun akan baik digunakan, meski algoritma Google yang selalu berubah tanpa pernah diketahui waktu.

 

Belajar SEO Blog Properti

 

Penting diketahui, bahwa ilmu SEO harus terus dipelajari dan tidak mengenal kata berhenti untuk belajar SEO karena sudah tahu. Belajar SEO itu semakin hari semakin sulit, tapi semakin membuat penasaran karena persaingan untuk mendapatkan halaman pertama di pencarian Google semakin menarik. Apalagi bila hasil kerja optimasi bisa berada di halaman pertama, tentu tidak akan rela digeser oleh kompetitor lainnya.

 

1) Pahami Konsep Dasar SEO

SEO (Optimasi Search Engine) itu merupakan serangkaian cara terbaik untuk meningkatkan pengunjung dan atau meletakkan url maupun konten berada di posisi paling atas pada halaman search engine, seperti Google. Karena merupakan serangkaian cara, tentunya ada beberapa tips dan trik mencatatkannya di internet hingga yang akan mencari blog atau konten akan ditunjukkan yang relevan dengan informasi yang dicari pengguna.

 

Baca juga: Pengertian SEO dan Manfaatnya Buat Pemasaran

 

Nah, pada bagian ini harus punya nalar tentang apa yang sedang hits dicari oleh para pengguna dari internet dan atau saat mengunjungi blog. Karena konteks pembahasan adalah bidang properti, maka kamu harus membuat konten properti (baik artikel, gambar/foto dan video) relevan yang sesuai dengan keyword properti dan turunannya yang kamu inginkan dan atau dicari pengunjung.

 

2) Riset Keyword

Terkait hal point 1, maka kamu harus melakukan riset kata kunci (keyword) yang pas dengan web log yang kana menggunakan strategi online marketing. Hal ini merupakan perkara yang wajib dipahami dan dipenuhi oleh para blogger pemula yang baru saja merintis blog properti profesional. Tujuan digunakannya kata kunci tersebut adalah untuk mendapatkan pengunjung yang banyak ke blog. Artinya, riset keyword yang kamu lakukan adalah sebagai satu cara untuk mengetahui sebuah kata kunci apakah benar-benar cocok dan banyak dicari oleh para pengguna internet.

 

Telaah juga: Jual Properti Jadi Mudah Dengan Digital Marketing

 

Perlu diketahui, bahwa sistem kompetisi keyword semakin hari semakin berat. Dimana keyword yang berkategori berat ditaklukkan akan semakin sulit untuk membuat website properti kamu berada di halaman pertama google. Oleh karena itu, dengan riset ini kamu nantinya bisa tahu kata kunci yang mana yang harus digunakan terlebih dahulu pada sebuah konten. Fokuslah pada kata kunci yang tidak terlalu berat atau bisa kamu tundukkan.

 

Untuk melakukan riset keyword, kamu bisa menggunakan tools-tools secara gratis dari Google Keyword Planner, Ubersuggest dari Neil Patel, atau bisa melihat langsung di browser karena mesin browser akan memberikan kata-kata rekomendasi (suggestion) dan hal ini dapat dijadikan sebagai kata kunci untuk mendukung pembuatan konten.

 

3) Konten Berkualitas

Membuat konten berkualitas merupakan usaha utama yang bertujuan untuk memberikan manfaat pada pengguna yang juga memiliki tujuan untuk meningkatkan brand dari blog properti atau membuat pengguna lebih mengenal bisnis hunian yang kamu lakukan.

 

Baca juga: Manfaat Digital Marketing Untuk Pengembangan Usaha

 

Tak jauh berbeda dengan SEO, kamu juga harus belajar cara membuat konten yang bagus dihubungkan dengan penerapan SEO. Dengan begitu akan melahirkan konten berkualitas di artikel bagi pengguna dan juga bagi mesin pencari. Untuk bisa menguasai konten berkualitas, kamu harus memahami tema konten yang disesuaikan dengan konsep dasar bisnis yang diperkenalkan melalui blog properti.

 

Nah, agar konten tidak salah sasaran, maka buatlah secara spesifik. Misalnya properti yang kamu jual berada di Medan, maka buatlah judul konten yang berisi lokasi dan perlu membuat alamat lengkap di dalam isi konten tersebut. Tak logis bila kamu buat judul jual properti di Bandung, sementara lokasi propertinya ada di Medan. Inilah yang disebut dengan penerapan SEO lokal dan kamu harus belajar SEO lokal ini agar target pasar tidak melenceng.

 

Baca juga: Ahli Digital Marketing Dengan SEO Lokal Medan

 

4) Link Building

Adanya konsep link building tidak boleh kamu lupakan ketika belajar SEO khusus untuk properti blogger. Link building merupakan upaya untuk mendapatkan link dari blog orang lain yang mengarah langsung ke blog kamu. Saat ini ada beberapa upaya yang bisa kamu tempuh, ketika ingin melakukan link building, misalnya berkomentar di komunitas bisnis hunian, atau dengan cara titip backlink melalui metode guest posting atau content placement pada blog-blog niche properti, baik yang gratis maupun berbayar.

 

Ingat, bahwa strategi mengoptimasi blog dengan link building adalah menggunakan backlink yang tujuannya untuk mendapatkan pengunjung atau ranking yang pertama di pencarian Google. Ingat, optimasi adalah mendapatkan halaman pertama google dan meningkatkan penjualan akibat terjadinya konversi melalui web log. Tentu hal ini merupakan mimpi semua blogger.

 

5) Promosi Konten ke Media Sosial

Jangan lupa juga untuk promosikan konten yang sudah kamu buat ke media sosial (medsos), platform forum online, telah menyediakan forum terpisah untuk topik yang tertentu, sehingga kamu bisa promosikan blog properti ke calon pembeli yang spesifik.

 

Baca juga: Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Properti

 

Cara promosi di grup facebook sangat mudah, tapi akan lebih bermanfaat bila grup tersebut efektif menjangkau calon pembeli potensial yang sesuai dengan topik blog properti kamu. Promosi dan sharing di instagram stories dan pembuatan channel youtube juga sangat berpengaruh besar untuk promosikan konten atas produk-produk properti yang sedang kamu pasarkan. Saat ini, pengguna internet Indonesia sangat menyukai youtube dan instagram sehingga sangat potensial menjadi tempat berbagi informasi properti.

 

6) Daftar ke Google Bisnisku

Mempromosikan properti secara online telah menjadi pilihan utama para pemilik atau pengusaha properti. Google mempunyai layanan untuk memperkenalkan bisnis di layanan Google Bisnisku. Layanan ini menawarkan fasilitas promosi gratis yang terintegrasi dengan sejumlah produk populer Google, seperti Google Search dan Maps. Selain itu, kamu juga dapat mengintegrasikan web log atau blog properti profesional kamu ke layanan Google Bisnisku. Cara ini juga sangat bagus untuk SEO lokal dan link building yang berkualitas. Jadi kamu juga harus belajar ya.

 

Baca juga: 9 Strategi Pemasaran Properti Saat Pandemi dan PSBB

 

Cara menggunakannya sangat mudah, kamu tinggal akses ke laman Google Bisnisku dan diharuskan untuk mendaftarkan profile bisnis yang ingin kamu promosikan. Isi detail informasi terkait brand, lokasi, jenis layanan atau produk yang dijajakan, serta nomor telepon (atau email) yang bisa dihubungi dan alamat website.

 

Setelah proses pengisian informasi dilakukan, bisnis properti kamu akan diverifikasi langsung oleh pihak Google untuk membuktikan keabsahannya. Nanti kamu akan dikirimkan sebuah token (berisi kode pin) untuk dimasukkan di laman verifikasi.

 

Menarik dibaca: Digital Marketing SEO Untuk Kampanye Produk

 

Setelah proses pendaftaran dan verifikasi sudah dilalui dengan baik, maka nantinya bisnis properti yang kamu jalankan akan dipromosikan di laman mesin pencari Google Search (muncul dalam boks khusus di setiap pencarian yang relevan), lengkap dengan informasi lokasi yang terintegrasi dengan Google Maps dan blog properti profesional punya mu. Dengan begitu kampanye produk akan semakin lebih mudah dengan konsep ‘near me‘.

 

Itulah 6 tips belajar SEO untuk pemula yang saat ini sedang membangun blog properti profesional agar punya daya ungkit tinggi bersaing di halaman pertama google dan memenangkannya. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *