SEO Travel Blogger Medan

Tips Mudah Meningkatkan SEO Travel Blogger Medan

Cara meningkatkan SEO untuk pegiat dunia traveling wajib dipelajari para blogger medan. Pasalnya, semakin banyak website atau blog specialist dan niche travel di Medan, baik dikelola oleh perusahaan bidang jasa tour and travel maupun milik pribadi yang berlabel blogger medan.

 

Hal persaingan di search engine atas kata kunci (keyword) berhubungan dengan ‘traveling blogger medan’ atau pun ‘backpacker blogger indonesia’ menjadi super tinggi di SERP google, yahoo, yandex, bing, msn, baidu, dan sebagainya. Kondisi ini mengakibatkan pekerja profesional di bidang digital dan marketer semakin intens bekerja mencari cara dan tips meningkatkan kinerja SEO (Search Engine Optimization) dan atau SEM (Search Engine Marketing). Alasannya, agar pemasaran online yang dijalankan atas web travel blog tersebut semakin mudah ditemukan dan hasilnya maksimal mendatangkan pengunjung.

 

Perihal SEO, teman-teman ‘medan bloggers’ sudah menjadikannya sebagai menu wajib dalam pengembangan website blog travelling jangka panjang, khususnya bersaing meningkatkan traffic visitor secara organik. Meski sudah tahu, tapi masih sedikit yang berhasil mendatangkan visitor berjibun ke web blog backpacker mereka. Hal ini bukan berarti ilmu pengetahuan yang dimiliki ‘mastah SEO’ atau ‘pakar SEM’ yang dipelajari selama ini adalah salah. Melainkan, karena niat dari sang ‘pilot’ yang belum serius mengimplementasikan SEO secara intens dan konsisten pada situs nya.

 

Apalagi SEO yang terkait dengan kata kunci ‘travel medan‘ dan atau ‘medan travelling’ tingkat persaingannya adalah pada level internasional. Hal itu mengakibatkan web blog travel Indonesia harus bersaing ketat dengan web blog travel luar negeri untuk memperebutkan posisi keyword terkait destinasi pariwisata di halaman 1 google.

 

Menelisik: Peran SEO untuk Promosi Blogger Medan

 

Kota Medan yang menjadi ibu kota provinsi Sumatera Utara (Sumut), Indonesia merupakan salah satu kota terbesar ketiga di Indonesia yang cukup ramai memiliki ahli SEO setelah Jakarta dan kota Surabaya. Medan juga merupakan satu kota sentra industri kreatif terbesar di luar Pulau Jawa. Eksistensi Kota Medan yang merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dengan keberadaan Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Kuala Namu Internasional (KNIA) yang merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia setelah bandara Soekarno – Hatta (SHIA). Akses dari pusat Kota Medan menuju pelabuhan dan bandara dilengkapi adanya jalan tol dan kereta api. Hal ini menjadikan Medan sebagai kota pertama di Indonesia yang mengintegrasikan bandara dengan kereta api.

 

Medan yang berbatasan dengan Selat Malaka menjadikan Kota Medan sebagai satu kota pusat perdagangan, industri, dan bisnis yang sangat penting di Indonesia. Luas wilayahnya adalah 26.510 hektare (265,10 km²) atau 3,6% dari keseluruhan wilayah Sumatera Utara (Sumut). Bila dibandingkan dengan kota/kabupaten lainnya, maka Kota Medan memiliki luas wilayah yang relatif kecil dengan jumlah penduduk yang dikategorikan relatif besar. Secara geografis kota Medan terletak pada 3° 30′ – 3° 43′ Lintang Utara (LU) dan 98° 35′ – 98° 44′ Bujur Timur (BT). Sedangkan topografi kota Medan cenderung miring ke utara dan berada pada ketinggian 2,5 – 37,5 meter di atas permukaan laut.

 

SEO Travel Blogger Medan

 

Secara administratif, batas wilayah Medan di sebelah Utara adalah dengan Selat Malaka, sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Deli Serdang, di bagian Selatan berbatasan dengan Kabupaten Deli Serdang, dan di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Deli Serdang.

 

Sebagai daerah pinggiran jalur pelayaran Selat Malaka, maka Kota Medan memiliki posisi strategis sebagai gerbang (pintu masuk) kegiatan perdagangan barang dan jasa, baik perdagangan domestik maupun luar negeri (ekspor-impor). Posisi geografis Medan ini menjadi pendorong terbesar untuk menopang perkembangan kota dalam dua kutub pertumbuhan secara fisik, yaitu daerah Belawan dan pusat Kota Medan saat ini.

 

Baca juga: Digital Marketing Medan

 

Pada sektor pariwisata sumut, wajah Kota Medan memiliki banyak bangunan-bangunan tua di Medan yang masih menyisakan arsitektur khas Belanda yang siap dipopulerkan melalui digital marketing bersandar pada SEO. Contohnya: Istana Maimun, Gedung PT PP London Sumatra, Rumah Tjong A Fie (di kawasan Jl. Jend. Ahmad Yani (Kesawan)), Beberapa Bangunan lama di Jalan Palang Merah, Kantor Balai Kota Lama, Kantor Pos Medan, Stasiun Kereta Api Medan, Menara Bakaran Batu, Menara Air Tirtanadi, Vihara Gunung Timur, Vihara Setia Budi / Kwan Te Bio, Kuil Shri Mariamman, Masjid Al Osmani, Masjid Raya Al Mashun, Gereja Immanuel, Hotel Inna Dharma Deli, Bank Indonesia, Gedung BKSPPS, Gedung Asuransi Jiwasraya, Kolam Sri Deli, Pekong Lima Medan Labuhan, Stasiun Labuan, Bank Mandiri Cabang Kesawan, gedung Restoran Tip Top, Gedung Warenhuis/Gedung AMPI, Titi Gantung, RS. Tembakau Deli, RS. dr. Pirngadi, RS. Santa Elisabeth, Gedung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Masjid Lama Gg. Bengkok.

 

Nah, daerah Kesawan ini masih menyisakan bangunan-bangunan tua yang bersejarah, seperti bangunan PT London Sumatra (Lonsum), dan ruko-ruko tua seperti yang mirip ditemukan di Pulau Penang, Malaysia dan Singapura.

 

Adanya posisi strategis diatas, membuat Pemerintah Kota (Pemko) merencanakan Medan sebagai Kota Pusat Perbelanjaan dan Makanan (Kuliner). Diharapkan dengan adanya program pemerintah ini akan menambah jumlah arus kunjungan dan lama tinggal para wisatawan yang datang dan menginap di hotel-hotel yang ada di Medan.

 

Ingat, pariwisata saat ini telah menjadi satu business yang tak lepas dari sentuhan teknologi terbaru dan dunia digital marketing, sehingga bukan hanya tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah untuk memasarkan dan mempromosikan ke berbagai media (offline dan online), melainkan menjadi tanggung jawab seluruh stakeholder di Medan, termasuk yang berkecimpung di dunia travel blogger medan ataupun wisata medan blogs.

 

Singkatnya, dunia pariwisata Medan dan Sumut maupun bisnis berbasis wisata menjadi incaran para ‘praktisi travel marketing’ yang mengandalkan SEO travel dan SEM traveling yang tidak hanya berada di Indonesia, melainkan tersebar di berbagai belahan penjuru dunia. Inilah yang menyebabkan tingkat pencarian kata kunci ini menjadi sangat tinggi dan harus ‘mandi keringat’ agar bisa masuk ke ‘one page zona’ pada berbagai search engine terkenal di dunia.

 

Secara umum, kunci dari memaksimalkan kinerja SEO travel, tekniknya ada 2 (dua), yaitu: 1) SEO Off-Page; dan 2) SEO On-Page. Secara sederhana, kedua teknik SEO ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) untuk SEO Off-Page (teknik dari luar halaman), pengertiannya adalah pengoptimalan web blog wisata terhadap search engine yang dilakukan dari luar blog. Sedangkan 2) SEO On-Page (teknik dari dalam halaman), pengertiannya adalah pengoptimalan web blog pariwisata terhadap search engine yang dilakukan dari dalam web blog.

 

Baca juga: Tips Memasarkan Travel Blogger Medan

 

Kedua teknik SEO diatas tidak bisa dipisahkan dan harus dikerjakan secara bersamaan oleh para digital marketer, master SEO travel dan travel blogger medan atau sumut travel blogger yang dapat diibaratkan seperti pasangan suami isteri (pasturi) yang eksistensi nya saling melengkapi.

 

Penting diingat, google selaku mesin pencari terbesar sejagat raya, terbersit masih memberlakukan adanya backlink sebagai satu faktor yang turut serta mempengaruhi ranking atau posisi di SERP (Search Engine Result Page) untuk semua jenis konten traveling web blog. Sehingga tujuan utama seorang digital marketer men-SEO-kan web blog travel medan miliknya adalah agar mampu bersaing dan mendominasi top ranking di halaman 1 (satu) google dan salah satu hasil akhirnya adalah untuk mendatangkan traffic atau kunjung visitor ke blogs atau pun website tersebut secara terus menerus setiap harinya.

 

Sehubungan membicarakan bagaimana cara memaksimalkan kinerja SEO travel Kota Medan dapat mudah ditemukan dan bekerja dengan baik, maka dalam artikel ini pembahasannya hanya bersifat umum dan masih memerlukan ‘action’ dan riset lanjutan agar nantinya ‘goal’ mendapatkan traffic melimpah secara organik dari google dan terwujud.

 

Cara Meningkatkan On Page SEO maupun Off Page SEO

*) On Page SEO

Sebagaimana diketahui, bahwa SEO On Page secara singkat berisi beberapa elemen penting yang sangat berpengaruh memaksimalkan kinerja web/blogs niche apa saja di search engine. Biasanya teknik optimasi yang dilakukan oleh para praktisi SEO travel maupun konsultan internet marketing pariwisata adalah untuk mengoptimalkan skor daya gempur SEO dengan cara melakukan perbaikan-perbaikan khusus dan komprehensif dari dalam website blog niche tour & travel, meliputi: 1) Title Tags; 2) Heading Tags; 3) Alt Image Tags; 4) Meta Tags; 5) Keywords; dan 6) Urls.

 

Baca juga: Menelisik SEO Spesialis Travel Blog

 

Memang masih banyak item-item lain yang terdapat di dalam mesin webs, tapi yang dominan menurut pandangan saya selaku seorang blogger adalah keenam item tersebut diatas.

 

#Title Tags

Bicara tentang title tags yang baik untuk meningkatkan kekuatan daya gempur di search engine, tips terampuh adalah berada di kisaran 10-70 karakter. Menurut pandangan saya dari silaenseo.com, bila lebih atau kurang dari jumlah itu maka tidak baik untuk meningkatkan skor SEO. Mengapa? Karena terlalu panjang (very long tail keyword) yang akan dianggap sebagai satu perbuatan ‘stuffing keyword’ atau sederhananya search engine akan menilai web blog anda sangat ‘rakus’ dalam menembak kata kunci. Jadi usahakan menulis title tag yang sewajarnya saja.

 

#Heading Tags

Heading tags yang terdapat dalam template atau theme, biasanya terdiri dari: H1, H2, H3, H4, H5 dan H6. Nah, setiap heading (H1 – H6) mempunyai fungsi yang berbeda-beda untuk meningkatkan kinerja SEO, sebagai contoh H1 digunakan untuk menuliskan ‘judul’, dimana hal ini untuk menekankan atau memberitahukan kepada search engine, bahwa anda membahas ‘dunia jalan-jalan atau travelling, dan itulah target kata kunci incaran’ hari ini dan esok.

 

#Alt Image Tags

Perihal mengisi alt pada gambar yang dimuat dalam konten hukumnya adalah wajib. Mengapa? Agar kinerja SEO yang mengincar kata kunci travel di dalam artikel dapat lebih maksimal. Artinya, alt tags yang ada di dalam gambar inilah yang akan bertugas membantu search engine agar lebih sempurna mengindex gambar tersebut bila terdeteksi memiliki alt.

 

Ingat, bahwa keberadaan alt image tags ini juga dipercaya sebagai syarat utama agar gambar tersebut mudah terindex, terbaca dan dapat ditemukan secara cepat oleh google pada incaran di tips kata kunci blog traveling. Gambar yang di upload haruslah bersesuaian dengan artikel/konten yang ditulis. Misalnya bila kamu menceritakan tentang keindahan danau toba, maka gambar yang diupload haruslah gambar danau toba jangan gambar monas di Jakarta. Istilahnya gambar kagak nyambung. Jadi, kami selaku seorang blogger Medan harus jeli melihat persoalan ini.

 

Baca juga: Ahli Digital Marketing Dengan SEO Lokal Medan

 

#Meta Tags

Keberadaan meta tags secara umum memuat deskripsi yang bertugas untuk memberikan penjelasan awal kepada pengguna internet tentang gambaran umum topik web blog anda yang berbasis bisnis travel. Nah, deskripsi ini memungkinkan untuk secara maksimal menarik pengunjung agar dengan senang hati mengklik backpacker blog bila memang apa yang dicarinya dari halaman giogle terdapat dalam deskripsi tersebut.

 

#Keywords

Keywords atau kata kunci ini merupakan elemen on page yang harus ada. Artinya keberadaannya sangat penting dan mutlak harus ada dalam setiap artikel/konten yang di posting. Dalam perkembangan kata kunci yang baik di ilmu SEO yang dijalankan oleh praktisi internet marketing adalah ‘Keyword Density‘ (kepadatan kata kunci) yang terdapat dalam sebuah konten/artikel yang di tulis. Ilustrasi sederhananya, kata kunci yang diincar adalah ‘travel medan’ atau ‘pariwisata sumut’, maka sesungguhnya kata kunci tersebut tidak perlu diulang ulang, cukup katakan secara terbatas lalu jelaskan intinya secara detail di dalam artikel.

 

#Urls

URL yang dimaksudkan adalah adalah URLs postingan atau URL utama web blog. Intinya ketika ingin menentukan nama web/blog niche wisata/travel, maka upayakan untuk menyertakan kata kunci yang sedang di bidik. Contoh sederhananya, misalkan web blog kamu ‘traveling medan’, maka kamu harus menyisipkan kata kunci: 1) travel; 2) medan; dan 3) atau menggabungkan kedua kata tersebut ke dalam nama utama web blog yaitu travelblogger[.]com atau bisa travelmedan[.]com atau travel[.]com atau pun wisatamedan[.]com.

 

Mengapa harus menyisipkan kata kunci tersebut di dalam url web/blog? Tujuannya agar ketika google bekerja merayapi situs, maka google bot akan menempatkan atau mengklasifikasikan web blog tersebut dengan blog medan atau web travel lainnya. Jadi, ketika ada menggunakan aplikasi browser menulis tentang travel atau medan, maka google akan memberi nilai tambah pada web blog milik kamu. Alasan lainnya, karena web/blog anda mengandung kata kunci travel/medan dan karena google telah mencap-nya sebagai web blog yang membahas tentang destinasi wisata atau travel business hingga content dinilai paling relevan dan ditempat pada posisi di halaman satu google.

 

Baca juga: Cara Menjadi Ahli SEO Sekaligus Pakar Internet Marketing

 

*) Off Page SEO

Pemahaman SEO Off Page, secara singkat berisi beberapa elemen penting yang sangat berpengaruh memaksimalkan kinerja web/blogs medan travel di search engine. Biasanya teknik optimasi yang dilakukan oleh para ahli SEO dan pakar online marketing untuk mengoptimalkan skor daya gempur SEO adalah dengan cara melakukan perbaikan-perbaikan khusus dari luar website blog niche travel di medan, meliputi: 1) Link Building; 2) Social Media (Medsos); 3) Social Bookmarking; 4) Directory Submission; dan 5) Pasang Iklan Online dan/atau Google AdWords (GA).

 

Memang masih banyak item-item lain yang terdapat di luar web/bloss, tapi yang dominan akan signifikan melesatkan kinerja off page SEO menurut pandangan saya adalah kelima item tersebut.

 

#Link Building

Link building juga trend disebut dengan backlink, namun dalam konteks yang lebih luas, dimana backlink yang dimaksudkan hanya fokus pada mencari link yang mengarah ke web blog medan travel atau backpacker sumut. Namun link building yang masuk tersebut sebaiknya lebih dipentingkan yang memiliki kualitas daripada kuantitas untuk meningkatkan kinerja SEO melesat ke top ranking di halaman satu google.

 

#Social Media

Social media atau jejaring sosial, populer juga disebut dengan social signal (misalnya facebook, instagram, twitter dan youtube). Nah, share di berbagai medsos ini dapat membuat web blog travel medan semakin populer dan terkenal, serta akan efektif mendapatkan backlink dengan otoritas tinggi dan terpercaya di hadapan google. Sedangkan social signal sendiri tidak serta merta berpatokan dari ketiga jejaring sosial yang disebutkan diatas, melainkan bisa juga berasal dari path, pinterest, linkedin, reddit, tumblr dan sebagainya.

 

#Social Bookmarking

Sebenarnya social bookmarking ini merupakan ‘kembaran’ dari media sosial. Contoh social bookmarking ini adalah: delicious, slashdot dan scoop-it. Jadi, untuk meningkatkan kinerja SEO wisata dan branding web atau blog, maka silahkan ‘parkir’ di social bookmarking ini.

 

#Directory Submission

Bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia memberikan pengertian ‘penaklukan direktori’. Inti dari keberadaan directory submission dalam SEO dilakukan dengan langkah mensubmit situs travel blogger medan ke directory terkenal, seperti: dmoz[.]org dan situs technorati[.]com. Cara mudah yang dilakukan dengan mengunjungi kedua situs tersebut, lalu tinggal submit dan isi data yang diperlukan, seperti alamat web blog, judul web blog, RSS feed blog web, dan lain-lain.

 

#Iklan Online/Google Adwords

Konsep mengumpulkan backlink di era berkembangnya digital marketing adalah dengan memasang iklan online ataupun menggunakan jasa periklanan dari google adwords. Tentu untuk mensukseskan hal ini, dibutuhkan uang untuk membayar tarif iklan yang ditetapkan.

 

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan pencerahan bagi pemilik web travel sumut atau pun blog medan travel, maupun bagi perusahaan tour & travel untuk mengembangkan internet marketing agar maksimal mendatangkan pengunjung dari google dengan menggunakan SEO dan SEM yang maksimal dalam kata kunci ‘keyword’ travel, pariwisata maupun wisata.

 

Bila masih ada pendapat lain, silahkan berkomentar dengan bijak dan cerdas, tanpa perbuatan spam. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *