Traveling Blogger

Tips Memasarkan Travel Blogger Medan

Artikel ini untuk membantu para pemilik travel blogger Medan yang perkembangan jumlah pengunjung blognya seperti jalan ditempat. Padahal, umur blog sudah bertahun. Apakah ada yang salah? Konten yang dipublikasikan jumlahnya sudah puluhan dan atau ratusan, promosi web log sudah dilakukan sangat gencar melalui penggunaan SEO on page maupun share link di media sosial (medsos). Tapi, hasilnya belum memuaskan dan bahkan sepi pembaca.

 

Sebenarnya kunci utama mendapatkan traffic pasca memiliki website, tips nya terletak pada membuat konten yang relevan dengan niche travel blogger. Niche ini bisa kamu buat berisi hal yang menyangkut cerita perjalanan, misal tips mencapai suatu tujuan daerah/lokasi wisata, kendaraan apa saja yang digunakan, barang atau perlengkapan yang perlu dibawa, kuliner di area wisata, hingga suka duka selama perjalanan maupun segala sesuatu pernak pernik yang masih berhubungan dengan dunia traveling.

 

Untuk itu pastikan konten yang di buat dan akan diterbitkan tersebut memiliki kualitas yang bagus, baik pada judul, isi tetap maupun gambar pendukung adalah membahas niche traveling. Intinya, selalu fokus pada topik atau tema utama alias hindari jadi blog gado gado atau niche campuran semi portal berita.

 

Traveling Blogger

 

Nah, setelah menulis atau buat konten, kamu memerlukan media untuk mempromosikan konten tersebut, bisa menggunakan halaman Google, Facebook, Instagram, Youtube serta channel lain yang ramai penggunanya. Ingat, pasca konten terbit dan promosi sudah dilakukan, tidak serta merta travel blogger medan miliki kamu akan ramai dikunjungi pembaca. Inilah mengapa step pemasaran website traveling medan menjadi langkah wajib untuk terus menerus dilakukan dan menganggapnya sebagai investasi aset yang harus tetap dirawat agar bisa tumbuh dengan baik.

 

Baca juga: Strategi Ahli Digital Marketing Untuk Menguasai SEO

 

Di era digital, ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk menarik pengunjung datang ke blog. Baik cara berbayar maupun dengan cara gratisan. Perlu diketahui, bahwa masing-masing cara ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tapi metode memasarkan blog menggunakan platform yang gratisan juga bisa meningkatkan daya ungkit SEO dan bahkan lebih unggul dari yang berbayar.

 

Berikut akan disampaikan cara yang baik mempromosikan travel blogger medan agar banyak pengunjung.

 

1) Promosikan Blog Menggunakan Media Sosial

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa media sosial sudah menjadi komunitas baru dimana telah berhasil membuat pola interaksi manusia menjadi berubah secara perlahan. Apalagi saat seluruh dunia di serang oleh bencana non alam berupa pandemi virus corona, maka semakin sering pula orang menggunakan media sosial ini.

 

Saat ini, akun media sosial seperti facebook, twitter dan instagram pasti rata-rata punya dan telah menjadi tempat berkumpulnya banyak orang dari seluruh penjuru dunia.

 

Saya saja (silaenseo.com) merupakan salah satu pengguna media sosial dan minimal selama 60 menit setiap harinya pasti menggunakannya. Dan saya yakin banyak orang yang menggunakan medsos lebih lama waktunya dari saya.

 

Tentu kondisi adanya para pengguna medsos ini tidak boleh terlewatkan begitu saja tanpa mendapatkan manfaat darinya. Kamu bisa mempromosikan nama blog (brand) dengan cara membagikannya di timeline atau mungkin juga bisa menggunakan fanspage yang sudah kamu buat sebelumnya. Tapi penting diingat, bahwa akun medsos dan atau fanspage haruslah yang khusus. Demikian pula bila kamu joint group, maka topiknya juga harus sama dengan blog.

 

Telisik juga: Teknik SEO Marketing Terhadap Nama dan Produk

 

Jika konten yang kamu bagikan tersebut menarik (judul, isi dan atau gambar) apalagi bermanfaat bagi mereka, pasti tanpa diminta akan mau membagikannya kepada teman-temannya yang lain. Dan begitu seterusnya secara berantai. Nah, dengan semakin sering dibagikan, maka semakin banyak orang melihatnya dan peluang blog dikunjungi akan semakin besar pula.

 

Dengan begitu travel blogger medan milik kamu akan semakin terkenal. Jika kamu mempromosikan produk traveling atau jasa pemandu wisata, maka bisa saja akan terjadi transaksi. Tapi untuk kegiatan share link konten jangan dibagikan terlalu banyak karena algoritma medsos akan menganggapnya sebagai spam. Jadi hati-hati, meski terlihat sangat sederhana, mudah dan praktis tapi ada aturan yang harus disikapi dengan bijak, seperti jangan bertindak menjadi seorang spamming di medsos.

 

Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa juga menggunakan fitur ads yang disediakan oleh facebook. Tapi siapkan budget untuk itu. Salah satu keuntungan menggunakan fitur berbayar dari facebook ads adalah bisa menargetkan orang yang tepat dengan produk maupun jasa yang ditawarkan. Baik itu jenis kelamin, usia, pekerjaan, hibi, lokasi tempat serta beragam behaviour lainnya.

 

2) Promosi Travel Blog Menggunakan Mesin Pencari

Cara promosi berikutnya bisa kamu lakukan dengan menggunakan mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya. Tapi kamu harus daftar ke search console terlebih dulu. Nah karena mesin pencari yang populer itu adalah google, maka saran saya dari silaenseo.com agar lebih fokus pada google.

 

Baca juga: Ahli Digital Marketing Dengan SEO Lokal Medan

 

Sebenarnya cara promosi model ini sudah banyak digunakan oleh para blogger dan webmaster, serta sudah berlangsung sejak lama. Hal inilah yang selanjutnya berkembang dan disebut dengan SEO (Search Engine Optimization). SEO merupakan sebuah upaya yang dilakukan para webmaster dengan cara mengoptimasi travel blog nya disukai Google dan kemudian ditampilkan pada halaman pertama untuk penggunaan frasa kata yang ditarget (sering disebut keyword).

 

Sebenarnya SEO tidak terlalu sulit, asal konsisten menerapkannya ditambah adanya kesabaran pasti akan membuahkan hasil. Pada fase adanya kesabaran inilah banyak yang menyerah dan lalai mengurus travel blogger milik nya. Jadi, dari pada blog tak terurus atau karena punya pekerjaan lain, mending menggunakan jasa SEO medan yang saat ini sangat banyak dan mudah ditemukan di internet. Minimal kalau ada bisa diajak kerjasama yang saling menguntungkan, maka gunakan strategi itu. Kamu pun bisa memilih salah satu diantara konsultan SEO marketing di Indonesia.

 

3) Promosi Menggunakan Marketplace Lokal Menjual Produk Traveling

Selain menggunakan SEO, kamu juga bisa menggunakan marketplace lokal medan sebagai alat memasarkan konten traveler kamu. Ketika kamu mempromosikan, jangan lupa untuk mencantumkan alamat blog kamu. Sehingga pengunjung yang datang, selain membaca tulisan kamu, kemungkinan juga akan membeli produk bila blog tersebut sudah kamu jadikan sebagai media bisnis daring (online). Lambat laun travel blogger medan mu akan dikenal banyak orang dan pengunjung pun semakin ramai.

 

Menarik dibaca: Cara Mengembangkan Strategi Pemasaran Buat Bisnis

 

4) Promosi Blog Menggunakan Artikel Review

Meski blog kamu bukan menjual produk, tak salah juga untuk menggunakan strategi pemasaran melalui pembuatan artikel review, misalnya guest posting blogger atau content placement. Menurut silaenseo.com ini adalah pilihan yang tepat dan bagus untuk link building.

 

Menggunakan konsep artikel review ini, maka blog traveling medan milik kamu akan direview secara lengkap oleh pemilik blog. Selain cara yang bagus untuk mengedukasi market, cara ini juga sangat bagus untuk mempromosikan blog.

 

Minimal ada 3 keuntungan didapatkan saat menggunakan tips ini dalam mempromosikan travel blog medan, yaitu: a) market akan ter-edukasi dengan baik; b) otoritas blog kamu akan naik, karena mendapatkan backlink kontekstual dari page authority (PA) dan domain authority (DA) tinggi; c) pengunjung blog akan terus naik dari waktu ke waktu.

 

Telaah juga: Manfaat Digital Marketing Untuk Pengembangan Usaha

 

Hanya saja, memasarkan travel blogger dengan menggunakan artikel review ini termasuk cara berbayar. Artinya, kamu harus menyiapkan anggaran khusus untuk mendapatkan manfaat dari fasilitas ini.

 

Untuk budget artikel review ini sebenarnya relatif murah, biasanya berkisar antara 50ribu hingga 1 juta sekali review. Tapi, itu pun sangat tergantung pada blog yang memberikan review. Bagi kamu yang ingin menggunakan metode promosi via content placement silahkan untuk hubungi kami, bianyanya hanya Rp350 ribu dengan 2 backlink kontekstual. Saya sangat merekomendasikan kamu untuk mencobanya.

 

5) Promosi Blog Travel Medan Dengan Menggunakan Iklan Banner

Dengan cara ini, kamu bisa mengiklankan traveling blog menggunakan banner. Baik dipasang pada blog sendiri, maupun pasang iklan di blog milik teman-teman blogger yang lain

 

Sama halnya dengan artikel review, cara ini juga termasuk sebagai cara iklan berbayar. Kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mempraktekkan cara ini. Kecuali, kamu bisa melobi teman-teman blogger untuk memberikannya space iklan secara gratis.

 

Yang perlu diperhatikan ketika menggunakan cara ini adalah desain banner. Pastikan desain yang digunakan adalah menarik. Maksudnya desain yang mampu mendorong pengunjung untuk klik banner tersebut.

 

Sebenarnya masih banyak cara memasarkan travel blogger medan, baik secara offline maupun online. Cara offline bisa dengan cara membuat stiker, menyebarkan kartu nama dan atau brosur/selebaran, dan lain sebagainya, sehingga banyak pengunjung. Namun pada kesempatan baik ini, saya (silaenseo.com) hanya membahas beberapa poin diatas saja.

 

Semoga strategi pemasaran untuk blog travel medan ini bisa bermanfaat dan memotivasi untuk serius mengurus blog. Saya berharap, cara promosi yang kamu lakukan bisa membuat pengunjung blog mu semakin meningkat mulai detik ini hingga batas waktu yang tak dapat ditentukan. Salam sukses ngeblog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *