Digital Marketing Property Medan

Tips Digital Marketing Bisnis Property Medan

Tips memasarkan property Medan dengan digital marketing mulai masif digunakan perusahaan developer, agen dan broker produk-produk hunian. Tak ketinggalan para blogger niche property mulai melirik dan mengarahkan ilmu yang dimilikinya untuk mencari dollar atau rupiah dari aktivitas menjual jasa pemasaran online.

 

Mungkin terjadinya pergerakan pemasaran konvensional ke internet mengingat masifnya penggunaan internet di Indonesia, terutama pengguna media sosial. Secara keseluruhan akhirnya membuat banyak developer dan agen properti mulai melirik metode digital marketing untuk memasarkan produk properti meski tetap menjalankan metode konvensional, seperti open house.

 

Kota Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia, setelah DKI Jakarta dan Surabaya. Medan, juga merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat melalui Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Internasional Kuala Namu (KNIA). Sektor properti di Medan terus menggeliat dan menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. Kontribusi bisnis properti di Kota Medan makin kuat peranannya dalam mendorong perekonomian nasional dan menjadi magnet kuat untuk menarik minat para investor berinvestasi di sektor properti Medan.

 

Tak heran, telah muncul kelas menengah baru dari generasi millennial yang membutuhkan properti setiap saat. Selain itu, harga properti di Medan yang saat ini semakin kompetitif ikut mendorong pertumbuhan sektor properti. Disisi lain, dukungan positif juga diberikan sektor perbankan melalui pemberian suku bunga KPR yang kompetitif. Tak ayal, hal ini semakin meramaikan tren hunian (terutama apartemen) dan perkembangan infrastruktur dan teknologi digital yang kian lengkap, pun juga jadi pendorong berkembang sektor properti di Medan.

 

Baca juga: 10 Cara Menjual Rumah Dengan Trik Internet Marketing

 

Bila ditelaah lebih jauh, dalam menjalankan strategi pemasaran digital setiap perusahaan developer bisa menggunakan banyak channel promosi, mulai dari portal web log properti, facebook, twitter, instagram, linkedin, youtube dan lain sebagainya.

 

Harus diakui bahwa memasarkan properti Medan melalui digital marketing saat ini dinilai lebih menguntungkan dan praktis, serta mudah melakukannya. Apalagi saat biaya digital marketing jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menjalankan pemasaran konvensional. Keuntungan lain yang bisa didapatkan, seperti setiap developer ataupun agen properti bisa menjangkau audience sesuai dengan pangsa pasar yang dituju, mulai dari jenis kelamin, kota atau kecamatan, umur, pendidikan, pekerjaan, dan lain sebagainya.

 

Baca juga: Belajar Digital Marketing Usaha Properti Bersama Blogger Silaen

 

Nah, bagi kamu anak dan warga Medan sekitarnya yang saat ini berencana untuk menjalankan strategi digital marketing dalam memasarkan proyek property (baik rumah, hotel, ruko, villa, gedung perkantoran, pergudangan, kondominium, dan lain-lain), berikut ini adalah tips terpercayanya.

 

1) Menggunakan portal properti

Memasarkan melalui portal properti merupakan salah satu strategi digital marketing property yang ampuh dan dapat dipilih untuk dilakukan. Caranya dengan memasang iklan di portal properti, dimana hal ini dianggap lebih menguntungkan karena portal properti memiliki traffic yang tinggi. Apalagi, kecenderungan yang terjadi bahwa sebagian besar pengunjung yang membuka situs properti memang valid merupakan orang yang berniat untuk membeli atau menyewa properti.

 

Digital Marketing Property Medan

 

2) Membuat website profesional dan atau blog proporsional

Bila hanya mengandalkan portal properti saja tentunya kurang cukup. Jadi, ada baiknya jika kamu membuat website atau blog khusus menampilkan tentang proyek properti yang ingin dijual atau disewa. Namun, kelemahan membuat website yang berkualitas dan proporsional adalah membutuhkan waktu dan biaya besar.

 

Baca juga: Strategi Memasarkan Rumah Lewat Web Log

 

Nah, agar web log mendatangkan traffic yang banyak, maka harus ditambahkan konten baik artikel, foto dan juga video menarik pada website. Konten-konten yang dibuat bukan hasil copy paste (plagiat). Selain itu, terhadap web log wajib menerapkan teknik-teknik Search Engine Optimization (SEO) yang baik. SEO on-site harus diedit, seperti: HTML meta tag, anchor text, kompres gambar, membuat deskripsi, font, navigasi, sitemap xml, file robots, txt, dan lain sebagainya. Tujuan pengeditan ini agar konten mudah ditemukan mesin pengindeks, sehingga punya peluang besar menempati posisi teratas dalam pencarian search engine.

 

Telisik juga: Ahli Digital Marketing Dengan SEO Lokal Medan

 

3) Memanfaatkan media sosial

Di era digital saat ini, mayoritas pengguna internet di dunia banyak yang aktif di media sosial (medsos). Media sosial saat ini telah menjadi tempat dan komunitas baru tempat berkumpulnya orang. Untuk itu ada baiknya, jika kamu memanfaatkan jaringan sosial ini untuk memasarkan produk properti Medan. Jadi, seorang tenaga pemasaran (marketer) hanya punya akun pribadi dan akun bisnis untuk memasarkan properti. Contohnya bisa menggunakan Facebook Ads dan Twitter Ads.

 

Menariknya, saat memasang iklan ads di media sosial, kamu bisa menentukan sendiri siapa saja target penerima iklan, mulai dari area penyebaran iklan (misal area Medan atau Binjai), umur, pekerjaan, ketertarikan minat (hobi) hingga jenis kelamin. Tapi untuk mendapatkan fasilitas iklan ads ini, kamu harus mengeluarkan biaya yang juga bisa kamu atur sendiri budgetnya.

 

4) Follow up leads secepat mungkin

Jika sudah menyebar iklan di portal properti, website dan media sosial, jangan lupa untuk secepatnya memfollow up calon pembeli potensial (leads) bagi orang-orang yang punya rencana untuk datang ke lokasi properti. Hal ini sangat penting, karena jangan sampai data calon pembeli yang sudah sudah payah didapatkan justru kamu didiamkan begitu saja hingga berhari-hari. Bila hal ini berlarut-larut, maka properti Medan yang kamu miliki sulit terjual.

 

5) Rajin mengikuti acara member gathering

Biasanya perusahaan developer sering membuat rangkaian kegiatan bagi para agen atau member. Bila kamu adalah agen atau broker di perusahaan developer tersebut, maka rajinlah untuk mengikuti acara-acara tersebut. Apalagi bila acaranya merupakan program berbasis teknologi digital. Misalnya acara pelatihan pemasaran properti Medan dengan hanya menggunakan smartphone.

 

Tentu, pengetahuan menggunakan alat pemasaran digital sangat penting, sehingga kamu selaku agen atau broker bisa mendapatkan penghasilan lebih besar lagi. Mengikuti event seperti ini sangat baik, karena disana banyak dipelajari berbagai tips dan tata cara pemasaran digital, juga untuk membangun komunitas sesama tenaga pemasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *