Menjual Properti Gudang

Tips Memasarkan Gudang Agar Cepat Laku

Pebisnis properti mulai mengarahkan investasinya untuk membangun proyek pergudangan. Tim pemasaran pun harus bekerja keras untuk memasarkan tiap unit gudang agar di beli para pelanggan potensial. Sebagaimana diketahui, gudang adalah merupakan tempat yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan produk atau barang. Gudang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi pengeluaran atas biaya transportasi dan sekaligus mempermudah dalam mengkoordinasikan permintaan atas stok barang.

 

Seorang pebisnis properti, baik agen atau broker harus punya tips ampuh bagaimana cara memasarkan gudang agar cepat laku. Sehingga keuntungan yang diharapkan bisa didapat. Nah, agar bisnis pemasaran (baik offline maupun online) berjalan lancar, ada beberapa informasi yang harus disampaikan ketika menjual gudang. Untuk itu kamu harus mengetahui berbagai tips memasarkan gudang terutama dalam rangka melancarkan distribusi produk atau barang milik calon pembeli gudang.

 

1) Lokasi

Eksistensi lokasi gudang sangat mempengaruhi calon pembeli karena berkaitan dengan biaya distribusi produk yang mereka pasarkan. Semakin strategis letaknya, maka semakin memudahkan kamu untuk menjual gudang tersebut. Untuk itu, kamu harus menyampaikan informasi lokasi gudang ini dengan jelas dengan menambahkan sedikit keunggulan dari lokasi tersebut.

 

Biasanya para pembeli pergudangan akan lebih mencari lokasi gudang yang strategis, misalnya di pinggir jalan raya yang aksesnya tidak jauh dari inti kota dan pintu tol. Selaku tenaga pemasaran, khususnya para agen atau broker gudang akan lebih menguntungkan bila menjual gudang yang lokasinya tidak jauh dari inti kota dan atau pintu tol.

 

Baca juga: Tips Digital Marketing Bisnis Property Medan

 

2) Bangunan Gudang

Kamu harus memahami betul tentang konsep bangunan gudang yang akan dipasarkan. Misalnya apakah gudang tersebut memiliki konsep yang state of the art. Bila ya, maka hal ini harus kamu sampaikan ke audience agar mereka dapat mempertimbangkan dan tertarik dengan gudang yang kamu pasarkan.

 

Memang kecenderungan yang terjadi, banyak calon pembeli yang mencari gudang yang memiliki konsep state of the art atau konsep kekinian. Mengapa? Karena, model gudang ini telah dilengkapi dengan kantor 2 lantai. Selain itu, konsep bangunan juga sangat multifungsi yang sudah dapat dijadikan showroom, studio, ekspedisi, kantor, gudang, workshop, home industry, pusat distribusi, sekaligus juga tempat tinggal untuk penjaga.

 

Menjual Properti Gudang

 

3) Konstruksi Bangunan

Dalam menjual bangunan gudang, kamu juga harus tahu dan atau setidaknya meneliti kondisi konstruksi bangunan. Tujuannya agar memudahkan untuk menginformasikannya ke calon pelanggan yang hendak membeli gudang tersebut. Informasi tentang konstruksi bangunan yang penting untuk disampaikan adalah tentang: a) pondasi tiang pancang; b) lantai cor apakah wiremesh atau apa; c) tinggi dinding berapa meter, serta d) tinggi tombak layar berapa meter. Sehingga dapat digunakan untuk penambahan rak/mezzanine yang dapat memaksimalkan penyimpanan barang anda.

 

Telisik juga: 10 Cara Menjual Rumah Dengan Trik Internet Marketing

 

Khusus bagi para agen atau broker properti gudang, maka pilihlah bangunan gudang yang memiliki green concept yang dilengkapi dengan seng transparan untuk pencahayaan alami matahari. Mengapa? Karena gudang seperti ini sangat banyak peminatnya.

 

4) Fasilitas Pendukung di Komplek Pergudangan

Kamu juga harus memberikan informasi yang jelas dan lengkap tentang fasilitas yang ada di sekitar kompleks pergudangan. Karena hal ini mempengaruhi pelanggan untuk jadi atau tidak membeli gudang. Sampaikan bahwa tersedia security 24 jam, jalan paving block, penerangan jalan, timbangan truk, penghijauan dan CCTV keliling komplek adalah contoh fasilitas yang dapat mendukung operasional penyimpanan barang klien aman dan nyaman.

 

5) Kelengkapan Hak Milik

Informasinya tentang sertifikat atau kelengkapan dokumen lainnya merupakan hal terpenting yang harus disampaikan, karena hal ini menjadi acuan untuk membeli gudang dari kamu. Sebagaimana diketahui, sertifikat gudang merupakan hak pemanfaatan atas tanah dan bangunan yang juga merupakan bukti kepemilikan. Jadi, informasi ini harus disampaikan.

 

6) Siapa Pengembang atau Developer Gudang

Memang saat ini sangat banyak developer yang membangun proyek-proyek pergudangan. Kamu harus menyampaikan ke calon klien bahwa pengembang atau developer merupakan satu perusahaan yang bagus dan bertanggung jawab. Bila perlu agar semakin menyakinkan klien, bisa kamu sampaikan beberapa track-record yang dimiliki, berpengalaman dengan proyek-proyek sebelumnya dan memiliki margin error yang sangat rendah.

 

Baca juga: Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Properti

 

7) Maintenance atau Perawatan Gudang

Pastikan bahwa bangunan dan juga kompleks pergudangan memiliki lingkungan komplek aman, bersih, asri, bebas banjir, bebas kuli bongkar muat dan tidak ada pungutan liar, serta biaya maintenance yang sesuai dan terjangkau. Hal ini penting disampaikan agar calon pembeli semakin tertarik untuk membeli gudang dari kamu.

 

8) Harga Gudang

Harga gudang yang kamu jugal haruslah sesuai, yang dapat dicermati dari segi lokasi, lingkungan, kualitas bangunan dan yang paling penting dapat merupakan investasi yang tepat dalam pembelian properti.

 

9) Kualitas Gambar atau Foto

Foto atau gambar berkualitas tinggi dan terbaik sangat penting dalam hal menciptakan kesan pertama yang sangat kuat menarik perhatian dan, akhirnya bersedia untuk membeli. Setidaknya, dari melihat gambar yang bagus akan bisa menarik orang untuk lebih banyak hadir dalam open house yang kamu selenggarakan.

 

Agar pemasaran semakin baik, gudang harus di foto secara profesional dan apik. Hal ini akan lebih menjual dan dengan nominal yang lebih besar. Kamu bisa mengambil sesi pemotretan sendiri, tapi ada beberapa hal yang harus dipenuhi supaya hasilnya bagus dan memuaskan, yaitu: a) menggunakan kamera yang bagus; b) memastikan propertinya bersih dan rapi; dan c) selalu mengambil foto dengan cahaya alami (bila hal itu memungkinkan).

 

10) Manfaatkan Digital Marketing

Sekarang orang lebih suka menjual sesuatu melalui digital. Artinya, kamu tidak perlu keliling muter-muter untuk menjual properti gudang. Kamu bisa menjualnya dengan memanfaatkan digital marketing. Lagian, saat ini orang lebih suka membuka website, portal properti, Facebook, Instagram, Youtube terlebih dulu untuk mencari sesuatu termasuk mencari gudang.

 

Untuk itu kamu harus juga memanfaatkan search engine (apakah menggunakan metode SEO maupun SEM) atau media sosial dalam memasarkan pergudangan. Memang masifnya pengguna internet, telah membuat para pebisnis melirik metode digital marketing properti untuk memasarkan produk pergudangan. Kamu pun jangan mau ketinggalan.

 

Baca juga: Digital Marketing SEO Untuk Kampanye Produk

 

Tapi, bila sudah menyebar iklan di portal properti, website dan media sosial, jangan lupa secepat mungkin memfollow up calon pembeli potensial (leads) atau sekedar mau datang ke lokasi gudang untuk melihat-melihat. Hal ini, sangat penting karena jangan sampai data calon pembeli gudang yang sudah didapatkan justru didiamkan hingga lari ke perusahaan developer, agen atau broker lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *